Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian-Sistem-Informasi-Manajemen-Menurut-Para-Ahli

Definisi Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen dapat diartikan sebagai suatu sistem perencanaan organisasi atau perusahaan yang melibatkan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, teknologi, dokumen, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam mengembangkan bisnis (id.wikipedia).

Secara umum sistem informasi dalam suatu perusahaan bertujuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa data dan informasi kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik.

Management information system digunakan sebagai acuan atau panduan untuk pengambilan keputusan di dalam organisasi atau perusahaan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang fungsi, tujuan, kategori dan manfaat sistem informasi akan dibahas lengkap dalam artikel ini.

Baca Juga: Kategori dan Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah menjelaskan pengertian sistem informasi manajemen, diantaranya adalah:

1. Bodnar dan Hopwood

Bodnar dan Hopwood menjelaskan management information system adalah kumpulan dari perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware) untuk mentransformasikan data ke dalam suatu bentuk informasi yang lebih berguna.

2. James O’Brien

James O’Brien mendefinisikan management information system adalah kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user (manusia), software, hardware, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data, dan juga database yang mengumpulkan, merubah, dan menyebarkan informasi organisasi.

3. Azhar Susanto

Azhar Susanto menjelaskan bahwa manajemen sistem informasi adalah kumpulan (group) dari sub-sistem (komponen) apapun, baik fisik atau non fisik yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi dalam hal pengevaluasian, pengendalian dan perbaikan berkelanjutan.

4. James AF Stoner

James AF Stoner mendefinisikan management information system adalah metode formal yang memberikan pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, dan dapat mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, serta fungsi operasi sebuah organisasi yang lebih efektif.

5. Gordon B. Davis

Gordon B. Davis menjelaskan bahwa management information system adalah suatu sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya manajemen, operasional, dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

6. Raymond McLeod Jr.

Raymond McLeod Jr. mendefinisikan manajemen sistem informasi sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pengguna yang memiliki kebutuhan yang sama. Informasi tersebut menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa depan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen

7. Nash dan Robert

Nash dan Robert menjelaskan management information system sebagai kombinasi dari user, prosedur, media, teknologi, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuannya untuk mendapatkan jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian di internal suatu organisasi atau perusahaan.

8. Joel D. Aron

Joel D. Aron mendefinisikan sistem informasi manajemen sebagai sebuah sistem informasi yang memberikan informasi/ data yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam mengambil keputusan.

9. Danu Wira Pangestu

Danu Wira Pangestu menjelaskan manajemen sistem informasi adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Dengan memahami pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli akan menambah wawasan dan wacana kamu dibidang manajemen. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *