Menu

Pengertian Perdagangan Internasional

Pengertian-Perdagangan-Internasional

Definisi Perdagangan Internasional

Banyak dari praktisi ekonom junior yang ingin mengetahui “Apa pengertian perdagangan internasional (internasional trade)?” sebenarnya di suatu negara. Bagi kamu yang ingin mendalami dan mempelajari ilmu ekonomi secara mendalam, tentunya sudah cukup familiar dengan topik perdagangan internasional ini karena menjadi topik yang cukup sering dibahas.

Dapat didefinisikan bahwa perdagangan Internasional adalah suatu interaksi antar negara dalam bentuk jual-beli (trade) barang maupun jasa atas dasar kesepakatan bersama. Kerjasama internasional dalam bidang perdagangan antar negara bukanlah hal yang baru, kegiatan ekonomi ini telah ada sejak abad pertengahan.

Kerjasama ekonomi antar negara tersebut meliputi 3 bentuk hubungan, diantaranya adalah:

  • Pertukaran hasil (output) bisa berupa hasil bumi atau manufaktur dari sebuah negara dengan negara lain, atau yang dikenal dengan perdagangan internasional.
  • Hubungan internasional dalam bentuk hutang piutang antar negara
  • Pertukaran atau aliran sarana produksi.

Baca Juga: Manfaat Perdagangan Internasional

Tujuan dari perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan Gross Domestic Product (GDP) atau total nilai produksi barang dan jasa suatu negara dalam satu tahun (id.wikipedia). Kegiatan perdagangan internasional akan menimbulkan dampak dapat dirasakan dari segi kepentingan ekonomi, sosial, dan politik untuk membantu mendorong kemajuan industrialisasi, globalisasi, transportasi, dan hadirnya perusahaan-perusahaan multinasional.

Pengertian Perdagangan Internasional Secara Umum

Negara-negara di dunia belum mampu memproduksi semua barang untuk memenuhi kebutuhan sendiri, mereka harus mencari bantuan dari negara lain untuk masalah tersebut. Perdagangan dapat didefinisikan sebagai proses tukar-menukar yang terjadi atas dasar kesepakatan bersama dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Proses inilah yang menjadi kegiatan perdagangan antar negara, atau kita kenal sebagai kegiatan ekspor-impor. Perdagangan antar negara tersebut disebut dengan perdagangan internasional.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Pemasaran

Dapat disimpulkan bahwa pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan atau aktivitas jual-beli yang dilakukan satu negara dengan negara lain, dimana hal ini terjadi karena keterbatasan sumber daya, sumber daya manusia, modal, ataupun skill yang ada di negara tersebut. Kedua pihak tersebut bisa antar individu (perorangan dengan perorangan), antar individu dengan pemerintah suatu negara, atau antar pemerintah dari masing-masing negara.

Dengan demikian perdagangan antar negara memungkinkan terjadinya:

  • Tukar-menukar atau Jual-beli barang dan atau jasa antar negara (international trade).
  • Kerja sama bilateral atau multilateral di bidang ekonomi antar negara di seluruh dunia
  • Pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara yang terlibat di dalamnya.
  • Pergerakan sumber daya melalui batas negara, baik modal, sumber daya alam, dan juga sumber daya manusia (Baca: Manajemen SDM).
  • Pengaruh terhadap perkembangan ekspor dan impor serta Neraca Pembayaran Internasional (NPI) atau Balance of Payment suatu negara.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Makro

Jenis Perdagangan Internasional

Ada beberapa jenis perdagangan internasional, diantaranya:

1. Ekspor dan Impor

Ekspor dan impor adalah bentuk perdagangan internasional yang paling sering dilakukan. Ada 2 cara untuk melakukan ekspor, yaitu ekspor biasa (melalui ketentuan yang berlaku) dan ekspor tanpa L/C (barang boleh dikirim melalui izin departemen perdagangan).

Baca Juga: Manajemen Produksi

2. Barter

Barter atau pertukaran barang dengan barang masih sering dilakukan dalam perdagangan internasional. Jenisnya meliputi direct barter, switch barter, counter purchase dan bay back barter.

3. Konsinyasi

Perdagangan internasional lainya adalah konsinyasi. konsinyasi adalah penjualan dengan pengiriman barang ke luar negeri dimana belum ada pembeli tertentu di luar negeri. Biasanya, penjualan dilakukan melalui pasar bebas atau bursa dagang dengan cara lelang.

4. Package Deal

Package deals adalah jenis perdagangan yang dilakukan melalui perjanjian dagang (trade agreement) dengan negara lain.

Baca Juga: Manajemen Risiko

5. Border Crossing

Perdagangan yang timbul dari dua negara yang saling berdekatan untuk memudahkan penduduknya saling melakukan transaksi. Contohnya perdagangan antara Indonesia dengan Malaysia, atau kerjasama perdagangan Indonesia dengan Australia.

Dengan mengetahui pengertian perdagangan internasional dapat membuka wacana dan menambah wawasan kamu di bidang ilmu ekonomi makro. Semoga bermanfaat.

Pengertian Perdagangan Internasional