fbpx
Pengertian-Pemasaran-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Definisi Pemasaran

Secara umum, definisi pemasaran atau marketing lebih melekat pada proses pengenalan produk atau jasa kepada konsumen yang potensial. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi promosi, periklanan, public relation dan penjualan (id.wikipedia).

Pemasaran atau Marketing juga dapat definisikan sebagai suatu kegiatan yang terencana, menyeluruh, dan terpadu, yang perusahaan atau organisasi lakukan sebagai cara untuk mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk yang bernilai jual, menentukan harga yang kompetitif, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, mitra, klien dan masyarakat umum.

Tujuan utama aktivitas pemasaran adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Seorang expert marketing harus mampu melihat banyak aspek dalam beriklan, termasuk juga memprediksi lifespan sebuah produk.

Baca Juga: Fungsi dan Tugas Pemasaran

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah menjelaskan tentang pengertian pemasaran, diantaranya sebagai berikut:

1. Philip Kotler

Menurut Kotler mendefinisikan pemasaran adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh kelompok atau perorang dengan tujuan untuk mencapai tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.

2. Jay Abraham

Jay Abraham berpendapat bahwa pemasaran merupakan sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan paling baik kepada konsumen.

3. John Westwood

John Westwood menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah usaha terpadu yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/ laba kepada perusahaan.

4. Hair & Mc. Daniel

Hair dan Mc. Daniel mendefinisikan pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi.

5. Basu & Hani

Basu & Hani menjelaskan bahwa pemasaran merupakan proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya, dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pemasaran

6. William J. Stanton

William J. Stanton menjelaskan bahwa pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya, dan bisa memuaskan konsumen.

7. Tung Desem Waringin

Tung Desem Waringin mengatakan bahwa pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

Pengertian pemasaran menurut para ahli diatas menunjukan bahwa pemasaran atau marketing sangat luas dan dinamis. Jadi, seorang marketer harus dapat menemukan pasar yang tepat untuk setiap produk atau jasa yang diciptakannya. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *