Pengertian Pemerintah, Fungsi, dan Apa Yang Ingin Dicapai

Pengertian Pemerintah, Fungsi, dan Apa Yang Ingin Dicapai
Photo by Brett Sayles from Pexels

Pengertian pemerintah adalah kumpulan individu atau organisasi yang telah diberi kemampuan untuk memerintah dan yang memiliki kapasitas untuk membuat dan melaksanakan undang-undang atau hukum di wilayah tertentu negara atau dunia.

Pemerintah didefinisikan sebagai suatu lembaga atau badan publik yang ditugasi untuk mewujudkan tujuan suatu negara, dan dalam hal ini lembaga tersebut diberi wewenang untuk melaksanakan kepemimpinan dan koordinasi pembangunan pemerintahan dan masyarakat dari berbagai lembaga, di mana mereka ditempatkan.

Dalam arti luas, istilah “pemerintah” mengacu pada seluruh perangkat negara (termasuk cabang Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif) yang fungsi utamanya adalah menyelenggarakan sistem pemerintahan. Sementara konsep pemerintahan dalam arti terbatas hanya mengacu pada cabang eksekutif, istilah “pemerintah” digunakan untuk merujuk pada keseluruhan struktur administrasi.

Pengertian Istilah “Pemerintah” Secara Umum

Secara umum, istilah “pemerintah” mengacu pada proses atau metode di mana pemerintah menjalankan kekuasaannya di berbagai bidang (seperti ekonomi, politik, dan administrasi) untuk menangani berbagai negara, masalah untuk kepentingan umum orang-orang di negara tertentu.

Jika digunakan dalam arti terbatas, istilah “pemerintah” mengacu pada semua tindakan, fungsi, tanggung jawab, dan kewajiban yang dilakukan oleh badan eksekutif untuk mencapai tujuan negara.

Akan tetapi, pengertian pemerintahan yang lebih komprehensif mencakup segala tindakan yang didasarkan atas kedaulatan dan kemerdekaan, dan yang dilakukan atas dasar negara, rakyat atau penduduk, dan wilayah bangsa untuk mencapai tujuan negara.

Baca Juga: Pengertian Masyarakat Madani

Menurut Para Ahli, Pengertian Pemerintah Adalah

Pandangan para ahli berikut dapat membantu kita untuk lebih memahami apa yang ingin dicapai oleh pemerintah:

A. Suradinata

Pengertian pemerintahan di negara ini, menurut Suradinata, adalah lembaga yang memiliki kewenangan signifikan dalam berbagai bidang termasuk urusan publik, urusan wilayah, dan urusan kekuasaan. Dalam rangka mencapai tujuan nasional

B. Affan

Pengertian pemerintahan menurut Affan adalah kegiatan rakyat/warga negara yang terorganisir dalam wilayah suatu negara yang didirikan atas kedaulatan negara dan bertujuan untuk mencapai tujuan rakyat. /warga di wilayah yang bersangkutan.

C. Wilson

Menurut Wilson (1903:572), pengertian pemerintahan adalah kekuasaan pengorganisasian, yang tidak selalu dikaitkan dengan organisasi angkatan bersenjata, melainkan dua atau sekelompok orang dari berbagai kelompok masyarakat yang diorganisir oleh suatu organisasi untuk mencapai maksud dan tujuannya dengan memperhatikan urusan publik guna mencapai maksud dan tujuannya.

D. Ndraha

Menurut Ndraha, konsep pemerintahan meliputi setiap dan semua aparatur negara atau lembaga negara yang berfungsi sebagai instrumen pencapaian tujuan.

E. Robert Mac Iver

Menurut R. Mac Iver, konsep pemerintahan adalah organisasi individu yang memiliki otoritas, dan cara manusia dapat dikendalikan adalah melalui penggunaan undang-undang.

Baca Juga: Pengertian Komunitas, Jenis, Contoh, dan Manfaat Membentuk Komunitas

Fungsi dan Tugas Pemerintah

Secara umum, pemerintah melakukan empat tugas utama. Sesuai dengan konsep pemerintahan di atas, berikut tugas-tugas pemerintah federal:

1. Fungsi pelayanan

Pelayanan publik umum dan pelayanan sipil, serta pelayanan lain yang disediakan pemerintah, diprioritaskan dalam hal kesetaraan antara warga.

Tentang hubungan internasional dan keadilan; uang; agama; pertahanan; dan keamanan, untuk menyebutkan beberapa fungsi yang ditawarkan oleh pemerintah pusat.

2. Fungsi sistem regulasi

Pemerintah bertanggung jawab untuk menetapkan aturan dan regulasi yang mengatur interaksi manusia dalam masyarakat agar kehidupan menjadi lebih harmonis dan dinamis.

Ini berlaku untuk pemerintah federal dan negara bagian serta pemerintah kota.

3. Pengembangan organisasi

Selain itu, pemerintah berperan sebagai katalis pertumbuhan, baik di tingkat nasional maupun di daerah.

Ketika kita berbicara tentang pembangunan, kita berbicara tentang pertumbuhan infrastruktur, serta perkembangan mental dan spiritual manusia.

4. Fungsi pemberdayaan sumber daya

Fungsi pemberdayaan ini berupaya untuk memajukan otonomi daerah agar setiap daerah mampu mengelola sumber daya seefisien mungkin.

Keterlibatan masyarakat dan sektor swasta dalam kegiatan pembangunan dan pemerintahan harus ditingkatkan oleh pemerintah daerah jika ingin mencapai tujuannya.

Tujuan Pemerintah adalah untuk mencapai sejumlah tujuan.

Merupakan tujuan dasar dari suatu pemerintahan untuk memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat agar setiap anggota masyarakat dapat memperoleh kesenangan. Berikut ini adalah tujuan pemerintah:

  • Melindungi hak asasi manusia, kebebasan, persamaan, perdamaian, dan keadilan bagi seluruh warganya adalah prioritas utama.
  • Memelihara dan menyelenggarakan konstitusi sedemikian rupa sehingga setiap warga negara diperlakukan secara adil.
  • Menjaga perdamaian dan keamanan dalam masyarakat menuntut agar hukum diterapkan secara adil.
  • Melindungi kedaulatan negara dari berbagai kekuatan yang mengancamnya dari dalam dan luar batas negara.
  • Menciptakan dan memelihara sistem moneter untuk memastikan bahwa perdagangan lokal dan internasional dapat terus beroperasi tanpa gangguan.
  • Pemungutan pajak dan penetapan anggaran negara secara hati-hati akan memastikan belanja negara berjalan efektif dan efisien.
  • Buka pintu sebanyak-banyaknya dan ciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.
  • Terus mengembangkan hubungan diplomatik dengan negara lain melalui pembinaan kerjasama di berbagai bidang.

Baca Juga: 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, Makna dan Isinya

Kesimpulan

Pengertian pemerintah yang telah dijelaskan diatas merupakan dasar pemahanan dari terbentukan sebuah negara.

Sumber: maxmanroe.com

1 Shares:
Leave a Reply