Pengertian Marketing Mix

Pengertian-Marketing-Mix-Menurut-Para-Ahli

Definisi Marketing Mix

Pengertian marketing mix, banyak orang yang mempertanyakan “Apa yang dimaksud dengan marketing mix?”. Marketing mix dapat didefinisikan sebagai suatu strategi pemasaran (marketing) yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix secara terpadu.

Untuk meraih keberhasilan dalam menjalan bisnis dibutuhkan keahlian yang komplek dalam pengelolaan bisnis tersebut. Selain produk berkualitas, ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah strategi pemasaran (Baca: Pengertian Pemasaran). Dengan implementasi strategi pemasaran yang baik, tentu akan berpengaruh positif bagi keberhasilan bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: Tujuan dan Konsep Marketing Mix

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui definisi marketing mix secara mendalam, berikut ini pengertian marketing mix menurut para ahli yang bisa menjadi referensi kamu:

1. Kotler & Armstrong (1997: 48)

Kotler & Armstrong mendefinisikan bahwa marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, promosi dan distribusi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon pasar yang diinginkan.

2. Dhaimesta & Irwan (2000: 74)

Dhaimesta & Irwan menjelaskan marketing mix adalah variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen.

Baca Juga: Akuntansi Manajemen

3. Sofyan Assauri (2013: 12)

Sofyan Assauri menyatakan marketing mix adalah kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat dikendalikan oleh pemasaran untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.

4. Buchari Alma (2005: 205)

Buchari Alma menyatakan marketing mix adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga akan muncul hasil paling memuaskan.

5. Sumarni & Soeprihanto (2010: 274)

Sumarni & Soeprihanto menjelaskan pengertian marketing mix adalah kombinasi atau kumpulan dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.

Baca Juga: Pengertian Manajemen

6. Gugup Kismono (2001: 308)

Gugup Kismono berpendapat bahwa marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Dengan memahami pengertian marketing mix menurut para ahli dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu di bidang pemasaran. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *