fbpx
Pengertian Seni
image by pexels.com/@burst

Pengertian Seni Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

Ada pepatah klasik mengatakan “hidup ini akan semakin indah dengan adanya seni”. Seni dapat membuat hidup kita lebih berwarna, lebih indah, dan lebih bermakna. Secara umum definisi seni adalah sebuah ekspresi perasaan manusia yang bersifat indah di dalamnya dan dituangkan melalui media yang bersifat nyata, dalam bentuk rupa, gerak, syair, dan nada, dan dapat dirasakan oleh indera manusia.

Secara etimologi seni berasal dari bahasa sansekerta, yaitu “sani” yang bermakna pelayanan, pemujaan, dan persembahan. Jadi, pada masa dahulu seni sering dikaitkan dengan ritual dan upacara keagamaan yang dikenal dengan sebutan “kesenian”.

Definisi lain dari seni adalah semua hal yang diciptakan/dikaryakan oleh manusia yang berisi unsur keindahan yang dapat mempengaruhi perasaan orang yang melihatnya. Seni merupakan hasil ekstraksi dari aktivitas batin seseorang yang dituangkan atau diungkapkan dalam bentuk karya yang dapat mempengaruhi perasaan seseorang.

Bacaan Lain: Arti Literasi Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan seni lebih menyeluruh agar kita dapat memahami dari sudut pandang yang lebih luas.

Plato

Pengertian seni menurut Plato adalah hasil tiruan alam dan segala isinya (ars imitatur naturam)

Aristoteles

Definisi seni menurut Aristoteles adalah suatu bentuk ungkapan dan penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan, dan seni itu meniru alam.

Ki Hajar Dewantara

Pengertian seni adalah hasil keindahan sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang mendengar, melihat, dan menyentuhnya, dan seni sebagai perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi serta menimbulkan rasa indah.

Sudarmaji

Definisi seni adalah manifestasi batin dan pengalaman estetis manusia dengan memakai media bidang, tekstur, warna, volume, gelap terang, dan garis.

Drs. Popo Iskandar

Pengertian seni menurut Drs. Popo Iskandar adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat.

Erik Ariyanto

Seni adalah aktivitas rohani/batin yang direfleksikan dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan perasaan seseorang yang melihat, merasakan, atau mendengarnya.

Thomas Munro

Pengertian seni adalah suatu alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang mendengar atau melihatnya.

Herbert Read

Seni menurut Herbert Read adalah ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dikaitkan dengan perasaan, aktivitas psikologis dan fisik ke dalam sebuah bentuk karya.

Leo Tolstoy

Pengertian seni adalah sebuah ungkapan perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan pada orang lain dengan harapan mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

Hilary Bel

Hilary Bel menjelaskan bahwa arti seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

Alexander Baum Garton

Alexander Baum Garton berpendapat arti seni adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Immanuel Kant

Definisi seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

Ensiklopedia Indonesia

Berdasarkan Ensiklopedia Indonesia definisi seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya maka orang senang untuk mendengar atau melihatnya.

Bacaan Lain: Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Macam-Macam Seni

Setelah memahami pengertian seni menurut para ahli, selanjutnya adalah macam-macam kelompok seni.

Seni Sastra

Seni sastra adalah bentuk seni yang dinikmati melalui indera penglihatan dan pendengaran. Seni sastra adalah rangkaian kata-kata yang disusun dan disampaikan dengan cara yang indah, contohnya puisi, novel, kaligrafi, dan lainnya.

Seni Teater

Seni teater adalah seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan buah pikir senimannya. Hubungan imajinasi tersebut berkaitan dengan perilaku makhluk hidup secara individu ataupun kelompok, contoh seni teater film.

Seni Rupa

Seni rupa adalah sebuah seni yang dapat dinikmati melalui indera penglihatan atau sering dikenal sebagai visual art. Seni rupa berfokus pada karya yang memiliki rupa dan wujud seperti gambar, lukisan, kerajinan tangan, patung, multimedia, dan lainnya.

Seni Musik

Seni musik adalah karya seni yang diapresiasikan dalam bentuk bunyi sebagai unsur utamanya. Di Dalam seni musik terdapat unsur seperti harmonisasi, notasi, dan melodi. Selain dirangkai dari alat-alat musik, suara musik juga berasal dari manusia seperti beatbox atau akapela.

Seni Tari

Seni tari adalah bentuk seni yang dilakukan dengan gerakan tubuh sebagai sebuah keindahan. Seorang pengarah tari atau koreografer dapat menyampaikan sebuah pesan tertentu melalui media seni tari.

Bacaan Lain: Macam-Macam Tari Bali

Fungsi Seni

Secara umum seni berfungsi sebagai bentuk ekspresi seseorang kepada orang lain, benda, dan lingkungannya. Fungsi seni dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu fungsi seni bagi individu dan seni bagi sosial

  1. Fungsi seni bagi individu
    A. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional
    B. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik/psikis
  2. Fungsi seni bagi sosial
    A. Seni sebagai media kepercayaan agama
    B. Seni sebagai media edukasi (pendidikan)
    C. Seni sebagai media hiburan
    D. Seni sebagai media informasi

Kesimpulan

Sebagai manusia yang selalu menyukai keindahan sudah seharusnya kita mendalami dan memahami pengertian seni secara menyeluruh. Dengan seni manusia dapat hidup dengan bahagia. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *