Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian-Segmentasi-Pasar

Definisi Segmentasi Pasar

Banyak yang bertanya “Apa pengertian segmentasi pasar?”. Segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pembagian kelompok pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan, perilaku dan karakteristik yang berbeda-beda (heterogen) di dalam scope pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar homogen yang dijadikan target pasar dengan strategi marketing mix tersendiri.

Segmentasi pasar merupakan strategi perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengenal minat serta kebutuhan konsumen pada target marketing tertentu dan kemudian menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut.

Maka, pasar yang tadinya hanya satu dan luas (heterogen) terbagi menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen setelah tersegmentasi. Tujuan dari segmentasi pasar adalah untuk membuat proses pemasaran yang lebih terarah sehingga sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan pengertian segmentasi pasar, berikut ini ulasannya:

1. Kotler & Amstrong

Kotler & Amstrong menjelaskan bahwa definis segmentasi pasar adalah pembagian sebuah market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Tujuan Pengelompokan pasar bertujuan untuk membagi pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.

2. Pride & Ferrell (1995)

Pride & Ferrell mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu sistem membagi market ke segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran

3. Swastha & Handoko

Swastha & Handoko mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah aktivitas membagi–bagi market yang memiliki sifat heterogen ke dalam satu-satuan market yang bersifat homogen.

Dengan memahami pengertian segmentasi pasar menurut para ahli dapat menjadi referensi kamu dalam menentukan pasar mana yang tepat untuk produk yang kamu jual. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *