fbpx
Pengertian-Pembangunan-Ekonomi-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Definisi Pembangunan Ekonomi

Banyak masyarakat bertanya tentang, “Apa yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi?” Secara umum, pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses ekonomi yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pendapatan perkapita penduduk (masyarakat) di suatu negara dalam jangka panjang yang diikuti dengan perubahan mendasar atau fundamental dalam struktur ekonomi dan pemerataan pendapatan bagi penduduk di negara tersebut (id.wikipedia). Pembangunan ekonomi tersebut akan memberikan dampak perubahan pada masyarakat, baik itu dari sisi teknologi, kelembagaan dan mindset masyarakat.

Secara garis besar pembangunan ekonomi berfungsi sebagai serangkaian proses untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi suatu negara. Dengan pembangunan ekonomi yang baik di suatu negara dapat menghindari kesenjangan sosial penduduknya terutama kesenjangan ekonomi.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli ekonomi telah menjelaskan tentang pengertian pembangunan ekonomi, diantaranya:

1. Irawan (2002: 5)

Irawan mengatakan bahwa pembangunan ekonomi adalah berbagai usaha dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup suatu negara yang diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita.

2. Prof. Meier

Prof. Meier mendefinisikan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga: Tujuan dan Faktor-Faktor Pembangunan Ekonomi

3. Sadono Sukirno (1996)

Sadono Sukirno menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi adalah upaya atau usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil dengan melakukan penanaman modal, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, penggunaan teknologi, penambahan kemampuan berorganisasi, dan meningkatkan standar manajemen.

4. Adam Smith

Adam Smith berpendapat bahwa pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan atau kombinasi antara pertumbuhan penduduk (pendapatan perkapita) dan kemajuan teknologi.

Baca Juga: Komponen dan Indikator Pembangunan Ekonomi

5. Schumpeter (Suryana, 2000: 5)

Schumpeter berpendapat bahwa pembangunan ekonomi adalah perubahan dalam lapangan industri dan perdagangan yang berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional dimana proses tersebut terjadi secara spontan dan tidak terputus-putus.

Demikianlah penjelasan pengertian pembangunan ekonomi menurut para ahli dapat menjadi referensi yang tepat. Dengan memahaminya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *