fbpx
Pengertian Pancasila

image by freepik.com

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Sebagai warga negara yang baik kita harus mengetahui Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. Pancasila sebagai asas negara yang digunakan dalam mengatur pemerintahan yang mengutamakan seluruh komponen wilayah Indonesia.

Secara tata bahasa (etimologis), kata “Pancasila” berasal dari bahasa sansekerta, yaitu “panca” yang bermakna “lima’, dan “sila” yang bermakna “dasar”. Jadi, dapat disimpulkan arti “Pancasila” adalah “Lima Dasar”.

Pancasila sendiri tercipta atau disusun oleh para pendiri bangas (founding fathers) agar dalam bernegara kita memiliki pondasi/landasan yang kuat dan jelas dalam menjalankan roda pemerintahan. Adapun pancasila dilambangkan dengan Burung Garuda dimana dibagian dadanya terdapat gambar “bintang”, “rantai emas”, “pohon beringin”, “kepala banteng”, “padi dan kapas”, yang lambang tersebut mencerminkan arti dari 5 (lima) sila tersebut. Kemudian lambang tersebut dikenal sebagai Garuda Pancasila.

Bacaan Lain: Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pancasila Negara Indonesia

Adapun bunyi Pancasila sebagai berikut:

Pengertian Pancasila Menurut Pendapat Para Ahli

Dikutip dari lama maxmanroe.com, para ahli telah mendefinisikan pancasila secara jelas, berikut ini penjelasannya:

Pancasila Menurut Ir. Soekarno

Pancasila merupakan isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-menurun berabad-abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan barat. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya sebagai falsafah negara, namun lebih luas lagi, yaitu falsafah bagi bangsa Indonesia.

Pancasila Menurut Muhammad Yamin

Pancasila berasal dari kata “Panca” yang berarti lima dan “Sila” yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Pancasila Menurut Notonegoro

Pancasila adalah dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Bacaan Lain: Tujuan dan Ciri-Ciri Organisasi

Fungsi Pancasila

Sebagai dasar dan pedoman bernegara, Pancasila memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut:

  1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
  2. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum
  3. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia
  4. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia
  5. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia
  6. Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia
  7. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
  8. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa

Tujuan Pancasila

Berdasarkan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tujuan Pancasila adalah sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan menjadi tujuan hidup bangsa Indonesia. Seperti yang tercantum dalam TAP MPR No.11/MPR/1978, yang berisi:

Sesungguhnya sejarah telah mengungkapkan bahwa pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang memberikan kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam kehidupan lahir batin yang makin baik dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Bahwasanya pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti yang telah diuji kebenarannya, keampuhan dan kesaktiannya sehingga tidak ada satupun kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia.

Bacaan Lain: Tujuan dan Manfaat Literasi Dalam Pendidikan

Sejarah Tersusunnya Pancasila

Berdasarkan dari berbagai sumber terpercaya, istilah “Pancasila” telah dikenal sejak kerajaan Majapahit dan Sriwijaya. Namun, belum dirumuskan secara nyata, pada masa kerajaan tersebut sila-sila yang tercantum telah diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan kerajaan.

Arti “Pancasila” menurut kitab Sutasoma karya Mpu Tantular, adalah berbatu sendi yang lima atau dapat dimaknai sebagai pelaksanaan kesusulaan yang lima. Pancasila juga tertera dalam kitab agama budha yang ditulis dalam bahasa pali yaitu Pancha Sila, yang digunakan sebagai ajaran dasar moral agama buddha yang diikuti oleh pengikut Siddharta Gautama.

Bacaan Lain: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia harus kita pahami pengertian pancasila secara mendalam agar kita dapat melaksanakan kegiatan dalam sendi-sendi bernegara dengan tata cara yang baik dan tepat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kamu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *