fbpx
pengertian-poster-dan-penjelasannya

image by pexels/@Jacqueline

Penjelasan Lengkap Tentang Pengertian Poster dan Contohnya

Poster merupakan salah satu media pemasaran suatu produk barang atau jasa yang cukup efektif saat ini. Hampir setiap orang pernah melihat poster baik itu dijalan atau di ruang publik lainnya. Secara umum poster berfungsi sebagai media promosi, iklan, pengumuman, atau pemberitahuan suatu informasi untuk menjangkau target yang lebih luas.

Informasi yang tertera di dalam poster terdiri dari paduan atau campuran gambar, grafis, warna dan tulisan. Isi poster dibuat seminim mungkin agar pesan utama dapat tersampaikan secara efektif dan tetap sasaran.

Pengertian Poster

Secara umum pengertian poster adalah suatu media publikasi yang memadu padankan suatu tulisan, gambar, dan warna dengan tujuan memberikan atau menyampaikan suatu informasi mengenai produk, himbauan, atau lainnya kepada khalayak luas.

Biasanya poster dipasang ditempat yang strategis dan ramai seperti di pasar, sekolah, swalayan, perkantoran, fasilitas kesehatan, arena olahraga, dan lainnya. Isi informasi yang tertera di dalam poster bersifat persuasif, mempengaruhi dan mengajak.

Poster juga salah satu dari bagian/cabang seni grafis 2 (dua) dimensi yang mencampurkan/mengkolaborasikan huruf/angka, gambar, dan warna pada media kertas yang berukuran besar. Yang diletakkan/ditempelkan pada bidang yang permukaannya rata, seperti papan atau dinding.

Bacaan Lain: Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian Reklame

Fungsi – Fungsi Poster

Sama seperti media pemasaran lainnya, poster juga memiliki fungsi-fungsi utama yaitu untuk menyampaikan/menginformasikan sesuatu hal kepada target audiens, pelanggan, atau masyarakat. Melalui poster diharapkan suatu pesan dapat tersampaikan dengan efektif, sehingga target pelanggan atau masyarakat dapat melakukan suatu hal seperti yang diinginkan pembuat poster.

Perbedaan poster dengan media promosi lainnya adalah poster dibuat dengan menggunakan kata-kata yang sedikit tetapi bersifat ajakan dan dipasang pada bidang yang datar besar besar.

Tujuan Poster

Poster bertujuan sebagai bentuk publikasi atau promosi agar terlihat dan dibaca oleh masyarakat dan mereka mau dengan sukarela mengikuti ajakan tersebut. Sedangkan tujuan khusus dari poster adalah ajakan yang bersifat subjektif, tergantung pada apa yang pembuat inginkan. Dapat berupa tujuan komersial, mencari perhatian publik, menarik simpati publik, dan lain sebagainya.

Bacaan Lain: Perhitungan THR Karyawan Kontrak

Jenis – Jenis Poster

Secara umum ada 2 (dua) jenis poster yang sering kita jumpai di tempat umum, diantaranya sebagai berikut:

1. Poster Berdasarkan Isi

Di dalam kategori poster ini, isi informasi yang disampaikan lebih ditonjolkan. Sehingga, isi informasi lebih jelas. Ada beberapa jenis poster berdasarkan isinya:

  • Poster layanan masyarakat
  • Poster Niaga/Komersial
  • Poster Pendidikan
  • Poster Kegiatan

2. Poster Berdasarkan Tujuan

Poster berdasarkan tujuan, isinya lebih menekankan pada pencapaian tujuan si pembuat poster. Contoh dari jenis poster ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Poster kampanye politik atau kegiatan
  • Poster film
  • Poster hiburan
  • Poster buku
  • Poster “dicari” (wanted)
  • Poster propaganda
  • Poster afirmasi

Bacaan Lain: Contoh Surat Penawaran Barang

Syarat Poster Yang Baik dan Benar

Karena poster memiliki ukuran dan cara penyampaiannya dibandingkan media publikasi lainnya, sehingga poster dibuat harus berdasarkan syarat-syarat khusus. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi-fungsi poster. Berikut ini beberapa syarat yang harus terpenuhi dari sebuat poster yang baik dan benar:

  1. Penggunaan tata bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat.
  2. Dibuat dengan susunan kalimat yang jelas, singkat, padat, dan tepat sasaran.
  3. Mengkombinasikan antara gambar, warna, dan tulisan.
  4. Harus dapat menarik perhatian masyarakat luas.
  5. Dicetak atau dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan air, tahan sengatan matahari, dan dari bahan yang kuat sehingga tidak mudah rusak
  6. Menyesuaikan ukuran poster dengan bidang yang digunakan sehingga dapat terlihat oleh target audiens, konsumen, dan masyarakat.

Ciri – Ciri Poster Yang Efektif

Setelah kamu memahami syarat yang harus terpenuhi dalam sebuah poster, selanjutnya adalah memahami ciri-ciri poster yang efektif.

  1. Poster didesain menggunakan kombinasi gambar dan huruf diatas bidang datar yang berukuran relatif besar.
  2. Poster dipasang dengan cara ditempel di bidang datar seperti dinding atau papan di tempat yang ramai.
  3. Didesain dengan pewarnaan yang kontras dan warna yang terang.
  4. Penggunaan bahasa yang jelas, singkat, padat, dan mudah dipahami.
  5. Harus bisa dibaca sambil lalu, dan dapat meninggalkan kesan.

Bacaan Lain: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Yang HRD Incar

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Poster

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan poster agar pesan atau informasi tersampaikan secara maksimal sesuai dengan target pasar kamu. Berikut ini hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Agar dapat menarik perhatian target pasar maka poster dibuat menggunakan gambar yang mencolok supaya membuat orang penasaran.
  2. Pastikan setiap huruf dalam poster terbaca dengan jelas.
  3. Poster dibaca oleh seseorang yang sedang berger, jadi isinya harus sugestif, mudah diingat, dan efektif.
  4. Hindari keinginan untuk mengisi penuh setiap sisi poster dengan tulisan, karena membuat pembaca enggan melihatnya.
  5. Perhatikan estetika keindahan agar dapat menarik perhatian target pasar kamu.

Bacaan Lain: Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Bos Inginkan

Contoh – Contoh Poster

Berikut ini beberapa contoh poster yang sering kita temui di ruang publik.

Contoh Poster HUT RI

Contoh Poster Konser Musik

Contoh Poster Kosmetik

Bacaan Lain: Contoh Surat Referensi Kerja Yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian poster beserta fungsi, tujuan, jenis, dan contohnya secara lengkap, maka akan memudahkan kamu dalam mendesain poster yang menarik dan efektif sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan dapat diterima oleh pembaca dengan baik. Selain itu dengan media poster produk barang/jasa yang kamu promosikan dapat diterima dan digunakan oleh target konsumen kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *