Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli

Pengertian-Manajemen-Produksi-Menurut-Para-Ahli

Definisi Manajemen Produksi

Sebelum membahasnya pengertian manajemen produksi menurut para ahli lebih detail, kamu harus mengetahui definisi dari produksi terlebih dahulu. Produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan oleh manusia atau mesin untuk menambah nilai guna dari suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan dan memiliki nilai ekonomis (id.wikipedia).

Walaupun memiliki pengertian yang berbeda dengan definisi produksi. Manajemen produksi adalah salah satu cabang ilmu manajemen yang fungsinya mengatur segala proses pengubahan bahan mentah menjadi produk atau jasa yang diinginkan sehingga memiliki nilai jual. Berdasarkan situs ukessays.com, produksi itu sendiri dikategorikan dalam 3 bagian berdasarkan tekniknya:

  1. Produksi yang mengelola bahan mentah langsung kemudian diekstrak menjadi produk yang diinginkan. Misalnya kelapa sawit yang diekstrasi menjadi beberapa produk seperti sabun, minyak goreng dan lain-lain.
  2. Produksi dengan cara perakitan, misalnya perangkat elektronik seperti handphone, komputer atau mobil.
  3. Produk yang dihasilkan dari cara memodifikasi bahan baik secara kimiawi atau parameter mekanis tanpa mengubah atribut fisiknya. Misalnya dilakukan dengan memanaskan bahan baku di suhu yang tinggi seperti peleburan besi, plastik atau bahan logam lainnya.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Produksi

Manajemen produksi ini sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Padahal diimplementasikan dengan baik maka sebuah bisnis dapat mencapai efisiensi karena bagian ini memerlukan biaya operasional yang tidak sedikit. Sebaiknya, bidang produksi harus melakukan beberapa hal penting, seperti:

  • Peningkatan produktivitas.
  • Perlindungan karyawan dari risiko kerja.
  • Penghilangan material yang berbahaya.
  • Menggunakan simbiosis industri.

4 Hal tersebut merupakan bagian yang paling banyak menguras dana perusahaan. Belum lagi hukum serta regulasi yang diberlakukan oleh pemerintah, peraturan buruh dan juga hambatan lain yang berdampak besar pada production budgeting (pembiayaan produksi). Jadi, ruang lingkupnya tidak hanya terbatas pada membeli material dan bahan baku murah saja, tapi merancang sistem dan pemanfaatan teknologi agar dapat bertahan dalam keadaan krisis.

Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli

Manajemen produksi termasuk dari bidang manajemen yang memiliki peran dalam mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan produksi untuk mencapai tujuan. Ada beberapa ahli menjelaskan definisi manajemen produksi, pembahasannya sebagai berikut:

1. Sofyan Assauri (2008: 19)

Sofyan Assauri mendefinisikan manajemen produksi sebagai kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan berbagai sumber daya, seperti: sumber daya manusia, sumber daya dana, sumber daya alat, dan bahan, secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa.

2. Heizer & Reider (2011: 4)

Heiser & Reider mendefinisikan manajemen produksi adalah suatu rangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang atau jasa dengan mengubah input menjadi output.

Baca Juga: Aspek dan Ruang Lingkup Manajemen Produksi

3. Irham Fahmi (2012: 3)

Irham Fahmi mendefinisikan manajemen produksi adalah sebuah ilmu manajemen yang membahas secara menyeluruh bagaimana pihak manajemen produksi perusahaan menggunakan ilmu dan seni yang dimiliki dengan mengarahkan dan mengatur orang-orang untuk mencapai hasil produksi yang diinginkan.

4. Wysocki (2000: 1)

Wysocki mendefinisikan manajemen produksi adalah desain, operasi, dan pengembangan dari sistem-sistem yang mengantarkan kepada tujuan utama perusahaan barang dan jasa dengan mengkombinasikannya.

5. Handoko (1999: 3)

Handoko mendefinisikan manajemen produksi dan operasional adalah berbagai usaha pengelolaan secara optimal penggunaan semua sumber daya (faktor-faktor produksi), seperti: tenaga kerja, modal, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah, dan lain sebagainya, di dalam proses transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau jasa.

Demikian pengertian manajemen produksi menurut para ahli, dengan mengetahui definisi secara lengkap akan menambah wawasan dan pengetehauan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *