Pengertian Penelitian atau Riset dan Manfaatnya

Pengertian Penelitian atau Riset
Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Diakhir-akhir semester perkuliahan, umumnya di semester 8, mahasiswa akan melakukan penelitian (riset) untuk melengkapi bahan skripsinya. Skripsi merupakan syarat utama kelulusan seorang mahasiswa. Ada berbagai macam jenis penelitian yang bisa dilakukan, biasanya penelitian lapangan. Tujuan umum dari penelitian yaitu untuk mencari jawaban atas permasalahan atau fenomena yang sedang diteliti.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan penelitian, riset, atau research? Apa pengertian penelitian atau riset menurut para ahli? Apa saja ciri dan karakteristik suatu penelitian atau riset? Dan, apa saja tujuan-tujuan dari suatu penelitian atau riset? Untuk memahaminya lebih mendalam, mari kita ulas secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Penelitian atau Riset?

Secara umum, yang dimaksud dengan penelitian, riset (research) adalah proses penyelidikan yang bersifat aktif, tekun, dan sistematis, yang tujuannya untuk menemukan, menafsirkan, dan mengkaji fakta. Pandangan lain mengatakan bahwa pengertian penelitian atau riset adalah proses investigasi sistematis yang mempelajari berbagai bahan dan sumber untuk menyusun fakta dan mencapai kesimpulan baru.

Tujuan penelitian adalah untuk mencari atau memperoleh data untuk maksud dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, riset atau penelitian harus dilakukan secara ilmiah berdasarkan sifat keilmuan, yaitu seperti:

  1. Rasional, intinya adalah penelitian harus dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal atau rasional agar akal manusia bisa sampai ke sana.
  2. Empiris, artinya adalah penelitian harus didasarkan pada sumber pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan indera manusia. Dengan cara ini, metode penelitian tersebut juga dapat diamati oleh orang lain.
  3. Sistematis, intinya bahwa penelitian harus dilakukan melalui langkah-langkah tertentu yang logis dan teratur sesuai dengan sistem yang diatur sehingga dapat menjelaskan rangkaian sebab dan akibat suatu objek penelitian.

Baca Juga: Pengertian Database atau Basis Data dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Penelitian atau Riset Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu penelitian maka dapat kita simak pendapat dari berbagai ahli, sebagai berikut:

1. Tyrus Hillway

Definisi penelitian atau riset (research) adalah suatu metode studi yang mendalam dan studi yang cermat terhadap segala bentuk fakta yang dapat dipercaya dari suatu masalah yang diberikan untuk memecahkan masalah tersebut.

2. Sanapiah Faisal

Pengertian penelitian atau riset adalah kegiatan mengkaji suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah yang teratur dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat dipercaya tentang alam dan dunia sosial.

3. Sutrisno Hadi

Pengertian penelitian atau riset adalah upaya untuk menemukan segala sesuatu, untuk mengisi celah atau kekosongan yang ada, gali lagi lebih dalam apa yang sudah ada, memperluas dan mengembangkan, serta membuktikan kebenaran dari apa yang sudah ada, tetapi kebenarannya tetap diragukan.

4. Donald Ary

Definisi riset atau penelitian adalah penerapan pendekatan saintifik pada evaluasi suatu masalah untuk memperoleh informasi yang berguna dan hasil yang akuntabilitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

5. Soerjono Soekanto

Pengertian riset atau penelitian adalah kegiatan keilmuan yang dilaksanakan dari analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis, dan konsisten serta bertujuan untuk mengungkap kebenaran sebagai wujud keinginan manusia untuk mengetahui apa yang dia hadapi.

Ciri dan Karakteristik Penelitian atau Riset

Dalam praktiknya, kegiatan penelitian atau riset memiliki ciri dan karakteristik tersendiri. Berikut ini adalah ciri dan karakter suatu penelitian:

  1. Bersifat ilmiah, artinya penelitian dilakukan sesuai prosedur dan menggunakan bukti yang meyakinkan berupa fakta-fakta yang diperoleh secara obyektif.
  2. Prosesnya terus menerus (berkesinambungan), hasil suatu riset selalu dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu melalui proses yang berkesinambungan.
  3. Memberikan kontribusi, artinya adalah bahwa suatu kajian harus memiliki unsur kontribusi atau nilai tambah bagi ilmu yang sudah ada sebelumnya.
  4. Analisis, penelitian yang dilakukan harus diuji dan dideskripsikan dengan menggunakan metode ilmiah dan terdapat hubungan kausal antar variabel.

Baca Juga: Perbedaan Data dan Informasi

Tujuan Utama Dari Penelitian atau Riset

Pada prinsipnya, tujuan penelitian adalah untuk mencari ilmu yang dapat digunakan oleh manusia dan lingkungannya. Menurut beberapa ahli, terdapat 3 (tiga) tujuan penelitian praktis yaitu:

1. Tujuan Eksploratif

Dalam konteks ini penelitian dengan tujuan eksplorasi adalah untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Misalnya penelitian mengenai manfaat ekstrak kayu manis untuk menyembuhkan penyakit diabetes pada tubuh manusia.

2. Tujuan Verifikatif

Penelitian untuk tujuan verifikasi adalah untuk menguji atau membuktikan kembali kebenaran ilmu yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, menguji manfaat ekstrak belimbing wuluh sebagai anti bakteri.

3. Tujuan Pengembangan

Riset dengan tujuan mengembangkan yaitu untuk menggali lebih dalam atau mengembangkan penelitian atau pengetahuan yang ada. Misalnya, penelitian manfaat ekstrak kulit manggis untuk masalah diabetes yang sudah ada sebelumnya. Contoh riset pengembangan,misalnya untuk mengkaji seberapa efektif pengobatan kulit manggis dalam mengatasi masalah diabetes pada kelompok umur tertentu.

Kesimpulan

Selain sebagai syarat untuk menyelesaikan studi di pendidikan tinggi, riset atau penelitian juga digunakan di dalam bisnis, seperti penelitian pasar, penelitian pengembangan produk (R&D), riset kepuasan pelanggan, riset pengalaman konsumen, dan lainnya. Hasil riset tersebut dapat digunakan untuk kepentingan bisnis dan sosial masyarakat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *