Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian-Manajemen-Keuangan-Menurut-Para-Ahli

Definisi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai suatu aktivitas atau kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi (id.wikipedia).

Tujuannya untuk mengelola dana dan aset-aset yang dimiliki perusahaan untuk dimanfaatkan agar tujuan utama perusahaan tercapai.
Dalam suatu bisnis, ada 3 aktivitas utama yang dilakukan oleh manajemen keuangan yaitu:

  • Perolehan dana
  • Aktivitas penggunaan dana
  • Pengelolaan aktiva

Ketiga aktivitas tersebut berkaitan langusng dengan sumber dana internal dan eksternal perusahaan. Modal kerja dan kepemilikan saham juga termasuk tugas dalam manajemen keuangan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah mendefinisikan manajemen keuangan, diantaranya:

1. J. L. Massie

J. L. Massie mendefinisikan manajemen keuangan sebagai aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional yang efisien dan efektif.

2. Grestenberg

Grestenberg mendefinisikan manajemen keuangan adalah bagaimana suatu bisnis diselenggarakan untuk mendapatkan dana, cara memperoleh dana, penggunaan dana tersebut, dan bagaimana bisnis didistribusikan.

3. J. F. Bradley

J. F. Bradley mendefinisikan manajemen keuangan sebagai bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk mengelola penggunaan modal secara bijaksana, selektif, dan seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.

4. Agus Sartono

Agus Sartono mendefinisikan manajemen keuangan adalah semua yang berhubungan dengan pengalokasian dana dalam bermacam bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau untuk pembelanjaan secara efisien.

5. Bambang Riyanto

Bambang Riyanto mendefinisikan manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan, serta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

6. Sutrisno

Sutrisno mendefinisikan manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk memakai dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien.

Baca Juga: Prinsip, Konsep dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

7. Weston & Copeland

Weston & Copeland mendefinisikan manajemen keuangan sebagai suatu fungsi dan tanggung jawab para manajer financing. Fungsinya menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian dividen pada suatu perusahaan.

8. Sonny S.

Sonny S mendefinisikan manajemen keuangan adalah kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara mendapatkan dana, menggunakan dana, dan mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

9. James Van Horne

James Van Horne mendefinsikan manajemen keuangan adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan perolehan dana dan pengelolaan pendanaan, serta untuk pengelolaan aktiva dengan tujuan semua aktivitas perusahaan.

Dengan memahami pengertian manajemen keuangan menurut para ahli akan menambah wawasan kamu dibidang ilmu keuangan. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *