fbpx
Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Definisi Kewirausahaan

Definisi kewirausahaan secara umum adalah suatu proses menciptakan suatu produk atau jasa baru secara kreatif dan inovatif yang memberikan manfaat dan bernilai tambah lebih bagi orang lain. Penjelasan lain dari definisi kewirausahaan adalah sikap dan mental seseorang yang memiliki daya cipta, kreativitas, inovatif, dan aktif untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan unik serta bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi orang banyak.

Dikutip dari wikipedia, kewirausahaan suatu proses mengidentifikasi, menciptakan, dan mengembangkan visi dan misi. Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Menurut KBBI wira berarti berani, pejuang, berbudi luhur, dan berwatak agung. Kata usaha berarti, bekerja, berbuat sesuatu dan berbuat amal.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Yang Berjiwa Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian kewirausahaan secara umum, untuk memahaminya lebih dalam sebaiknya kita merujuk pada pendapat para ahli.

Zimmerer

Definisi kewirausahaan menurut Zimmerer adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan permasalahan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

Peter Drucker

Kewirausahaan menurut Peter Drucker adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Terbaru

Siswanto Sudomo

Siswanto Sudomo berpendapat bahwa kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yaitu orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil resiko untuk mewujudkan gagasannya.

Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan menurut Drs. Joko Untoro adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan dirinya.

Baca Juga: Peluang Bisnis Konsinyasi Terbaru

Eddy Soeryanto Soegoto

Eddy Soeryanto Soegoto menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, bernilai tambah, bermanfaat, menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Baca Juga: Pengertian Segmentasi Pasar

Ahmad Sanusi

Ahmad Sanusi mendefinisikan kewirausahaan sebagai suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, siasat, proses, kiat, tujuan dan hasil bisnis.

Demikian penjelasan pengertian kewirausahaan menurut para ahli, dengan memahami definisinya secara mendalam akan memudahkan kamu dalam menentukan apa yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *