Pengertian Motivasi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi

Motivasi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi
photo by unsplash/whitfieldjordan

Setiap orang pasti memiliki motivasi atau dorongan yang kuat untuk mewujudkan cita-citanya. lalu, apa pengertian motivasi? Apa saja faktor-faktor didalamnnya? Dan, unsur-unsur apa yang terdapat pada motivasi? Naah, mari kita bahas satu persatu.

Secara etimologi kata, istilah “motivasi” berasal dari bahasa Inggris yaitu “motivation” yang artinya adalah dorongan atau daya batin. Maka pengertian motivasi adalah segala bentuk dorongan untuk menggerakkan seseorang dalam bertindak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan tertentu. Definisi motivasi adalah sebagai semua hal yang menimbulkan dorongan yang kuat dan semangat di dalam diri seseorang untuk mengerjakan sesuatu hal.

Motivasi bisa timbul dari dalam diri sendiri seseorang ataupun didapatkan dari orang lain. Dengan adanya motivasi maka kita dapat mengerjakan dan menyelesaikan sesuatu dengan sangat antusias.

Baca Juga: Arti Integritas Diri, Fungsi dan Manfaat Bagi Diri Kita

Pengertian Motivasi Menurut Kajian Para Ahli

Berikut ini pengertian motivasi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

1. A. Anwar Prabu Mangkunegara

Arti motivasi adalah suatu kondisi diri yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan serta memelihara perilaku dengan lingkungan kerja.

2. Weiner

Pengertian motivasi adalah kondisi dari dalam diri yang membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorong seseorang mencapai tujuannya, dan membuat dirinya tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

3. G. R. Terry

Pengertian motivasi adalah sebuah keinginan dari internal diri seseorang yang merangsangnya untuk melakukan berbagai tindakan.

4. Henry Simamora

Pengertian motivasi adalah sebuah fungsi dari pengharapan seseorang bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.

5. Uno

Definisi motivasi adalah dorongan internal dan eksternal seseorang yang diindikasikan dengan adanya, hasrat dan minat, harapan dan cita-cita, dorongan dan kebutuhan, penghargaan dan penghormatan.

Faktor-Faktor Motivasi

Berikut ini faktor-faktor motivasi, yaitu sebagai berikut:

1. Faktor Internal

Faktor internal yaitu faktor motivasi yang bersumber dari dalam diri individu. Motivasi ini timbul karena adanya keinginan seseorang untuk berprestasi dan bertanggung jawab pada hidupnya. Beberapa hal yang termasuk faktor internal, adalah:

  • Kebutuhan
  • Harapan
  • Kepuasan kerja
  • Tanggung Jawab
  • Harga diri dan Prestasi

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor motivasi yang bersumber dari luar diri individu. Motivasi ini timbul karena adanya peran dan pengaruh dari luar, misalnya perusahaan atau organisasi, yang dapat merubah perilaku individu dalam kehidupannya. Beberapa hal yang termasuk faktor eksternal, yaitu:

  • Jenis dan sifat pekerjaan
  • Hubungan interpersonal
  • Kelompok kerja
  • Kondisi kerja
  • Keamanan dan keselamatan kerja

Baca Juga: Pengertian Kewajiban Asasi Manusia, Contoh-Contohnya

Jenis-Jenis Motivasi

Ada 2 (dua) jenis motivasi, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Berikut penjelasannya:

1. Motivasi Intrinsik

Pengertian motivasi intrinsik adalah keinginan individu untuk melakukan sesuatu hal, yang disebabkan karena adanya faktor dorongan yang bersumber dari dalam diri sendiri tanpa ada dipengaruhi oleh orang lain karena adanya hasrat untuk mewujudkan dan mencapai tujuan tertentu.

Sebagai contoh, seorang atlet termotivasi untuk berlatih lebih giat agar mendapatkan medali emas dalam ajang olahraga olimpiade.

2. Motivasi Ekstrinsik

Pengertian motivasi ekstrinsik adalah keinginan individu untuk melakukan sesuatu hal, karena adanya faktor dorongan dari luar dirinya sendiri untuk mencapai atau mewujudkan suatu tujuan yang menguntungkan dirinya.

Sebagai contoh, seorang karyawan termotivasi untuk bekerja lebih giat karena adanya peluang diberi kenaikan jabatan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Kesimpulan

Dalam menjalani kehidupan seseorang harus termotivasi untuk mendapatkan hidup yang layak. Mengacu pada pengertian motivasi diatas kita harus dapat memanfaatkan segala peluang yang ada, dan termotivasi agar mencapai tujuan tersebut.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *