fbpx
Pengertian-Manajemen-Operasional-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Definisi Manajemen Operasional

Secara umum pengertian manajemen operasional (operasi) adalah sebuah usaha yang berfokus pada proses produksi (Baca: Manajemen Produksi) dan pengelolaan secara maksimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi, mulai dari bahan mentah (raw material), mesin, peralatan (tools), sumber daya manusia (SDM) dan faktor produksi lainnya dalam proses mengubahnya menjadi berbagai macam produk barang atau jasa (id.wikipedia).

Manajemen operasional merupakan hal terpenting dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dan perannya pun sangat tergantung pada ukuran perusahaan. Pengelolaan manajemen operasional dimulai dari bahan baku/mentah, peralatan, mesin, sumber daya manusia serta hal lainnya yang akan mempengaruhi pada kinerja perusahaan.

Secara umum peran dari manajemen operasional adalah merancang strategi rencana produksi (manufacturing) dan juga menentukan metode manajemen proyek serta implementasi struktur jaringan teknologi informasi. Tim operasional juga melakukan beberapa hal penting, seperti:

  • Menghandle material.
  • Mengorganize akuisisi bahan baku (raw material).
  • Mengontrol kualitas.
  • Mengatur level proses dan level pengerjaan.
  • Mengatur skala inventaris.
  • Menjaga dan merawat kebijakan.

Manajemen operasional juga mempelajari dan menganalisa jenis bahan baku yang digunakan untuk produksi dan memastikan tidak ada yang terbuang sia-sia. Mereka menentukan formula pemesanan jumlah bahan baku yang dibutuhkan sehingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca JugaTujuan dan Fungsi Manajemen Operasional

Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Para ahli di bidang ilmu manajemen telah memberikan penjelasan tentang definisi manajemen operasional, diantaranya sebagai berikut:

1. Pangestu Subagyo (2000: 1)

Pangestu Subagyo mendefinisikan manajemen operasional adalah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur seluruh kegiatan produksi atau operasional agar dapat dilakukan secara efisien.

2. Eddy Herjanto (2003: 2)

Eddy Herjanto mendefinisikan manajemen operasional adalah suatu proses yang berkesinambungan dan efektif dalam menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga: Tugas dan Ruang Lingkup Manajemen Operasional

3. Barry Render & Jay Heizer (2005: 4)

Barry Render & Jay Heizer, mendefinisikan manajemen operasional adalah serangkaian kegiatan atau proses yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.

4. Richard L. Daft (2006: 216)

Richard L. Daft mendefinisikan manajemen operasional adalah bidang manajemen yang fokus pada produksi barang, serta menggunakan alat dan teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi.

5. David Collier & James Evans (2007: 5)

David Collier & James Evans mendefinisikan manajemen operasional adalah ilmu dan seni untuk memastikan bahwa barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke pelanggan.

6. William J. Stevenson (2009: 4)

William J. Stevenson mendefinisikan manajemen operasional adalah suatu sistem manajemen atau serangkaian proses dalam pembuatan produk atau penyediaan jasa.

Setelah memahami pengertian manajemen operasional menurut para ahli akan menambah wawasan dan pengetahuan kamu dibidang manajemen operasional. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *