Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna, Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan
Photo by Elina Sazonova from Pexels

Pasar persaingan sempurna merupakan salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat disuatu negara. Karena dalam sistem pasar seperti ini, penawaran dan permintaan seimbang dan dilandasi oleh hubungan internal yang kuat antara konsumen dan produsen.

Berbeda dengan jenis pasar monopoli atau oligopoli, pasar persaingan sempurna merupakan sistem jual beli produk dan komoditas yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi harga yang dikendalikan oleh satu pihak saja. Oleh karena itu, siapa pun pihak yang melakukan transaksi di sini didasarkan pada keinginan untuk membantu orang lain. Sedangkan produk yang disediakan oleh produsen merupakan produk yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Meskipun struktur dan metode pasar ini sangat baik untuk menciptakan ekosistem bisnis yang saling menguntungkan, tidak semua orang memahami arti sistem pasar persaingan sempurna. Nah, dibawah ini akan dijelaskan pengertian dan karakteristik pasar persaingan sempurna secara detail.

Apa itu Pasar Persaingan Sempurna?

Secara umum, pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk penawaran dan permintaan produk. Yang membedakannya dengan pasar biasa adalah, dalam sistem ini transaksi yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh adanya naik turunnya harga.

Prinsip pasar persaingan sempurna yaitu kesepakatan antara pedagang dan pembeli. Ini karena keduanya sudah menjalin hubungan internal yang erat jika sama-sama sudah mengetahui informasi harga pasar.

Umumnya, jenis barang yang dijual di struktur pasar ini adalah komoditas seperti beras, gandum, kentang, gula, sagu dan lain-lain.Ada juga ditemukan jenis barang-barang lain yang ada dalam sistem pasar ini.

Ciri dan Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna

Tidak semua jenis pasar dapat diklasifikasikan sebagai pasar persaingan sempurna. Harus ada ciri-ciri tertentu yang harus terpenuhi dalam ruang jual beli. Berikut ciri-ciri atau karakteristiknya:

1. Harus ada jumlah penjual dan pembeli yang seimbang

Karakteristik yang pertama adalah harus ada jumlah penjual dan pembeli yang sama. Dengan kondisi tersebut tentunya penjual tidak bisa mempermainkan harga, karena tentunya pembeli akan mengetahui informasi mengenai harga asli yang beredar di pasaran.

Jadi, tidak peduli berapa banyak item yang beli, harganya tidak berubah. Dalam konteks ini, yang menentukan keberhasilan suatu transaksi adalah kekuatan tawar menawar suatu produk.

2. Pedagang bebas membuka atau menutup usahanya

bebas untuk menutup atau membuka usaha. Dalam sistem pasar persaingan sempurna, pedagang bebas untuk menutup atau membuka bisnis mereka. Jika sistem ini dianggap merugikan, hentikan perdagangan atau sebaliknya.

Ciri ini berbeda dari jenis pasar lainnya, dimana pedagang biasanya hanya dapat menutup bisnisnya pada waktu tertentu. Biasanya hal itu dituangkan dalam surat perjanjian sebelum membuka usaha.

3. Barang yang dijual homogen (sejenis)

Agar tidak ada perbedaan harga dan kualitas produk, dalam sistem pasar ini barang yang dijual harus sama jenis atau homogenitasnya. Jadi, meski pembeli membeli dari pedagang lain, harga dan kualitasnya tetap sama.

Pengertian produk homogen adalah produk yang dibutuhkan masyarakat tetapi hanya dalam satu kategori, misalnya produk berupa bahan dasar. Termasuk makanan dan bahan lainnya.

4. Pembeli dan penjual mengetahui informasi harga barang

Di dalam pasar persaingan sempurna penjual dan pembeli perlu mengetahui informasi harga pasar yang benar. Ini juga berlaku saat harga bergerak cepat.

Tujuan dari memahami jenis informasi ini adalah untuk mencegah penjual menjual produk di bawah harga pasar karena ketidaktahuan. Juga menguntungkan bagi pembeli untuk tidak membeli produk dengan harga lebih tinggi dari harga sebenarnya.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

  • Peluang eksploitasi konsumen relatif rendah dalam pasar persaingan sempurna. Ini karena para penjual di pasar ini tidak melakukan monopoli harga. Oleh karena itu, mereka tidak mempengaruhi harga produk atau mereka tidak dapat membebankan konsumen pada harga yang lebih tinggi dari harga normal.
  • Pasar persaingan sempurna berorientasi pada kebutuhan konsumen. Penjual tidak bisa mengganggu konsumen. Jika demikian, pembeli akan langsung beralih ke penjual lain.
  • Dalam struktur pasar jenis ini, hanya ada sedikit atau tidak ada biaya pemasaran, karena produknya homogen. Produk yang mudah tergantikan oleh produk serupa dari pemasok lain, karena pada dasarnya memiliki kualitas dan karakteristik fisik yang sama dengan barang yang lain.
  • Pedagang juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk promosi, karena penjualan akan terjadi secara otomatis jika ada pedagang yang menetapkan harga lebih rendah daripada pesaing.

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

  • Dalam bentuk sistem pasar persaingan sempurna, penjual tidak memiliki motivasi untuk memperkenalkan inovasi atau memasukkan fitur tambahan dalam suatu produk.
  • Lokasi memainkan peranan penting dalam menghasilkan penjualan. Perusahaan yang berlokasi di lokasi utama cenderung akan mendapat lebih banyak penjualan daripada yang tidak.
  • Ada kemungkinan akan ada banyak persaingan antara pedagang.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka dapat dipahami bahwa pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang sepertinya bagus untuk diterapkan. Namun perlu diingat bahwa cara pemasaran ini tidak selamanya efektif jika diterapkan pada komoditas tertentu karena kelebihan dan kekurangan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis, bisa dengan memilih jenis pasar yang tepat dan merencanakan strategi bisnis tersebut. Penting untuk memantau perkembangan bisnis secara progresif.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *