Komponen Komputer dan Pengertian Komputer

Komponen Komputer dan Pengertian Komputer
photo by pexels.com

Pada era digital saat ini kebutuhan komputer dan perangkat pintar lainnya sudah termasuk kedalam kebutuhan primer manusia. Setiap kegiatan manusia mulai dari kegiatan pendidikan, kegiatan ekonomi, kegiatan sosial sudah menggunakan perangkat komputer untuk mempermudahnya. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan komputer? Apa pengertian komputer? Apa fungsi perangkat komputer bagi kita? Dan, apa saja jenis perangkat komputer yang ada saat ini? Nahh, mari kita bahas satu persatu.

Secara etimologis, istilah kata “komputer” berasal dari bahasa Latin, yaitu “computare” yang artinya adalah menghitung. Sehingga arti umum komputer adalah alat untuk menghitung aritmatika.

Pengertian Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan prosedur-prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

Ada juga yang berpendapat bahwa definisi komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari serangkaian komponen yang saling terhubung, sehingga membentuk suatu sistem komputerisasi. Sistem komputer tersebut dapat melakukan bekerja secara otomatis sesuai dengan program yang diperintahkan, sehingga dapat mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan.

Adapun komputer terdiri dari 3 elemen utama, yaitu:

  • Hardware (Perangkat Keras), yaitu terdiri dari motherboard/mainboard, processor, RAM, harddisk, dan lainnya.
  • Software (Perangkat Lunak), yaitu dapat berupa sistem operasi dan juga aplikasi yang berjalan di atasnya, contohnya sistem operasi windows, sistem operasi linux, aplikasi photoshop, aplikasi microsoft office, dan lain sebagainya.
  • Brainware (Pengguna Komputer), yaitu pengguna atau operator komputer.

Baca Juga: Pengertian Data Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Data, & Fungsi Data

Pengertian Komputer Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli telah berpendapat mengenai pengertian komputer, diantaranya adalah:

1. Williams dan Sawyer

Pengertian komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data dan memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi informasi yang dapat digunakan.

2. Robert H. Blissmer

Pengertian komputer adalah alat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa tugas (task), yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan perintah yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, dan menyediakan hasil output dalam bentuk informasi.

3. William M. Fuori

Pengertian komputer adalah alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk operasi logika dan perhitungan aritmatika, serta tidak ada campur tangan manusia.

4. Robert H. Blissmer

Pengertian komputer adalah alat elektronik yang dapat menjalankan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output dalam bentuk informasi.

5. Donald H. Sanders

Definisi komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk mengolah dan memanipulasi data dengan cepat dan tepat, dirancang dan diorganisasikan agar bisa secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data, sehingga dapat menghasilkan output berdasarkan instruksi yang sudah tersimpan di dalam memori.

6. V. C. Hamacher

Pengertian komputer adalah alat mesin penghitung elektronik yang sangat cepat dan mampu menerima informasi input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan perintah program yang tersimpan di dalam memorinya, untuk menghasilkan output berupa informasi.

Komponen-Komponen Komputer

Komponen dapat dikategorikan kedalam 3 (tiga) kelompok, yaitu input, process, dan output.

1. Komponen Input

Yang pertama adalah komponen input yang merupakan komponen hardware (perangkat keras) yang berfungsi untuk pemberi perintah pada komputer. Adapun komponen input yaitu diantaranya:

  • Keyboard, yaitu alat yang memberikan input berupa alphanumerik dan interpretasi ASCII
  • Mouse & Trackpad, yaitu alat yang menghubungkan brainware (pengguna) dengan layar monitor
  • Pen, yaitu alat yang fungsinya mirip seperti mouse namun berbentuk seperti pena
  • Scanner, yaitu alat pemindai gambar yang akan diinput ke dalam sistem komputer
  • Microphone, yaitu alat untuk menginput data dalam bentuk audio atau suara

2. Komponen Proses

Selanjutnya adalah komponen proses yang berfungsi untuk mengolah dan memproses data sesuai dengan perintah yang diinstruksikan oleh brainware (pengguna) yang kemudian akan ditampilkan pada komponen output.Adapun komponen proses diantaranya yaitu:

  • Motherboard, yaitu komponen utama yang menghubung berbagai komponen lainnya di dalam komputer
  • Processor, yaitu komponen untuk memproses mengolah data
  • RAM, yaitu alat yang disebut sebagai memori yang berfungsi untuk menyimpan berbagai perintah dan aktivitas komputer untuk sementara (temporary)
  • HardDisk Drive, yaitu komponen yang bertugas untuk menyimpan data yang sifatnya lebih permanen di dalam komputer, misalnya penyimpanan sistem operasi komputer

3. Komponen Output

Yang terakhir adalah komponen output yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari perintah dan instruksi yang telah diproses oleh komputer. Adapun komponen output yaitu:

  • Monitor, yaitu komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan proses yang sedang berjalan pada sebuah komputer
  • Printer, yaitu komponen yang dapat mencetak informasi ke atas kertas atau dikenal dengan bentuk hard copy
  • Speaker, yaitu komponen yang menghasilkan output berupa audio (suara)

Baca Juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Fungsi Komputer

Komputer memiliki banyak memiliki fungsi dan manfaat, tergantung pada kebutuhan penggunanya. Berikut ini adalah fungsi-fungsi utama komputer:

1. Data Input

Fungsi komputer dapat menerima data dari sumber lain, seperti data yang diterima dari aktivitas di keyboard, mouse, atau dari komputer lainnya

2. Data Processing

Fungsi komputer dalam melakukan pengolahan data (processing), untuk menghasilkan output berupa informasi. Informasi tersebut dapat berbentuk teks, video, audio, gambar, grafik, dan lain sebagainya.

3. Data Output

Fungsi komputer dalam menghasilkan output berupa informasi yang telah melalui proses pengolahan data. Informasi-informasi tersebut umumnya disajikan melalui monitor, printer, alat speaker atau lainnya.

4. Data Storage

Fungsi komputer sebagai media untuk menyimpan data dan informasi. Data-data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal atau memori eksternal.

5. Data Movement

Fungsi komputer lainnya adalah untuk memindahkan atau mendistribusikan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Jenis – Jenis Komputer

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, berikut ini jenis-jenis komputer:

1. Komputer Desktop

Komputer desktop merupakan jenis komputer yang diletakan di atas meja. Umumnya, Komputer ini memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.

2. Komputer Laptop

Komputer laptop adalah jenis komputer yang dapat dibawa-bawa penggunanya. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu menjadi satu perangkat alat elektronik.

3. Komputer Notebook

Komputer notebook adalah jenis laptop dengan ukuran yang lebih tipis. Umumnya digunakan oleh pelajar, pengajar, serta peneliti.

4. Komputer Palmtop

Komputer palmtop adalah komputer yang berukuran kecil dan bisa digenggam. Komputer ini sudah sangat jarang digunakan sejak banyaknya pengguna smartphone.

5. Handbook (Subnotebook)

Handbook adalah jenis notebook yang berukuran lebih kecil dari notebook. Umumnya handbook memiliki spesifikasi yang rendah.

6. Komputer Tower

Komputer tower adalah komputer yang berukuran lebih besar dari komputer desktop. Komputer ini dilengkapi dengan perangkat pendukung karena memiliki banyak expansion slot.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Berdasarkan sejarah perkembangan komputer yang mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam pengembangan fungsi dan tujuan komputer. Saat ini para ahli sedang mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelegent) yang memiliki kemampuan luar biasa dan dapat menyelesaikan permasalahan (problem solver) dengan waktu yang sangat cepat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *