Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

Pengertian-Risiko-Menurut-Para-Ahli

Definisi Risiko

Pengertian risiko atau resiko (risk) dapat didefinisikan sebagai bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang (id.wikipedia).

Setiap aktivitas individu maupun organisasi atau perusahaan pasti mengandung resiko karena mengandung unsur ketidakpastian. Risiko tersebut bisa terjadi karena tidak ada atau kurangnya informasi (Baca: Pengertian Informasi) tentang hal yang akan terjadi, baik itu hal yang menguntungkan atau merugikan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Risiko

Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian risiko menurut para ahli:

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI mendefinisikan risiko adalah segala kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan perusahaan.

2. The Committee of Sponsoring Organizations (COSO, 2004)

COSO mendefinisikan risiko adalah kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi.

Baca Juga: Sumber-Sumber Risiko Bisnis

3. Prof Dr.Ir. Soemarno, M.S

Prof Dr.Ir. Soemarno, M.S mengatakan bahwa risiko sebagai suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.

4. A. Abas Salim

A. Abas Salim mendefinisikan risiko sebagai suatu ketidakpastian (uncertainty) yang mungkin mengakibatkan peristiwa kerugian (loss).

5. Subekti

Subekti mengatakan bahwa risiko adalah kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena suatu kejadian diluar kesalahan salah satu pihak.

6. Hanafi (2006: 1)

Hanafi berpendapat bahwa pengertian resiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Risiko

7. Griffin

Griffin mendefinisikan risiko adalah ketidakpastian tentang peristiwa masa depan atas hasil yang diinginkan atau tidak diinginkan.

8. Arthur Williams & Richard, M.H

Arthur Williams & Richard, M.H berpendapat bahwa risiko merupakan suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu.

Pengertian risiko menurut para ahli diatas dapat menjadi rujukan yang tepat untuk kamu pahami. Dengan demikian pembahasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *