Apa itu Market Share? Pengertian, Fungsi, dan Cara Memaksimalkannya

Apa itu Market Share? Pengertian, Fungsi, dan Cara Memaksimalkannya
Photo by fauxels from Pexels

Market share dalam ekonomi merupakan sesuatu hal yang harus dipahami secara baik oleh para pebisnis. Suatu pangsa pasar harus dapat dijabarkan dengan jelas agar tujuan bisnis yang dilakukan oleh suatu organisasi dapat berjalan dengan lanjar. Dalam pengertian market share atau pangsa pasar dijelaskan secara gamblang seperti apa dan bagaimana pelaku ekonomi dapat mengidentifikasinya.

Lalu, seperti apa sebenarnya market share itu? Apa pengertian market share menurut penjelasan para ahli? Bagaimana cara yang ampuh mengukur market share? Dan, bagaimana cara meningkatkan dan memperluas pangsa pasar dari suatu segmen? Untuk dapat memahaminya lebih detail, mari simak pemaparannya berikut ini.

Pengertian Market Share

Apa sih yang dimaksud dengan pangsa pasar atau market share? Secara umum, pengertian market share adalah bagian dari seluruh permintaan suatu barang yang mencerminkan kelas konsumen berdasarkan karakteristiknya (segmen pasar). Klasifikasi konsumen dapat dikelompokkan menurut tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin (gender), pendidikan dan status sosial.

Pangsa pasar atau market share adalah bagian dari pasar yang dikendalikan oleh perusahaan dan semua potensi penjualan, biasanya dinyatakan dalam persentase. Market share atau pangsa pasar adalah persentase total penjualan perusahaan dari semua sumber terhadap total penjualan produk (barang dan jasa) pada industri tertentu.

Baca Juga: Pengertian Pasar Dalam Sistem Ekonomi

Bagaimana Mengukur Keberhasilan Perusahaan Dalam Suatu Pangsa Pasar?

Sebagai persentase penjualan yang dicatat oleh perusahaan atas total penjualan pesaing gabungannya dalam industri tertentu, dapat diartikan bahwa pangsa pasar merupakan salah satu indikator yang digunakan perusahaan untuk mengukur keberhasilannya dibandingkan dengan pesaingnya.

Contohnya, sebuah perusahaan pada tahun 2018 memiliki target pangsa pasar 15% dari total pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut dibutuhkan biaya pemasaran sebesar Rp 500 juta.

Jika ternyata market share yang didapat perusahaan lebih dari 15% (misalnya 18%), maka kinerja perusahaan berjalan dengan baik. Sebaliknya jika pada tahun tersebut pangsa pasar yang diperoleh hanya 11%, hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan mengalami kendala efisiensi dan efektivitas biaya.

Selain itu, ada beberapa faktor yang perlu digali untuk menilai permasalahan perusahaan yang tidak mencapai suatu pangsa pasar yang ditargetkan, yaitu seperti:

  • Ukuran pangsa pasarnya terlalu tinggi.
  • Semakin banyak pesaing baru di industri yang sama.
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  • Strategi pemasaran yang tidak dapat mencapai target pasar atau tidak tepat sasaran.

Metode Menentukan Besaran Market Share

Untuk mengetahui dan menentukan besarnya dan pangsa pasar, diperlukan kajian pasar yang mendalam. Oleh karena itu, pengusaha harus mampu menentukan pasar yang ingin dibidiknya agar dapat melihat potensi pasar tersebut.

Selain itu, setelah mengetahui ukuran pangsa pasar dan mengetahui segmen pasar sasaran, langkah selanjutnya adalah mempelajari siapa saja para pesaing di pasar tersebut serta berapa persen pasar yang dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang melakukan perencanaan strategis perlu mengembangkan strategi bauran pemasaran (marketing mix) dan membatasi segmentasi produk agar promosinya akurat.

Misalnya perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman. Menjalankan bisnis tidaklah cukup hanya minuman, tetapi pengusaha perlu lebih fokus. Misalnya minuman kopi, teh, rasa buah, dan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Kemasan Produk dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Bagaimana Cara Meningkatkan Market Share?

Memahami pengertian pangsa pasar atau market share adalah suatu hal yang sangat penting. Dimana, dengan mengetahui pangsa pasar yang dibidik, perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta mengantisipasi segala resiko yang mungkin terjadi pada pasar tersebut.

Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sebuah perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Dengan cara ini suatu perusahaan dapat melakukan beberapa hal yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas, misalnya dengan mengubah harga, meningkatkan layanan, meningkatkan strategi pemasaran, mengubah metode distribusi, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan cara menggabungkannya untuk digunakan bisnis bisnis Anda. Berikut beberapa tipsnya:

  • Pilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak dijalankan oleh perusahaan lain.
  • Percayalah bahwa perusahaan akan sukses dalam bisnis yang Anda jalankan.
  • Tentukan visi dan misi perusahaan terkait tujuan bisnis masa depan.
  • Mempertimbangkan kekuatan pesaing di industri yang sama.
  • Perhatikan pergerakan harga di industri sasaran dan tentukan harga yang paling tepat.
  • Buat dan bangun jaringan pasar untuk memperbesar bisnis.

Kesimpulan

Menentukan pangsa pasar yang ingin diraih dapat meningkatkan segala potensi sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu pengembangan produk dan layanan harus sangat diperhatikan agar dapat mempertahankan posisi pasar yang telah dicapai.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *