Menu

Pengertian Manajemen Proyek Menurut Para Ahli

Pengertian-Manajemen-Proyek-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Proyek Menurut para Ahli

Sebelum menjabarkan pengertian manajemen proyek secara lengkap. Kamu harus mengetahui definisi “Proyek” terlebih dahulu. Berikut ini pengertian Proyek (Project) menurut beberapa ahli.

1. Larson (2006: 3)

Larson menjelaskan bahwa proyek adalah usaha yang kompleks, tidak rutin, yang dibatasi oleh waktu, anggaran, sumber daya, dan spesifikasi kinerja yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Heizer & Render (2006: 81)

Heizer & Render berpendapat bahwa proyek adalah sederetan tugas yang diarahkan kepada suatu hasil utama.

3. Nurhayati (2010: 4)

Menurut Nurhayati proyek adalah upaya atau aktivitas yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan, sasaran dan harapan-harapan penting dengan menggunakan anggaran dana serta sumber daya yang tersedia, yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Proyek

4. Husen (2009: 4)

Husen mendefinisikan proyek adalah gabungan dari sumber-sumber daya seperti manusia material, peralatan, dan modal atau biaya yang dihimpun dalam suatu wadah organisasi sementara untuk mencapai sasaran dan tujuan.

5. PMBOK (Project Management Body of Knowledge) 3rd Edition

Proyek adalah usaha sementara dengan awal dan akhir dan harus digunakan untuk menciptakan produk, layanan atau hasil yang unik.

Pencapaian manajemen proyek yang efektif dapat diartikan sebagai pengelolaan sumber daya yang ada sesuai dengan pencapaian tujuan dan target. Sumber daya proyek meliputi waktu, biaya, kualitas, dan lain-lain. Sedangkan pencapaian manajemen proyek secara efisien diartikan sebagai penggunaan sumber daya dan penentuan aktivitas secara tepat guna, termasuk penggunaan dilihat dari jumlah, jenis, dan lainnya.

Dilihat dari fungsi manajemen proyek maka pihak yang terkait dalam suatu proyek perlu memahami pengertian manajemen proyek secara mendasar dan menyeluruh.

Baca Juga: Tahapan dan Karakteristik Manajemen Proyek Beserta Contohnya

Pengertian Manajemen Proyek menurut para Ahli

Berikut ini adalah pengertian manajemen proyek menurut beberapa ahli.

1. Nicholas (2001: 9)

Menurut Nicholas manajemen proyek adalah manajemen yang lebih sederhana, yang operasi-operasinya berulang dimana pasar dan teknologinya dapat diprediksi, ada kepastian tentang antisipasi hasil, lebih sedikit organisasi yang dilibatkan.

2. Budi Santoso (2003: 3)

Budi Santoso menjelaskan bahwa manajemen proyek sebagai kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu. Manajemen proyek mempergunakan personel perusahaan untuk ditempatkan pada tugas tertentu dalam proyek.

3. Husen (2009: 4)

Husen berpendapat bahwa manajemen proyek adalah penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan keterampilan, cara teknis yang terbaik dan dengan sumber daya yang terbatas, untuk mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja biaya, mutu dan waktu serta keselamatan kerja.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Persediaan

4. Ervianto (2005: 21)

Ervianto mendefinisikan manajemen proyek adalah semua perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan koordinasi suatu proyek dari awal (gagasan) hingga berakhirnya proyek untuk menjamin pelaksanaan proyek secara tepat waktu, tepat biaya dan tepat mutu.

Dengan memahami pengertian manajemen proyek secara menyeluruh maka perusahaan akan mudah dalam menghadapi persaingan yang ada. Semoga bermanfaat.

Pengertian Manajemen Proyek Menurut Para Ahli