Apa itu Sanitasi? Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Manfaat

Apa itu Sanitasi Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Manfaat
photo by pexels.com/@olly

Sistem pengairan di suatu tempat harus dikelola dengan tepat sesuai dengan standarnya. Kota atau wilayah dengan sistem sanitasi buruk maka akan rentan mengalami air resapan yang kotor, kebanjiran, kesulitan air bersih, resiko munculnya penyakit, dan lain-lain.

Lalu, apa itu sanitasi? Apa pengertian sanitasi? Apa saja ruang lingkup sanitasi? Serta, apa saja tujuan dan manfaat dari penerapan sanitary yang baik? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sanitasi?

Pengertian sanitasi adalah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk menciptakan dan menjamin kondisi lingkungan (terutama lingkungan fisik yaitu air, tanah, dan udara) yang memenuhi syarat kesehatan. Selain itu, ada juga yang menjelaskan bahwa sanitary adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat, khususnya penyediaan air minum yang bersih dan pembuangan limbah yang tepat.

Sanitasi yang baik dapat membantu mencegah penyakit dengan mengendalikan faktor lingkungan fisik yang terkait dengan rantai penularan penyakit. Jadi, sanitary merupakan perilaku manusia yang disengaja untuk menumbuhkan kebiasaan hidup bersih dan sehat agar manusia tidak terkontaminasi langsung dengan bahan kotor dan berbahaya dengan harapan dapat menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan manusia.

Baca Juga: Apa itu Ekosistem? Pengertian, Jenis, Komponen, dan Manfaatnya

Pengertian Sanitasi Menurut Kajian Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan sanitasi, kita dapat mengacu pada pandangan dari berbagai ahli sebagai berikut:

1. Richard Sihite (2000: 4)

Pengertian sanitasi adalah upaya kesehatan preventif yang menitikberatkan pada upaya kesehatan lingkungan manusia.

2. Azrul Azwar, MPH

Yang dimaksud dengan sanitasi adalah cara untuk mengendalikan berbagai faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

3. Edward Scott Hopkins

Pengertian sanitasi adalah cara pengendalian faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Arti sanitasi adalah upaya untuk memajukan dan mewujudkan kehidupan yang baik di bidang kesehatan khususnya kesehatan masyarakat

5. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Pengertian sanitary adalah pengendalian terhadap semua faktor dalam lingkungan fisik manusia yang dapat berdampak buruk bagi kehidupan manusia, baik fisik maupun mental.

Aspek dan Ruang Lingkup Sanitary

Sanitary berkaitan dengan fasilitas dan layanan untuk pembuangan kotoran manusia, pengelolaan limbah padat dan limbah cair. Mengacu pada pengertian sanitasi di atas, maka beberapa hal yang termasuk aspek-aspek dalam bidang sanitasi adalah sebagai berikut:

  • Penyediaan air minum / air bersih (water supply), yang meliputi pemantauan kualitas, kuantitas dan penggunaan air.
  • Pembuangan sampah, yakni meliputi cara membuang sampah, peralatan pembuangan sampah dan cara menggunakannya.
  • Pengolahan makanan dan minuman (sanitary makanan), yaitu meliputi perolehan, penyimpanan, pengolahan, dan penyajian makanan.
  • Pengendalian serangga dan hewan pengerat (insect and rodent control), ini termasuk tindakan untuk mengendalikan serangan dan hewan pengerat.
  • Keselamatan dan kesehatan kerja (K3), Pelaksanaan kegiatan K3 yang meliputi ruang kerja (misalnya dapur), tempat kerja, cara kerja, dan tenaga kerja.

Tujuan Umum Sanitasi

Pada prinsipnya, sanitasi bertujuan untuk menjamin kebersihan lingkungan manusia agar tercipta kondisi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan. Selain itu, sanitary bertujuan untuk memulihkan, memperbaiki, dan memelihara kesehatan manusia.

Dengan terwujudnya kondisi lingkungan yang sehat maka proses produksi akan menjadi lebih baik sehingga produk dihasilkan aman dikonsumsi oleh manusia. Berikut ini adalah contoh tindakan sanitary lingkungan:

  • Membuat dan mengatur saluran penampungan air hujan di jalan.
  • Pembuatan dan pengelolaan saluran pembuangan rumah tangga (dapur dan kamar mandi).
  • Buang sampah di tempat yang telah disediakan.
  • Penyediaan fasilitas MCK umum yang bersih dan terawat.
  • Pengelolaan sampah dan limbah dengan baik, teratur dan berkelanjutan. Misalnya dengan memilah sampah organik, kertas, plastik, kaca dan logam.

Baca Juga: Pengertian Ekologi dan Manfaatnya Bagi Makhluk Hidup

Manfaat Sanitasi Bagi Kesehatan Manusia

Sanitasi memberikan banyak manfaat bagi lingkungan manusia khususnya lingkungan fisik, seperti tanah, air dan udara. Singkatnya, berikut adalah beberapa manfaat sanitary bagi kehidupan manusia:

  • Menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi manusia.
  • Mencegah munculnya penyakit menular.
  • Mencegah atau meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan dan bencana.
  • Mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya polusi udara, seperti bau tak sedap.
  • Menghindari pencemaran lingkungan.
  • Mengurangi persentase orang sakit di suatu area.

Kesimpulan

Dengan kesadaran yang penuh akan pentingnya hidup sehat, sudah saatnya mulai sekarang kita sebagai bangsa yang beradab dapat menerapkan gaya hidup sehat, bersih, dan disiplin. Mulailah dengan hal yang kecil seperti membuat sampah ditempatnya. Stay Positive, Stay Healthy.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *