Pengertian Seni Musik, Jenis, Genre Musik

Pengertian Seni Musik
photo by unsplash/wayedoublerway

Tidak bisa dipungkiri bahwa seni musik merupakan seni yang paling banyak digemari dan diminati oleh masyarakat. Selain mudah dimainkan, seni musik juga dapat dimainkan dimana saja, tidak terikat oleh tempat. Lalu, apa itu seni musik? Apa pengertian seni musik? Apa saja unsur-unsur seni musik? Da, apa saja jenis-jenis seni musik? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Pengertian Seni Musik Adalah

Pengertian seni musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung ritme, lagu, dan harmoni, terutama dari suara yang dihasilkan dari alat yang dapat menghasilkan ritme.

Secara bahasa seni musik terdiri dari dua kata, yaitu “seni” dan “musik”. Seni adalah hasil kreativitas manusia, rasa dan niat, yang memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara. Sementara musik adalah hasil dari pengolahan melodi, suara, melodi, vokal, ritme dan tempo.

Baca Juga: Mengenal Musik Tradisional Yang Harus Kita Lestarikan

Fungsi Musik

Setiap seni memiliki fungsinya masing-masing bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah fungsi seni musik yang akan dirasakan oleh manusia.

  • Mengekspresikan emosi, musik berfungsi untuk melampiaskan emosi baik bagi penulis lagu dan pecinta musik.
  • Sebagai sarana hiburan, musik yang dimainkan bersama akan menghasilkan suara yang hidup dan menghibur.
  • Sebagai alat bisnis, industri musik saat ini adalah salah satu industri kreatif paling menguntungkan. Contoh penjualan barang dagangan, tiket konser dan sponsor.
  • Menenangkan jiwa, musik juga digunakan sebagai sarana relaksasi dan menenangkan jiwa.
  • Sebagai sarana komunikasi, misalnya, jika upacara telah dimulai, musik khusus akan berbunyi sebagai tanda bahwa upacara telah dimulai.
  • Menyambut tamu, misalnya menyambut pemain sepak bola yang memasuki lapangan.
  • Meningkatkan kecerdasan, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan.
  • Pengiring tari, musik juga digunakan sebagai iringan tari.
  • Pengiring pertunjukan, drama dan film selalu disertai dengan musik yang disesuaikan dengan suasana adegan.
  • Sebagai sarana pendidikan, musik juga dapat digunakan sebagai sarana memberikan saran yang mendidik anak.
  • Sebagai ciri khas budaya, misalnya, Indonesia memiliki beragam musik tradisional sebagai ciri khas budayanya.

Contoh Seni Musik Orchestra

Dibawah ini adalah contoh bentuk seni musik orchestra yang memainkan banyak instrumen musik.

Unsur-Unsur Musik

Setelah membahas pengertian seni musik di atas, berikut ini adalah unsur-unsur musik yang membentuk lagu.

Melody

Melodi adalah seperangkat frase yang terdiri dari nada-nada dengan urutan teratur, interval dan tinggi dan rendah. Melodi menjadi daya tarik sebuah musik.

Rhythm / Irama

Rhythm adalah pergantian nada panjang atau suara panjang, pendek, tinggi dan rendah, lembut dalam serangkaian musik. Ritme adalah penentu ketukan dalam seni musik.

Birama

Birama adalah elemen seni dalam bentuk ketukan berulang atau ayunan yang secara teratur hadir pada waktu yang sama. Birama yang angka penyebut genap disebut birama bainar, dan birama penyebut ganjil disebut birama ternair.

Harmoni

Harmoni adalah seperangkat nada yang ketika dimainkan bersama akan menghadirkan suara yang enak untuk dinikmati (didengar). Selanjutnya, harmoni dapat dimainkan melalui serangkaian akor yang diatur dalam harmoni dan dimainkan sebagai iringan musik.

Tangga Nada

Tangga nada adalah serangkaian deret nada yang tersusun secara bertingkat, ada 2 jenis tangga nada, yaitu tangga nada diatonis dan pentatonik. Tangga nada diatonis terdiri dari 7 not (nada) dengan 2 jarak (1/2 dan 1), dan tangga nada pentatonik terdiri dari 5 not dengan jarak tertentu.

Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan bar lagu. Semakin cepat lagu diputar, semakin tinggi nilai tempo lagunya. Ada 8 kategori tempo:

  • Largo (sangat lambat)
  • Lento (lambat)
  • Adagio (lambat)
  • Andante (sedang)
  • Moderato (cukup cepat)
  • Allegro (cepat)
  • Vivace (Lebih Cepat)
  • Presto (Sangat cepat).

Baca Juga: Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi

Dinamika

Dinamika adalah tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau tinggi. Dinamika itu penting karena dapat menunjukkan nuansa lagu (sedih, bahagia, bahagia, agresif, datar, dll.).

Timbre

Timber adalah kualitas atau warna suara. Kehadiran timbre sangat dipengaruhi oleh sumber suara dan cara bergetar. Timbre yang dihasilkan dari instrumen musik tiup akan berbeda dari instrumen senar, meskipun dimainkan pada nada yang sama.

Ekspresi

Ekspresi adalah ungkapan perasaan hati dapat ditunjukkan melalui ekspresi, apakah mereka bahagia, sedih, romantis dan lain-lain. Oleh karena itu, penyanyi harus bernyanyi total agar pendengar terhanyut.

Jenis-Jenis Seni Musik

Dalam perkembangannya, seni musik memiliki beberapa jenis (genre). Berikut ini adalah jenis-jenis musik yang dapat kita mainnya, diantaranya yaitu:

  • Musik Pop (Populer), yaitu bentuk modern musik rock and roll. Dibentuk pada tahun 1950. Jenis musik ini adalah genre yang paling populer saat ini.
  • Musik RnB, RnB merupakan singkatan dari ‘rhythm & blues’ adalah genre yang sangat populer yang berasal dari musik Afrika-Amerika di tahun 1940-an. Sebuah band R&B umumnya terdiri dari pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saksofon.
  • Musik Rock, yaitu musik populer yang berasal dari musik rock and roll di Amerika Serikat pada tahun 1950. Musik ini dipengaruhi oleh genre blues, jazz, klasik, dll. Musik rock berfokus pada gitar listrik. Umumnya band rock didominasi oleh pria.
  • Musik Dangdut, yaitu adalah genre musik di tanah air. Bentuk musik ini berfokus pada musik Melayu di tahun 1940-an. Penyanyi paling terkenal dengan ratusan karya lagu adalah raja dangdut Rhoma Irama.
  • Musik Blues, yaitu genre musik yang Berasal dari Afrika-Amerika dan muncul pada abad ke 19. Karakter musik blues adalah 1-line asli yang diulang 4 kali.
  • Musik Country, yaitu genre musik yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920. Ciri khas dari musik country adalah dimainkan menggunakan instrumen dawai (string). Genre musik country ini juga identik dengan koboi. Musik ini enak didengar saat Anda bepergian jarak jauh atau mengawali kegiatan hari Anda. Taylor Swift adalah contoh dari musisi populer dari jenis musik ini.
  • Musik Electronics, yaitu jenis musik yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi elektronik, contoh alat musik adalah gitar listrik, telharmonium dan organ hammond.
  • Musik Hip Hop, yaitu genre musik yang terdiri dari musik berirama dan elegan yang umumnya berisi suara rap dan ritmis. Vokalis pada umumnya membaca lirik lagu sebagai bacaan biasa tetapi dengan irama tertentu.
  • Musik Jazz, yaitu aliran musik dari Afrika-Amerika pada akhir abad ke-19. Musik ini dikenal memiliki variasi melodi. Genre musik jazz sangat dipengaruhi oleh budaya Afrika Barat dan Eropa.
  • Musik Klasik, yaitu genre musik yang berakar pada tradisi musik barat (Eropa) dan telah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik terkenal seperti Johann Sebastian Bach dan Beethoven.
  • Musik Reggae, yaitu genre musik yang berasal dari Jamaika pada akhir 1960-an. Reggae dipengaruhi oleh jazz Amerika dan RnB. Salah satu unsur yang paling dikenal dari musik reggae adalah irama tidak konvensional yang berasal dari gitar atau piano.
  • Dan masih banyak lagi genre musik yang ada dari berbagai negara di dunia.

Baca Juga: Seni Tari Bali

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian seni musik, kita menjadi lebih mengetahui fungsi seni musik secara rinci. Musik merupakan bentuk ekspresi jiwa manusia yang memainkannya. Untuk dapat memainkan musik yang baik, dibutuhkan latihan yang tekun dan gigih, serta didukung oleh bakat yang ada di dalam diri kita.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *