Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Organisasi-Menurut-Para-Ahli

Definisi Organisasi Secara Umum

Pengertian organisasi secara umum adalah sebagai suatu tempat atau wadah berkumpulnya sekelompok orang untuk saling bekerjasama secara sistematis dan rasional, terpimpin dan terkendali untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan secara maksimal sumber daya yang ada.

Organisasi akan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada, seperti: uang, sumber daya manusia, metode atau cara, mesin, lingkungan, dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, terkendali dan rasional untuk mencapai tujuan.

Di dalam dunia bisnis organisasi didefinisikan sebagai sekelompok orang atau grup yang saling berkolaborasi untuk mencapai tujuan komersial. Seperti organisasi non-profit, di organisasi bisnis juga memiliki struktur (Baca: Struktur Organisasi) yang jelas dan memiliki budaya kerja. Oleh karena itu, setiap organisasi memiliki struktur dan tujuan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Tujuan dan Ciri-Ciri Organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan definisi organisasi secara lengkap, diantaranya seperti:

1. Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan menjelaskan bahwa organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

2. Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Siagian menerangkan bahwa organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama dan terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.

3. Chester I. Bernard

Chester I. Bernard mendefinisikan organisasi sebagai suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Baca Juga: Teori dan Bentuk-Bentuk Organisasi

4. Stephen P. Robbins

Stephen P. Robbins menjelaskan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

5. James D. Mooney

James D. Mooney berpendapat bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.

6. Philip Slznic

Menurut Philip Slznic berpendapat bahwa pengertian organisasi adalah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocation of functions and responsibilities.

7. Paul Preston & Thomas Zimmerer

Paul Preston & Thomas Zimmerer menjelaskan bahwa organisasi adalah suatu kumpulan orang yang telah disusun dalam sebuah kelompok-kelompok yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan secara bersama.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

8. Thompson

Thompson mengatakan bahwa organisasi adalah suatu perpaduan antara beberapa anggota khusus yang sangat impersonal dan rasional yang saling bekerjasama (koperasi) dalam mencapai berbagai tujuan yang spesifik yang sudah diumumkan.

9. Max Weber

Max Weber mengemukakan organisasi merupakan suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan suatu fungsi tertentu.

10. Stoner

Stoner mendefinisikan organisasi adalah sebuah pola hubungan-hubungan melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan memahami pengertian organisasi menurut para ahli dapat menambah wawasan dan wacana kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *