Pengertian Limbah, Jenisnya, Faktor Penyebab, dan Dampaknya Bagi Lingkungan

Pengertian Limbah, Jenisnya, Faktor Penyebab, dan Dampaknya Bagi Lingkungan
Photo by Stas Knop from Pexels

Sama seperti halnya polusi, limbah juga masalah yang menjadi momok utama dalam merusak lingkungan hidup kita. Ada banyak jenis limbah yang mencemari lingkungan kita, salah satunya limbah industri dan limbah rumah tangga. Diperlukan upaya khusus untuk mengelola limbah ini agar tidak memperburuk keadaan lingkungan

Nah, seperti apa sih yang dimaksud dengan limbah ini? Apa pengertian limbah menurut para ahli? Apa saja jenis dan macam limbah? Apa saja ciri dan karakteristiknya? Serta, apa saja dampak yang diakibatkan dari limbah? Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan Limbah?

Secara umum, yang dimaksud dengan limbah adalah sampah, buangan atau bahan sisa yang dianggap tidak mempunyai nilai yang berasal dari suatu proses produksi, baik industri maupun rumah tangga (domestik). Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa pengertian limbah adalah segala sampah atau bahan buangan yang berasal dari proses teknologi atau proses alam yang keberadaannya tidak bermanfaat bagi lingkungan dan tidak memiliki nilai ekonomis.

Pada dasarnya berbagai jenis limbah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia, baik industri maupun rumah tangga (domestik) berdampak negatif terhadap lingkungan dan juga kesehatan manusia. Maka diperlukan tindakan agar segala bentuk limbah dapat dikelola dengan baik, agar tidak mencemari lingkungan hidup.

Baca Juga: Apa itu Sampah? Pengertian, Dampak, Jenis, dan Cara Penanganan Sampah

Pengertian Limbah Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian limbah dapat kita simak pendapat beberapa ahli sebagai berikut:

1. Daniel A. Okun & George Ponghis (1875)

Pengertian limbah adalah semua limbah cair domestik, termasuk air baku dan semua limbah industri yang dibuang ke sistem saluran pembuangan, kecuali ‘air hujan atau drainase. permukaan.

2. Cahyono Budi Utomo

Definisi limbah adalah zat atau benda yang muncul sebagai akibat dari aktivitas manusia yang tidak lagi dimanfaatkan atau dibuang.

3. Hieronymus Budi Santoso

Arti limbah adalah bahan yang dibuang / disia-siakan dari hasil kegiatan manusia atau berbagai proses alam, dan tidak memiliki nilai ekonomis, bahkan dapat merugikan manusia.

4. Susilowarno (2007)

Pengertian limbah adalah sampah atau produk sampingan dari aktivitas manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

5. Karmana (2007)

Pengertian limbah adalah residu, residual, atau sisa dari suatu proses aktivitas manusia yang dapat menjadi bahan pencemar di suatu lingkungan.

6. Deden Abdurahman

Pengertian limbah adalah sampah yang dihasilkan dari suatu proses produksi, baik industri maupun rumah tangga (domestik), yang keberadaannya dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Ciri dan Karakteristik Sampah

Limbah memiliki ciri dan karakteristik tertentu yang membedakannya dengan benda lain. Adapun ciri-ciri limbah antara lain:

  • Berukuran kecil (mikro), limbah berukuran kecil atau memiliki partikel kecil yang masih dapat dilihat oleh mata manusia.
  • Sifatnya dinamis, limbah selalu berpindah-pindah sesuai dengan lingkungan sekitar. Misalnya sampah yang masuk ke sungai akan mengikuti arah aliran sungai.
  • Penyebarannya berdampak luas, dampak yang ditimbulkan oleh limbah terhadap lingkungan dan manusia memiliki beberapa pengaruh. Pencemaran limbah yang kuat menyebabkan kerusakan lingkungan dan manusia.
  • Dampak jangka panjang, limbah dapat berdampak lama pada area yang terkontaminasi. Sebab, butuh waktu lama untuk memulihkan keadaan kawasan tersebut.

Baca Juga: Apa itu Mitigasi? Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Jenis dan Macam Limbah

Jenis limbah dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, berdasarkan wujud, sumber, senyawa. Penjelasan jenis-jenis limbah adalah sebagai berikut:

1. Jenis limbah berdasarkan wujud

  • Limbah padat
    Yaitu sampah yang berbentuk padat, bersifat kering dan tidak dapat bergerak sendiri. Contoh seperti sampah sisa kayu, sisa makanan, logam dan plastik.
  • Limbah cair
    Yaitu limbah cair dapat larut dalam air dan berpindah dengan sendirinya. Contoh seperti, sisa air pencuci piring, air pencuci mobil dan lain-lain.
  • Limbah gas
    Yaitu limbah zat gas yang mengandung racun (CO2, HCL, SO2, dan lain-lain) dan dapat berpindah. Misalnya asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan lain-lain.

2. Jenis limbah berdasarkan sumber

  • Limbah industri
    Yaitu limbah dari pembuangan atau kegiatan industri lainnya.
  • Limbah pertanian
    Yaitu limbah yang dihasilkan sebagai hasil dari kegiatan pertanian.
  • Limbah penambangan
    Yaitu limbah yang berasal dari kegiatan penambangan.
  • Limbah rumah tangga
    Yaitu sampah yang disebabkan oleh kegiatan rumah tangga, restoran, pasar dan lain-lain.

3. Jenis sampah menurut senyawa

  • Sampah organik
    Yaitu jenis sampah yang dapat terurai (mudah membusuk) dan bercampur dengan alam. Misalnya seperti, kotoran hewan dan kotoran manusia.
  • Sampah anorganik
    Yaitu jenis sampah yang sangat sulit bahkan tidak mungkin terurai. Misalnya seperti, sampah plastik, besi tua dan lain-lain.

Dampak Negatif Limbah

Seperti yang telah dijelaskan pada definisi limbah sebelumnya, ada beberapa dampak limbah yang dapat terjadi pada lingkungan dan juga kesehatan manusia. Adapun dampak buruk limbah yaitu sebagai berikut:

1. Dampak negatif limbah terhadap lingkungan

Secara umum limbah berdampak negatif terhadap lingkungan sekitarnya. Selain merusak lingkungan dan menimbulkan nilai estetika yang buruk bagi lingkungan, limbah juga dapat menyebabkan matinya organisme lingkungan.

Misalnya saja seperti, limbah cair yang mencemari ekologi sungai. Racun yang terkandung dalam limbah tersebut akan menyebabkan banyak organisme di sungai mati karena keracunan, contohnya ikan.

Pencemaran sungai tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem kehidupan secara keseluruhan.

2. Dampak limbah terhadap manusia

Meskipun sebagian besar sampah dihasilkan oleh manusia, pada kenyataannya yang paling merasakan dampak negatif dari pencemaran sampah adalah manusia itu sendiri. Banyak masalah kesehatan yang muncul ketika limbah beracun mencemari lingkungan manusia. Beberapa contoh penyakit yang dapat timbul akibat limbah adalah:

  • Sesak nafas
  • Penyakit tifus
  • Diare
  • Keracunan
  • Gangguan kulit
  • Jamur
  • Gangguan Saraf
  • Dan lainnya.

Baca Juga: Apa itu Ekosistem? Pengertian, Jenis, Komponen, dan Manfaatnya

Kesimpulan

Pada prinsipnya, jika limbah dapat dikelola dengan baik maka hal tersebut dapat meminimalisir kerusakan lingkungan. Selain itu, masih ada nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan dari limbah tersebut.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *