Pengertian Olahraga Sepak Bola

Pengertian Olahraga Sepak Bola 1

Pasti kamu pernah atau sering mendengar olahraga sepak bola atau kamu hobi memainkannya. Namun, banyak masyarakat yang belum mengetahui apa pengertian sepak bola sebenarnya? Secara umum definisi sepak bola adalah sebuah cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang dengan menendang 1 buah bola dengan tujuan untuk memasukan bola ke dalam gawang.

Ada pendapat lain yang menjelaskan pengertian sepak bola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan menendang-nendang bola yang tujuannya untuk mencetak skor dengan memasukan bola ke dalam gawang lawan.

Istilah sepak bola sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu:

  • Sepak artinya adalah menendang dengan kaki.
  • Bola artinya adalah sebuah alat permainan yang berbentuk bulat yang bahannya dari kulit atau karet.

Di inggris sepak bola disebut dengan football, dan di amerika serikat sepak bola dikenal sebagai soccer.

Pengertian Olahraga Sepak Bola Menurut Para Ahli

Berikut ini beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian sepak bola:

1. Soekatamsi (1994: 3)

Soekamtasi menjelaskan bahwa sepak bola adalah sebuah olahraga yang dimainkan secara beregu dan diperlombakan dimana setiap regu terdiri dari 11 orang pemain termasuk goalkeeper (penjaga gawang)

2. Luxbacher (1992: 27)

Luxbacher menjelaskan pengertian sepak bola merupakan suatu olahraga (permainan) yang dipertandingkan oleh 2 tim, dimana setiap tim masing-masing terdiri dari 11 pemain dan dimainkan dengan cara berusaha menjebol gawang lawan dan mempertahankan gawang.

3. Agus Salim

Agus Salim berpendapat bahwa definisi olahraga sepak bola adalah suatu cabang olahraga yang memainkan bola dengan kaki yang bertujuan untuk memasukan bola kedalam gawang lawan sebanyak mungkin dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh asosiasi sepak bola.

4. Remmy Muchtar (1992: 27)

Pengertian sepak bola menurut Remmy Muchtar adalah permainan yang dilakukan dengan cara mengolah gerak tubuh dan bola permainan.

5. Muhajir (2007: 22)

Muhajir mendefinisikan sepak bola sebagai suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dengan tujuan untuk memasukan bola ke dalam gawang lawan dan mempertahankan gawang agar tidak kemasukan bola dari serangan lawan.

Bacaan Lain: Pengertian Olahraga Bola Voli

Sejarah Olahraga Sepak Bola

Tercatat dalam sejarah ternyata sepak bola pertama kali dimainkan di China pada abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi, tepatnya pada masa kekuasaan Dinasti Han. Di masa itu sepak bola dimainkan menggunakan bola kulit dengan menyepaknya ke dalam jaring-jaring kecil oleh masyarakat China saat itu.

Permainan ini juga dikenal di negara lain seperti Roma, Yunani, dan Jepang. Pada masa itu sepak bola dimainkan untuk bersenang-senang.

Olahraga sepak bola modern pertama dimulai di negara Inggris. Awalnya sepak bola dilarang karena dianggap mengandung kekerasan, namun ternyata semakin terkenal keseluruh penjuru dunia.

Pada tahun 1904 terbentuklah “Federation Internationale de Football Association” (FIFA). Organisasi FIFA merupakan badan atau lembaga yang mengendalikan sepak bola internasional yang didirikan di Paris, Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.

Sejak saat itulah sepak bola menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan antar negara-negara untuk memperebutkan World Cup (Piala Dunia). Piala dunia pertama kali diselenggarakan di Uruguay pada tahun 1930 yang dijuarai oleh negara Uruguay.

Peraturan Dalam Olahraga Sepak Bola

Berikut ini beberapa peraturan umum dalam olahraga sepak bola, penjelasannya sebagai berikut:

A. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Olahraga sepak bola dimainkan di lapangan berumput, yang pada bagian sisi lapangan diberikan garis pembatas yang memisahkan bagian luar dan dalam lapangan. Berikut ini ukuran standar lapangan olahraga sepak bola:

  • Panjang lapangan: 100 – 200 meter;
  • Lebar lapangan: 65 – 75 meter;
  • Tinggi gawang: 2.44 meter;
  • Lebar gawang: 7.32 meter;

Di sekitar area gawang terdapat kotak penalti, yang artinya goalkeeper boleh menangkap bola dan area tendangan penalti jika defender melakukan pelanggaran di area tersebut.

Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

B. Jumlah Pemain Dalam Satu Tim Sepak Bola

Di dalam 1 tim sepak bola terdiri dari 11 orang pemain, dimana setiap pemain memiliki posisi yang berbeda-beda, yaitu 1 orang penjaga gawang (goalkeeper), 4 orang pemain bertahan (defender), 2-5 orang pemain tengah (midfielder), dan 1-3 orang penyerang (striker).

Setiap tim yang berlaga dalam pertandingan menunjuk seorang kapten yang memiliki tugas memimpin rekan-rekannya agar bermain sesuai arahan strategi pelatih. Berikut ini penjelasan lengkap tugas setiap posisi pemain sepak bola:

  1. Goalkeeper (Penjaga gawang), pertahanan terakhir yang tugasnya menjaga gawang dari kemasukan bola.
  2. Defender (Pemain bertahan), pemain yang tugasnya menghalau serangan lawan agar tidak memasuki area pertahanan.
  3. Midfielder (Pemain tengah), pemain yang juga disebut playmaker atau gelandang yang tugasnya mengatur permainan tim sesuai strategi.
  4. Winger (Pemain sayap), pemain yang tugasnya mengendalikan permainan pada area kanan dan kiri lapangan.
  5. Striker (Penyerang), pemain yang tugasnya mencetak goal ke gawang tim lawan.

C. Durasi Pertandingan Permainan Sepak Bola

FIFA telah mengatur mengenai durasi permainan dalam pertandingan olahraga sepak bola yaitu 2 x 45 Menit (dua babak waktu normal). Di setiap pertandingan wasit biasanya memberikan tambahan waktu sekitar 1 hingga 5 menit di setiap babaknya.

Namun, untuk pertandingan yang menggunakan sistem gugur, jika dalam 2 babak pertandingan kedua tim tetap imbang maka akan ditambah waktu 2 x 15 lagi. Dan dalam perpanjangan waktu masih imbang maka adu penalti akan dilakukan hingga mendapatkan pemenangnya.

Teknik Dasar Permainan Olahraga Sepak Bola

Setiap pemain sepak bola harus menguasai teknik-teknik dasarnya. Berikut ini beberapa teknik dasar sepak bola yang bisa kamu pelajari:

A. Menendang Bola (Shooting)

Faktor yang paling mendominasi dalam permainan sepak bola adalah teknik menendang bola. Adapun teknik-teknik menendang bola sebagai berikut:

  • Menendang bola dengan punggung kaki (kaki bagian punggung).
  • Menendang bola dengan bagian luar kaki (kaki bagian luar).
  • Menendang bola dengan bagian dalam kaki (kaki bagian dalam).

B. Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola merupakan sebuah upaya yang dilakukan pemain untuk menguasai bola dengan membawa dan mendorong atau menggulirkan bola ke arah tertentu sambil berlari. Berikut ini beberapa teknik menggiring bola:

  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian.
  • Menggiring bola dengan bagian punggung kaki.
  • Menggiring bola dengan bagian kaki dalam.
  • Menggiring bola dengan bagian kaki luar.

C. Menyundul Bola (Heading)

Teknik ini adalah upaya mendorong bola ke arah tertentu dengan menggunakan kepala saat bola berada di udara. Adapun beberapa tekniknya sebagai berikut:

  • Menyundul bola dengan bagian depan kepala (dahi).
  • Menyundul bola dengan bagian atas kepala.
  • Menyundul bola dengan bagian belakang kepala.

D. Menghentikan Bola (Keeping/Stopping)

Upaya seorang pemain sepak bola untuk menghentikan dan menahan laju bola. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Menghentikan bola dengan kedua tangan (khusus untuk penjaga gawang).
  • Menghentikan bola dengan kepala.
  • Menghentikan bola dengan perut atau dada.
  • Menghentikan bola dengan punggung kaki.
  • Menghentikan bola dengan bagian luar kaki.
  • Menghentikan bola dengan bagian dalam kaki.
  • Menghentikan bola dengan telapak kaki.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian olahraga sepak bola, beserta sejarah, peraturan, dan teknik dasar. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *