Apa itu Media? Pengertian, Fungsi, Bentuk, Jenis, dan Manfaat

Apa Pengertian Media, Fungsi, Bentuk, Jenis, dan Manfaat
photo by pexels/kaboompics

Media bisa menjadi alat komunikasi yang sangat efektif untuk menyebarluaskan suatu pesan atau informasi. Saat ini ada banyak media yang kita gunakan untuk melakukan informasi, baik itu media sosial, media online, atau media mainstream.

Ada banyak fungsi dari media, terutama untuk memberikan informasi bagi masyarakat luas. Nah, lalu apa sih yang dimaksud dengan media itu? Apa pengertian media? Untuk lebih memahaminya, mari kita ulas secara rinci.

Apa itu Media?

Secara etimologis kata “media” berasal dari bahasa Latin, yaitu “medius” yang berarti tengah, perantara atau pengantar. Istilah kata media, umumnya mengacu pada sesuatu yang digunakan sebagai wadah, alat, atau sarana untuk berkomunikasi.

Namun, secara umum pengertian media adalah alat penghantar atau perantara yang berfungsi untuk menyampaikan pesan atau informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan. Pandangan lain mengatakan bahwa definisi media adalah segala bentuk saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Dengan kata lain, media dapat diartikan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi, Fungsi, Tujuan, Dan Jenis-Jenis Komunikasi

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu media, dapat kita simak pendapat dari berbagai ahli sebagai berikut:

1. Leslie J. Briggs

Media adalah alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi suatu materi. Media bisa berupa video, gambar, buku, televisi, dan lain sebagainya.

2. Santoso S. Hamijaya

Pengertian media adalah segala bentuk perantara yang digunakan seseorang untuk menyampaikan suatu pesan kepada penerimanya.

3. Arif S. Sardiman

Pengertian media adalah segala perangkat fisik yang dapat menyampaikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

4. Ahmad Rohani

Definisi media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap dan difungsikan oleh indera manusia sebagai perantara, sarana atau alat untuk proses komunikasi.

5. Syaiful Bahri Djamarah

Pengertian media adalah alat yang dapat digunakan sebagai saluran pesan untuk mencapai tujuan.

Fungsi Umum Media

Seperti yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya, penggunaan istilah kata “media” dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti media informasi, media pembelajaran dan lain-lain. Secara umum suatu media memiliki fungsi yang sama, diantaranya sebagai berikut:

  • Sebagai sarana informasi bagi masyarakat.
  • Membantu mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
  • Sebagai sarana untuk mengungkapkan pendapat, gagasan dan ide kepada publik.
  • Sebagai sarana untuk mencapai hiburan, relaksasi dan gangguan dari ketegangan sosial.
  • Sebagai sarana sosialisasi pendidikan bagi masyarakat luas dan bagi peserta didik pada khususnya.
  • Sebagai sarana melaksanakan pengawasan atau kendali sosial bagi masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Unsur-Unsur, Fungsi, Manfaat Beserta Contohnya

Jenis dan Macam-Macam Media

Pada dasarnya ada banyak jenis dan bentuk media. Menurut Rudy Bretz (Media Pembelajaran, 2008: 52), beberapa jenis media adalah sebagai berikut:

1. Media audio

Media audio adalah jenis media yang melibatkan indera pendengaran (telinga) yang memanipulasi kemampuan suara. Pesan yang dapat ditransmisikan dalam media audio adalah pesan verbal (bahasa atau kata-kata yang diucapkan) dan pesan non-verbal (musik, vokalisasi, suara lainnya).

2. Media visual

Media visual adalah salah satu jenis media yang melibatkan indera penglihatan (mata). Berikut beberapa media visual, yaitu

  • Media visual-verbal
  • Media yang berisi pesan verbal atau pesan kebahasaan dalam bentuk tulisan. Misalnya seperti buku, majalah, koran dan lain-lain.
  • Media visual grafis
  • Media yang berisi pesan nonverbal dimana pesan tersebut berupa simbol atau elemen grafik. Misalnya seperti sketsa, foto, gambar, diagram, peta dan lainnya.
  • Media visual non-cetak
  • Media yang berisi pesan dalam tiga dimensi. Misalnya seperti diorama, miniatur, mockup, model dan spesimen.

3. Media audiovisual

Media audio visual merupakan salah satu jenis media yang melibatkan indera pendengaran dan indera penglihatan secara bersamaan dalam suatu proses. Pesan yang dikirimkan dalam jenis media ini bersifat verbal dan non verbal. Misalnya seperti film drama, dokumenter, musikal dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat Mempelajari Ilmu Komunikasi

Kesimpulan

Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, media juga ikut berkembang. Media sosial merupakan salah satu bentuk inovasi tersebut. Sebagai suatu platform yang memiliki banyak fitur, kita dapat mentransmisikan pesan audiovisual dengan muda melalui media sosial.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *