Pengertian Kewajiban Asasi Manusia, Contoh-Contohnya

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia, Contoh-Contohnya
photo by pexels/minan1398

Selain HAM atau hak asasi manusia, ada juga istilah KAM yaitu kewajiban kewajiban asasi manusia. Kedua hal tersebut saling melengkapi. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan kewajiban asasi manusia? Apa saja jenis-jenis kewajiban asasi manusia (KAM)? Dan, apa saja contoh-contohnya? Mari kita bahas satu persatu.

Secara harfiah, kewajiban asasi manusia adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia sebagai makhluk hidup. Kewajiban tersebut telah ada sejak manusia dilahirkan. Selain mendapatkan hak-haknya, manusia juga memiliki kewajiban yang harus mereka penuhi.

Kewajiban asasi manusia merupakan bentuk dari pembatasan Hak Asasi Manusia (HAM). Acap kali manusia hanya menuntut hak-haknya saja, namun mereka lupa bahwa manusia juga memiliki kewajiban yang bertujuan untuk menghormati hak asasi orang lain. Hak dan kewajiban adalah dua hal yang ada pada manusia dan kita harus memahami dan menjalankannya secara seimbang.

Baca Juga: Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli telah melakukan riset guna mendapatkan inti dari kewajiban asasi manusia.

1. Curzon

Pengertian kewajiban asasi manusia adalah keharusan yang terdiri dari kewajiban mutlak, universal, publik, primer, dan positif.

  • Kewajiban mutlak, yaitu kewajiban yang hanya tertuju pada dirinya sendiri, tidak ada keterlibatan orang lain didalamnya.
  • Kewajiban universal (umum), yaitu sebuah bentuk kewajiban untuk setiap orang tanpa terkecuali.
  • Kewajiban publik, yaitu kewajiban yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak.
  • Kewajiban primer, yaitu sebuah bentuk kewajiban yang muncul untuk tidak melawan hukum.
  • Kewajiban positif, yaitu suatu bentuk kewajiban yang menghendaki untuk melakukan sesuatu, sedangkan kewajiban negatif adalah kebalikannya.

2. Prof Dr. Notonegoro

Definisikan kewajiban asasi manusia (KAM) yaitu beban yang diberikan kepada seseorang dan bersifat mengikat sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan, tanpa adanya pengecualian.

Baca Juga: Pengertian Kreatif, Ciri-Ciri Orang Kreatif, dan Bentuk-Bentuk Kreativitas

Contoh Kewajiban Asasi Manusia

Berikut ini ini merupakan bentuk-bentuk kewajiban asasi manusia yang harus dipenuhi oleh seorang manusia, diantaranya yaitu:

  • Kewajiban untuk beribadah kepada Tuhan.
  • Kewajiban moral atas dasar norma benar dan salah yang berlaku didalam kehidupan bermasyarakat.
  • Kewajiban sosial atas norma tingkah laku lingkungan sosial.
  • Kewajiban dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.
  • Kewajiban atas pekerjaan dan tanggung jawab.
  • Kewajiban dalam keluarga.

Kesimpulan

Hak dan kewajiban adalah sesuatu yang ada dalam diri setiap manusia. Pengertian kewajiban asasi manusia (KAM) merupakan bentuk dari pemaparan yang rinci mengenai apa saja kewajiban yang manusia harus lakukan, serta konsekuensi apa yang akan didapatkan ketika tidak melaksanakan kewajibannya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *