Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara dan Solusi Pencegahan

Pengertian Polusi Udara atau Pencemaran Udara dan Solusi Pencegahan
photo by pxhere.com

Suhu di permukaan Bumi kian meningkat, hal ini terjadi karena tingkat pencemaran udara atau polusi udara yang cukup tinggi. Banyaknya kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, perusahaan pembangkit tenaga listrik, menjadi penyumbang terbesar atas tingginya tingkat pencemaran lingkungan kita.

Udara merupakan yang tidak bisa terlepas dari hidup manusia, lalu bagaimana jika udara terkotori karena berbagai macam faktor. Hal ini pastinya akan berdampak pada suhu udara yang menjadi tinggi, udara menjadi kotor, atmosfer menjadi tipis, dan lainnya.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan pencemaran udara (polusi udara)? Apa saja faktor penyebab polusi udara? Apa implikasi dari pencemaran udara? Dan, bagaimana cara menangani pencemaran tersebut? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita bahas satu persatu secara rinci.

Apa Pengertian Polusi Udara?

Pengertian polusi udara atau pencemaran udara adalah keadaan dimana terdapat zat fisik, biologi atau kimia pada lapisan udara (atmosfer) bumi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya. Kondisi pencemaran udara ini dapat merusak semua makhluk hidup di Bumi, terutama manusia. Pencemaran udara dapat menyebabkan kesulitan bernapas bahkan menimbulkan berbagai macam kerusakan alam secara keseluruhan.

Pencemaran udara tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor utama penyebab pencemaran udara. Polusi udara dapat terjadi secara alami, tetapi sebagian besar polusi udara terjadi melalui campur tangan manusia.

Baca Juga: Apa itu Ekosistem? Pengertian, Jenis, Komponen, dan Manfaatnya

Pengertian Pencemaran Uudara Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan secara rinci mengenai pengertian pencemaran udara, untuk lebih memahami berikut ini pendapat dari para ahli:

1. Parker

Pengertian polusi udara adalah perubahan atmosfer sebagai akibat masuknya polutan alam atau buatan manusia ke atmosfer.

2. Corman

Pengertian pencemaran udara adalah keadaan yang didalamnya terdapat kontaminan hadir di atmosfer. Ini untuk membedakan antara polusi udara alami dan polusi udara karena disebabkan oleh manusia.

3. Chambers

Pencemaran udara adalah penambahan sejumlah bahan fisik atau kimiawi atau substrat ke dalam lingkungan udara normal sehingga dapat dideteksi oleh manusia atau dapat dihitung dan diukur, serta dapat berdampak pada manusia, hewan, tumbuhan dan material.

4. Kumar

Polusi udara adalah adanya zat pencemar di atmosfer dalam konsentrasi tertentu yang mengganggu keseimbangan dinamik atmosfer dan berdampak pada manusia dan lingkungan.

5. Wisnu Arya

Pengertian pencemaran udara adalah campuran berbagai jenis gas yang tidak terperangkap sehingga mengganggu kehidupan. Dalam hal ini, udara juga merupakan atmosfer di sekitar bumi yang fungsinya sangat penting bagi makhluk hidup.

Faktor Penyebab Pencemaran Udara

Pencemaran udara yang terjadi di Bumi disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor alam maupun manusia. Sebagian besar pencemaran udara di bumi ini disebabkan oleh faktor manusia. Berikut beberapa penyebab terjadinya polusi udara:

1. Penyebab alami pencemaran udara

Pencemaran udara secara alami dapat terjadi melalui proses-proses sebagai berikut:

  • Asap, gas dan abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi saat meletus
  • Proses penguraian sampah organik yang mengeluarkan bau tak sedap di udara
  • Kebakaran hutan yang terjadi secara alami
  • Debu dan gas beterbangan ke udara akibat angin kencang

2. Penyebab polusi udara karena aktivitas manusia

Polusi udara juga terjadi akibat ulah manusia. Berikut ini adalah beberapa penyebab pencemaran udara dari faktor manusia:

  • Pembangkit listrik, pembangkit listrik tenaga batu bara menghasilkan partikel sulfur dioksida (S02) dan nitrogen oksida (NO2) yang berbahaya bagi makhluk hidup.
  • Bahan radioaktif, percobaan nuklir atau bom atom akan menghasilkan partikel debu radioaktif di udara yang menyebabkan polusi.
  • Asap pabrik, Industri dan pabrik saat ini menghasilkan barang dalam jumlah besar. Proses pembakaran di pabrik mengeluarkan asap beracun yang dilepaskan ke udara.
  • Asap kendaraan bermotor, pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor berkontribusi terhadap sejumlah besar asap beracun di udara. Menurut banyak riset, penyebab terbesar pencemaran udara saat ini adalah emisi kendaraan bermotor.

Baca Juga: Pengertian Ekologi dan Manfaatnya Bagi Makhluk Hidup

Dampak dan Implikasi Dari Pencemaran Udara

Pencemaran udara berdampak buruk pada semua makhluk hidup, terutama manusia. Berikut adalah beberapa akibat dari pencemaran udara:

1. Dampak pencemaran udara terhadap manusia

  • Polusi udara juga dapat menyebabkan orang menjadi stres dan tidak seimbang secara emosional.
  • Pandangan terdistorsi atau terganggu oleh asap
  • Mengakibatkan masalah pada kulit manusia, seperti kulit kusam, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit.
  • Menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti asma, batuk dan lain-lain.
  • Menyebabkan gangguan pernafasan bagi manusia karena oksigen tercemar oleh senyawa berbahaya.

2. Dampak pencemaran udara terhadap lingkungan

  • Menyebabkan pemanasan global (global warming). Polusi udara telah lama menjadi salah satu penyebab pemanasan global.
  • Mengaktifkan hujan asam, dimana hujan asam dapat merusak tanaman.
  • Pencemaran udara juga dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman terganggu. Udara yang tercemar membuat tanaman mudah terserang penyakit seperti klorosis, nekrosis dan bintik hitam.

Penanggulangan Masalah Polusi Udara

Penanggulangan dan pencegahan pencemaran udara dimungkinkan bila orang-orang bekerja sama untuk mengambil tindakan untuk mengatasi pencemaran. Beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah dan mengatasi masalah polusi udara antara lain:

  • Memberikan edukasi kepada masyarakat umum tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Selain itu, perlu dilakukan tindakan nyata yaitu membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan lingkungan.
  • Selalu menggunakan angkutan umum dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk meminimalkan polusi dari kendaraan bermotor.
  • Membuat jalur hijau di perkotaan dengan menanam pohon di tempat-tempat tertentu agar udara yang tercemar dapat diserap oleh proses fotosintesis.
  • Jangan melakukan uji coba nuklir skala besar untuk menghindari polusi udara radioaktif.
  • Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik, industri, dan rumah tangga. Ini mengurangi polutan yang dilepaskan ke atmosfer.
  • Jangan sembarangan membakar dan / atau menebang pohon di hutan. Pohon di hutan merupakan sumber oksigen bagi makhluk hidup di Bumi.
  • Menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti energi matahari dan biogas.

Kesimpulan

Udara dan air merupakan sumber kehidupan manusia di Bumi, maka dengan menjaganya kita dapat hidup. Pencemaran udara merupakan salah satu fenomena yang kita sendiri buat. Sudah saatnya kita beralih ke penggunaan energi alternatif yang jauh lebih ramah lingkungan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *