fbpx
Pengertian-Manajemen-Sumber-Daya-Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dapat diartikan sebagai proses dan upaya untuk merekrut, menyeleksi, mengembangkan, memotivasi, dan mengevaluasi secara menyeluruh terhadap sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Dikutip dari id.wikipedia manajemen sumber daya manusia adalah ilmu untuk mengatur hubungan dan peran tenaga kerja (sumber daya) secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Manajemen SDM adalah cabang ilmu manajemen yang terdiri dari gabungan teori psikologi, sosiologi dan lainnya.

Manajemen SDM bertugas dalam merancang dan implementasi perencanaan (planning), penyusunan karyawan (staffing), pengembangan karyawan, pengelolaan karir, evaluasi kinerja dan hubungan ketenagakerjaan. Pada dasarnya manajemen SDM membuat keputusan dan kebijakan yang berpengaruh terhadap tenaga kerja.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa ahli di bidang ilmu manajemen yang mendefinisikan manajemen sumber daya manusia, diantaranya adalah:

1. Henry Simamora

Henry Simamora mendefinisikan manajemen sumber daya manusia sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian remunerasi, serta pengelolaan individu anggota kelompok pekerja.

2. Handoko

Handoko mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan seleksi, perekrutan, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia dalam rangka untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.

3. Mutiara S. Panggabean

Mutiara S. Panggabean mendefinisikan manajemen SDM adalah suatu proses manajemen yang terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan analisis pekerjaan, pengadaan, evaluasi pekerjaan, pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

4. Melayu SP Hasibuan

Melayu Hasibuan mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur peran hubungan kerja agar dapat secara efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan, pekerja, dan masyarakat.

5. Anwar Prabu Mangkunegara

Anwar Prabu Mangkunegara mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian remunerasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

6. Mary Parker Follett

Mary Parker Follett mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah seni dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang diperlukan.

Baca Juga: Ruang Lingkup dan Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia

7. Achmad S. Ruky

Achmad S. Ruky mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah aplikasi yang lebih tepat pada efisiensi yang sama dalam pemanfaatan, akuisisi, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat optimal dari pemanfaatan sumber daya manusia oleh organisasi dalam mencapai tujuannya.

8. Gary Dessler

Gary Dessler mendefinisikan manajemen sumber daya manusia adalah kebijakan dan latihan untuk memenuhi kebutuhan pekerja atau aspek-aspek yang terdapat dalam SDM, seperti posisi manajemen, rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan penilaian prestasi kerja karyawan.

9. Hadari Nawawi

Hadari Nawawi mendefinisikan manajemen sumber daya manusia sebagai proses pendayagunaan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan.

Demikianlah pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli, dengan memahaminya akan menambah wawasan dan pengetahuan kamu dibidang manajemen. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *