fbpx
Pengertian-Manajemen-Strategi-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Definisi Manajemen Strategi

Pengertian manajemen strategi dapat diartikan sebagai ilmu dalam penyusunan, penerapan dan pengevaluasian untuk keputusan fungsional yang bisa memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya. Pengertian lainnya adalah suatu proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai dengan penetapan cara melaksanakannya yang dirancang oleh pemimpin kemudian diterapkan oleh semua jajaran yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai target atau sasarannya yang telah ditentukan (id.wikipedia).

Fokus utama manajemen strategi adalah kepada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat dan mengembangkan kebijakan serta perencanaan untuk mencapai tujuan, serta mengalokasikan sumber daya yang dimiliki untuk menerapkan kebijakan tersebut.

Setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya harus menerapkan strategi yang baik dan tepat sasaran. Strategi yang disusun secara tepat dan terorganisir akan memudahkan organisasi atau perusahaan dalam melaksanakan setiap misi untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli manajemen telah menjelaskan definisi manajemen strategis, seperti:

1. Thomas Wheelen & Co (2010)

Thomas Wheelen menjelaskan bahwa manajemen strategi adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan tersebut termasuk dalam perumusan dan perencanaan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi.

2. Nawawi

Nawawi mendefinisikan manajemen strategik sebagai sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk mencapai tujuan masa depan, dan didefinisikan sebagai sebuah keputusan yang fundamental.

Perencanaan tersebut memungkinkan organisasi untuk menjalankan misi dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu, (perencanaan operasional untuk menghasilkan barang dan / atau jasa serta layanan) kualitas, dan optimasi yang diarahkan pada pencapaian tujuan strategis organisasi.

3. Mulyadi (2001)

Mulyadi memberi penjelasan bahwa manajemen strategi adalah suatu proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi atau perusahaan.

4. Bambang Haryadi (2003)

Bambang Haryadi menjelaskan bahwa manajemen strategi adalah suatu proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi.

Baca Juga: Karakteristik dan Manfaat Manajemen Strategi

5. J. David Hunger

J. David Hunger mendefinisikan manajemen strategi sebagai serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

Intinya adalah manajemen strategi sebagai suatu tindakan perencanaan dan pengaturan strategi yang efektif yang dilakukan supaya tujuan bisnis tercapai dan bisnis bisa berlangsung dalam waktu yang lama.

Dengan mengetahui pengertian manajemen strategi menurut para ahli dapat menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *