Pengertian Kreatif, Ciri-Ciri Orang Kreatif, dan Bentuk-Bentuk Kreativitas

Pengertian Kreatif, Ciri-Ciri Orang Kreatif, dan Bentuk-Bentuk Kreativitas
photo by pexels/kaboompics

Apakah kamu termasuk orang kreatif atau kamu termasuk dalam golongan orang-orang jenius? Ops setiap orang terlahir unik, namun tinggal bagaimana kamu memanage kemampuan-kemampuan kamu. Kembali ke topik kreativitas, apa sih yang dimaksud dengan kreatif itu?

Secara etimologis kata “kreatif” berasal dari bahasa Inggris yaitu “to create” yang berarti menciptakan atau membuat sesuatu. Sehingga kreatif dapat diartikan sebagai kemampuan dalam membuat atau menciptakan sesuatu konsep, gagasan, atau ide dalam memecahkan suatu permasalahan.

Definisi lain kata kreatif adalah suatu kemampuan seseorang dalam menciptakan hal-hal baru dengan cara-cara baru yang tidak biasa atau berbeda dari yang telah dilakukan orang lain sebelum nya. Di dalam kreativitas dibutuhkan pendekatan-pendekatan atau terobosan tertentu dalam memecahkan masalah.

Pengertian Kreatif Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan secara lengkap mengenai arti kata kreatif, diantaranya yaitu:

Supriadi

Pengertian kreatif adalah “kemampuan seseorang untuk menciptakan atau membuat sesuatu yang baru, baik itu gagasan atau karya nyata yang berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Sedangkan kreativitas adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berimplikasi pada terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir seseorang, ditandai dengan adanya suksesi, diferensiasi, integrasi, dan diskontinuitas antara tahap-tahap perkembangan.”

Shadiq

Definisi kreatif adalah “gagasan atau ide atas konsep dan rencana untuk suatu kemajuan, gagasan tersebut dibutuhkan dalam pemikiran dan juga hasil buah karya seseorang dalam pemecahan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.”

Baca Juga: Pengertian Toleransi, Ciri, Manfaat, Fungsi, dan Sikap Bertoleransi

Conny R. Semiawan

Pengertian kreatif yaitu “kemampuan dalam merancang suatu gagasan atau ide baru dalam upaya memecahkan masalah.”

Widyatun

Arti kreatif adalah “kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah yang memberi peluang kepada setiap seseorang untuk berkreasi untuk memunculkan gagasan atau ide-ide baru dan adaptif yang berfungsi dan berguna secara menyeluruh untuk berkembang.”

Havvel

Makna kreatif adalah “sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu sistem dan komposisi yang baru.”

James R. Evans

Definisi kreatif adalah “kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang yang berbeda, serta mengkombinasikannya kedalam beberapa konsep yang biasa di masyarakat diubah menjadi suatu konsep yang baru dan berbeda.”

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian kata kreatif adalah “kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta, sedangkan kreativitas adalah kreasi terbaru dan orisinil yang tercipta.”

Baca Juga: Pengertian Norma, Macam-Macam, Fungsi, Karakteristik, dan Contohnya

Ciri-Ciri atau Karakteristik Orang Yang Kreatif

Berikut ini beberapa ciri dan karakteristik orang kreatif, yaitu:

Sering Berimajinasi

Apakah kamu sering berimajinasi, mungkin kamu termasuk kedalam kategori orang-orang kreatif. Pada umumnya orang-orang yang suka berimajinasi adalah orang yang otak kanannya lebih dominan dari otak kirinya. Selain disebut imajiner, mereka juga sering disebut pemimpi yang realistis, karena mereka mampu mewujudkan apa yang mereka imajinasikan menjadi kenyataan.

Sangat Mudah Beradaptasi

Bagi orang-orang kreatif berada di lingkungan yang banyak memiliki masalah adalah tempat idealnya mereka. Jadi, mereka bisa dengan sangat cepat beradaptasi pada lingkungan tersebut karena mereka sangat suka untuk menyelesaikan masalah secara berkelompok.

Menyukai Tantangan

Bagi orang-orang kreatif tantangan dan risiko adalah menu paling lezat siang ini. Jadi, mereka akan sangat bersemangat menghadapi tantangan dan risiko tersebut. Ketika mereka menghadapi kegagalan, maka hal tersebut dijadikan sebagai pelajaran bermakna bagi orang-orang kreatif. Serta akan ada kepuasan tersendiri ketika berhasil melaluinya.

Sangat Mudah Merasa Bosan

Orang-orang yang memiliki kreativitas yang tinggi sangat suka dengan hal-hal baru. Hal inilah yang sering membuat mereka cepat merasa bosan terhadap sesuatu hal dan mereka selalu ingin mencoba sesuatu yang baru.

Memiliki Kepribadian Yang Misterius Dan Aneh

Selain moodyan, orang-orang kreatif sulit ditebak arah dan langkahnya. Sensitivitas dan rasa empati yang mereka miliki sangat tinggi, namun sikap mereka seringkali membuat bingung orang lain.

Baca Juga: Pengertian Bahasa, Sejarah Terbentuknya Bahasa, Teori, Fungsi, dan Manfaatnya

Bentuk-Bentuk Kreativitas

Hal-hal kreatif dapat disalurkan ke dalam berbagai bentuk, diantaranya seperti:

Idea-Idea

Cara berpikir kreatif akan menghasilkan ide-ide yang unik dan orisinil. Ide-ide tersebut merupakan suatu pemikiran untuk memecahkan permasalah dan memberikan solusi kepada masyarakat.

Gagasan

Selain ide, kreativitas juga dapat berbentuk gagasan-gagasan dalam pemecahan masalah. Gagasan tersebut bisa dalam bentuk lisan atau tulisan.

Produk Barang atau Jasa

Produk adalah bentuk yang paling nyata dari suatu kreativitas. Tanpa melalui proses kreatif maka produk yang tercipta tidak akan dapat memenuhi harapan pelanggan.

Contoh Tindakan-Tindakan Kreatif

Ada banyak sekali contoh yang sering kita lihat di media tentang tindakan kreativitas seseorang. Berikut contoh-contohnya:

  • Mengubah sampah plastik menjadi barang yang berguna. Contohnya, membuat tas dari sampah plastik.
  • Mengubah sampah organik menjadi pakaian. Contohnya, membuat sampah daun pisang menjadi kain dan kemudian dijadikan pakaian.
  • Dan banyak lainnya.

Kesimpulan

Semua orang memiliki kemampuan dan keahliannya tersendiri, tidak ada yang sama, yang ada kita harus saling melengkapi. Dengan meningkatkan cara berpikir dan bertindak kreatif kita akan dapat memecahkan banyak permasalah yang kita hadapi, mulai dari masalah sosial ekonomi, bidang seni, teknologi, sosial budaya, dan lainnya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *