Menu

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Pengertian-Promosi-Menurut-Para-Ahli

Definisi Promosi

Banyak orang yang bertanya “apa pengertian promosi?”. Promosi dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan atau aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh individu atau perusahaan (organisasi) dengan masyarakat luas.

Secara umum tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan atau memberitahu sesuatu barang, jasa, merek, atau perusahaan kepada masyarakat luas dan juga mempengaruhi masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan tersebut.

Baca Juga: Tujuan dan Jenis Promosi

Di dalam pemasaran, aktivitas promosi dilakukan oleh tenaga pemasar yang memberikan informasi sebuah produk atau jasa dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk tersebut. Ada banyak metode dan media promosi yang bisa digunakan, dan bahkan metode promosi bersifat dinamis karena selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Masyarakat sering disuguhkah berbagai macam promosi, mulai dari bentuk media cetak, radio, televisi, baliho, billboard dan internet. Bagi seseorang berminat dengan sebuah iklan, maka orang tersebut akan memperhatikan informasi yang ada di promosi tersebut lebih lama.

Baca Juga: Pengertian Manajemen SDM

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian promosi menurut para ahli:

1. Philip Kotler

Philip Kotler menjelaskan pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

2. Boone & Kurtz

Boone & Kurtz mengatakan bahwa promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

3. Harper Boyd

Harper Boyd menjelaskan bahwa promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

4. Swastha

Swastha mendefinisikan promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

5. Tjiptono

Tjiptono menjelaskan promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Baca Juga: Manajemen Strategi

6. Gitosudarmo

Gitosudarmo berpendapat bahwa promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Penjelasan dari pengertian promosi menurut para ahli diatas dapat kamu gunakan sebagai referensi yang tepat. Dengan memahami definisi promosi secara mendasar akan memudahkan kamu dalam menentukan jenis promosi seperti apa yang cocok untuk bisnis kamu. Semoga bermanfaat.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli