Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Pengertian Pasar Monopoli, Jenis, Ciri-Ciri, dan Contohnya
photo by pexels/cottonbro

Apakah kamu pernah bermain permainan monopoli? Pada pembahasan kali ini kami akan membahas “Apakah definisi pasar monopoli itu?” Pada prinsipnya, pengertian pasar monopoli adalah suatu kondisi pasar yang memiliki persaingan (kompetisi) yang tidak sempurna yang didalamnya hanya ada 1 (satu) penjual atau produsen yang menguasai atau mendominasi pasar. Umumnya, pada jenis pasar ini jika ada produsen baru masuk ke pasar ini sulit untuk menyaingi produsen lama. Dengan kata lain maka telah tercipta suatu kondisi yang dinamakan “monopoli murni” pada market yang dikuasai 1 produsen tersebut.

Pada kondisi pasar seperti ini produsen tidak memerlukan strategi pemasaran atau promosi terhadap merek-merek utamanya karena telah dikenal oleh masyarakat luas. Umumnya, promosi hanya dilakukan untuk beberapa produk unggulan atau produk baru saja.

Selain memonopoli pasar, produsen tersebut biasanya akan membuat hak paten (hak cipta) dan hak eksklusif untuk produk-produk mereka. Cara ini membuat perusahaan sejenis akan kesulitan untuk berkembang. Praktek monopoli pasar ini sering kita jumpai pada perusahaan-perusahaan BUMN seperti PLN, Pertamina, dan lainnya.

Baca Juga: Komponen dan Indikator Pembangunan Ekonomi

Jenis-Jenis Pasar Monopoli

Ada berbagai macam jenis pasar monopoli yang dapat kita temui pada prakteknya, berikut ini beberapa jenis monopoly market, diantaranya yaitu:

1. Monopoli Karena Kondisi Alam

Pasar monopoli ini terbentuk karena pengaruh dari kondisi iklim, keadaan alam, serta sumber daya alam yang dimiliki oleh suatu tempat yang tidak dapat ditemui pada daerah lain. Contohnya, sumber daya minyak bumi yang dimiliki oleh negara Arab Saudi yang menjadikan mereka penguasa pasar minyak sehingga mereka dapat mengatur harga jual minyak di dunia.

2. Monopoli Bahan Baku

Jenis pasar ini tercipta ketika suatu bahan baku hanya bisa diproduksi oleh beberapa perusahaan saja, sehingga perusahaan lain bergantung pada perusahaan tersebut. Contohnya, perusahaan-perusahaan sawit di pulau sumatera, mereka menguasai supply bahan baku sawit di dunia.

3. Monopoli Yang Dibentuk Oleh Negara atau Pemerintah

Pemerintah di suatu negara dapat menciptakan pasar monopoli untuk menguasai salah satu bidang industri untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Contohnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang memonopoli pasar listrik negara Indonesia.

4. Monopoli Yang Terbentuk Karena Masyarakat

Perusahaan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen atas produk-produknya dapat menciptakan pasar monopoli. Konsumen lebih cenderung untuk hanya menggunakan produk-produk perusahaan tersebut karena berkualitas, bermanfaat, pelayanan yang baik, atau lainnya.

5. Monopoli Yang Terbentuk Karena Efisiensi Kerja

Perusahaan yang mampu menyediakan produk-produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dapat menjadikan perusahaan tersebut penguasa tunggal pada segmentasi pasar yang ditarget.

6. Monopoli Karena Teknologi

Jenis pasar ini terbentuk karena penguasaan teknologi dan tenaga ahli. Contohnya, google yang mendominasi produk-produk teknologi, microsoft yang mendominasi sistem operasi komputer, dan lainnya.

7. Monopoli Hak Atas Kekayaan Intelektual

Ini adalah bentuk pasar monopoli yang tercipta karena produsen memiliki hak kekayaaan intelektual terhadap suatu produk, diantaranya seperti hak cipta, hak paten, hak merek. Umumnya jenis pasar ini sering ditemukan pada industri kreatif dan seni.

Baca Juga: Pengertian Marketing Mix

Ciri-Ciri atau Karakteristik Pasar Monopoli

Berikut ini ciri atau karakteristik pasar monopoli yang bisa kita pelajari, diantaranya yaitu:

  • Di dalam pasar tersebut hanya ada 1 (satu) produsen.
  • Tidak ada barang substitusi.
  • Produsen menjadi penentu harga.
  • Produsen baru sulit melakukan penetrasi pasar.
  • Produsen tidak memerlukan strategi promosi atas produknya.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Berikut ini kelebihan dan kekurangan kondisi pasar seperti ini.

KelebihanKekurangan
Perusahaan terus melalukan inovasi karena harus mempertahankan pasarProdusen bisa bersikap semena-mena dan tidak profesional karena memiliki kekuatan mutlak
Tidak terjadinya persaingan yang tidak sehatProdusen sering melakukan eksploitasi untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin
Memotivasi perusahaan untuk terus menciptakan produk-produk baruProdusen sering menghiraukan keinginan konsumen
Monopoli yang dilakukan oleh pemerintah bertujuan untuk hajar hidup orang banyakMonopoli pasar akan menimciptakan pasar gelap

Baca Juga: Pengertian Perseroan Terbatas atau PT

Kesimpulan

Pada prakteknya jenis pasar seperti ini akan membuat sulit perekonomian suatu daerah berkembang dan rentan akan manipulasi serta eksploitasi sumber daya alam. Di beberapa negara maju, pemerintahannya mengeluarkan banyak regulasi serta undang-undang yang mengatur agar suatu pasar tidak hanya didominasi oleh satu produsen saja.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *