Menu

Pengertian Manajemen Persediaan

Pengertian-Manajemen-Persediaan

Pengertian Manajemen Persediaan

Sebelum jauh membahas pengertian manajemen persediaan, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah definisi persedian. Persediaan adalah sejumlah bahan atau barang yang disimpan dan akan dipergunakan untuk memenuhi tujuan tertentu, seperti akan digunakan untuk proses produksi atau perakitan, untuk dijual kembali, atau digunakan untuk suku cadang dari mesin atau peralatan. Stok dapat berupa bahan mentah, barang jadi, barang dalam proses, suku cadang, atau bahan pembantu.

Persediaan merupakan salah satu aset penting dalam perusahaan, karena mempunyai nilai yang cukup besar dan berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya operasi (Baca: Manajemen Operasional). Perencanaan dan pengendalian persediaan adalah kegiatan penting bagi perusahaan dan mendapat perhatian khusus dari manajemen perusahaan.

Hal terpenting dalam manajemen persediaan adalah tentang bagaimana mengelola bahan baku. Tidak hanya mengelola bahan baku, manajemen persediaan memiliki cakupan yang luas yaitu mengelola barang lain yang ada di perusahaan seperti barang dagang, barang proses dan barang supply.

Pengertian manajemen persediaan adalah kegiatan untuk mengelola, menjaga, dan mendistribusikan barang-barang dalam jumlah optimum yang dimiliki atau disimpan perusahaan. Kemudian muncul pertanyaan, apa hubungan manajemen persediaan dengan manajemen produksi? (Baca: Manajemen Produksi)

Proses produksi dalam perusahaan merupakan sebuah proses yang dinamis terutama pada pergerakan barangnya, maka diperlukan sistem dan strategi pengelolaan barang yang baik agar tidak mengganggu proses produksi. Pengelolaan inilah yang dimaksud dengan manajemen persediaan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Persediaan

Kegiatan Bisnis Yang Membutuhkan Manajemen Persediaan

Perusahaan yang sangat memerlukan manajemen persediaan adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan perdagangan.

Perusahaan Manufaktur

Dalam perusahaan industri manufaktur jenis persediaan terdiri dari :

  • Persediaan bahan baku
  • Persedaan barang dalam proses
  • Persediaan barang jadi
  • Persediaan barang pembantu

Kegiatan utama perusahaan industri adalah memproses bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian dijual. Aktivitas produksi ini tentu memerlukan proses dan waktu yang lebih lama sehingga dibutuhkan modal cukup besar yang harus diinvestasikan persediaan dan biasanya perputarannya menjadi relatif lebih lambat.

Manajemen persediaan diperlukan untuk meminimalisir risiko akan kelebihan persediaan yang mengakibatkan pemborosan pada modal, dan kekurangan pada persediaan proses mengakibatkan proses produksi akan terganggu.

Perusahaan Dagang

Manajemen persediaan yang dimaksud adalah persediaan barang dagang. Mengendalikan persediaan pada perusahaan manufaktur relatif lebih sulit dibandingkan dengan mengelola persediaan pada perusahaan dagang yang persediaannya dibeli untuk dijual dan tidak membutuhkan waktu lama sehingga modal berputar relatif lebih cepat.

Demikian penjelasan pengertian manajemen persedian yang ternyata sangat penting bagi perusahaan yang bergerak dibidang manufakturing. Dengan memahami definisi manajemen persedian akan menambah wawasan dan pengetahuan kamu di bidang manajemen. Semoga bermanfaat.

Pengertian Manajemen Persediaan