Apa Pengertian Kognitif, Tujuannya, dan Faktor Yang Mempengaruhi?

Apa Pengertian Kognitif, Tujuannya, dan Faktor Yang Mempengaruhi?
Photo by Artem Podrez from Pexels

Beberapa ahli menjelaskan bahwa, pengertian kognitif adalah kemampuan intelektual seseorang untuk berpikir, mengetahui, dan memecahkan suatu permasalahan. Peneliti bernama Bloom berpendapat bahwa ranah kognitif mencakup semua upaya yang berkaitan dengan aktivitas otak.

Menurut Bloom (1956), ada 6 tujuan aspek kognitif, diantaranya meliputi:

  • Knowledge (pengetahuan)

Pengetahuan mengacu pada kemampuan mengenali materi yang dipelajari dari teori sederhana sampai teori tersulit. Dalam ilmu pengetahuan, yang terpenting adalah kemampuan mengingat informasi dengan benar.

  • Comprehension (pemahaman)

Pemahaman mengacu pada kemampuan seseorang memahami makna atau isi suatu materi. Dalam suatu pemahaman, seseorang menemukan tingkat di atas pengetahuan dan itu adalah tingkat pemikiran yang rendah.

  • Application (penerapan)

Penerapan mengacu pada kemampuan individu untuk menggunakan atau menerapkan materi yang telah dipelajari dalam situasi baru dan yang melibatkan penggunaan aturan dan prinsip. Tingkat penerapan atau application merupakan tingkat kemampuan berpikir yang lebih tinggi daripada pemahaman.

  • Analysis (analisis)

Analisis mengacu pada kemampuan individu untuk memecah bahan menjadi komponen atau faktor penyebab dan untuk memahami hubungan antara satu pihak dengan pihak lain untuk lebih memahami struktur dan aturan. Tingkat analisis merupakan tingkat kemampuan berpikir yang lebih tinggi daripada aspek pemahaman dan penerapan.

  • Sintesis

Sintesis adalah aspek yang mengacu pada kemampuan menghubungkan suatu konsep atau komponen untuk membentuk pola baru atau bentuk struktural. Dalam aspek sintesis ini, diperlukan perilaku kreatif. Tingkat sintesis merupakan kemampuan berpikir yang lebih unggul dari kemampuan-kemampuan sebelumnya.

  • Evaluation (evaluasi)

Evaluasi mengacu pada kemampuan untuk mempertimbangkan nilai-nilai materi untuk tujuan tertentu. Penilaian adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Aspek Kognitif Dalam Otak

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi aspek kognitif, diantaranya:

Fisik

Interaksi atau kontak fisik antara individu ataupun kelompok dengan dunia luar yang menjadi sumber pengetahuan baru. Dengan interaksi ini, maka seseorang, terutama anak akan mendapatkan pengalaman dan akan mengembangkannya.

Kedewasaan

Faktor kematangan sistem saraf penting karena memungkinkan anak mendapatkan manfaat maksimal dari pengalaman fisiknya. Faktor ini membuka kemungkinan perkembangan, sementara kekurangannya umumnya akan membatasi pencapaian kognitif. Perkembangan berlangsung pada tingkat yang berbeda tergantung pada sifat kontak dengan lingkungan dan kegiatan belajar itu sendiri.

Lingkungan sosial

Salah satu faktor yang paling mempengaruhi kemampuan kognitif yaitu lingkungan sosial. Lingkungan sosial meliputi peran bahasa dan pendidikan, pengalaman fisik juga dapat merangsang atau menghambat perkembangan kognitif seseorang.

5 Cara Sederhana Untuk Mengasah Kecerdasan kognitif Anak

Dilansir dari situs nakita.grid.id, ada 5 cara untuk mengasah kemampuan kognitif anak, yaitu:

  • Mengajak anak bernyanyi

Banyak studi ilmiah yang telah memaparkan bahwa aktivitas bernyanyi mampu menstimulasi kecerdasan otak anak. Kecerdasan kognitif dapat diasah dengan merangsang memori dan identifikasi data.

  • Stimulasi dengan warna dan bentuk

Ternyata mengidentifikasi warna dan bentuk dapat membantu perkembangan kemampuan kognitif anak. Kamu bisa menggunakan benda-benda disekitar untuk memperkaya pengetahuan anak dengan mengenali bentuk dan warnanya.

  • Tawarkan pilihan

ternyata menawarkan suatu pilihan ke anak mampu merangsang kecerdasannya. Misalnya seperti, kamu memberikan pilihan untuk memakai baju berwarna biru atau yang berwarna putih. cara ini dapat membantunya untuk merasa lebih mandiri dan belajar membuat keputusan dengan percaya diri.

  • Ajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana

Mengajukan sebuah pertanyaan sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Contohnya, kenapa ketika hujan kita harus menggunakan payung ketika hendak keluar? Selain dapat mengetahui cara memecahkan masalah, cara ini mampu membantunya untuk memahami bagaimana lingkungan sekitarnya bekerja.

  • Berhitung sederhana

Manfaatkan benda-benda disekitar untuk mengajari anak berhitung. Kamu bisa menggunakan peralatan rumah atau bunga ditaman untuk dihitung Dengan metode ini anak tidak merasa bosan atau tertekan.

Kesimpulan

Kemampuan kognitif mampu membantu seseorang dalam memecahkan masalah dan dapat membangun karirnya. Dengan memahaminya proses self improvement bisa dilakukan secara optimal.

Sumber:
sumberpengertian.id
nakita.grid.id

1 Shares:
Leave a Reply