Pengertian Software dan Fungsinya

Pengertian Software dan Fungsinya
photo by unsplash/ffstop

Software merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam perangkat komputer atau smartphone. Perangkat lunak menjadi penggerak sistem komputer. Lalu, apa yang dimaksud dengan software? Apa pengertian software? Apa fungsi dan klasifikasi software? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita bahas secara rinci.

Apa itu Software?

Pengertian software (perangkat lunak) adalah bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak terlihat karena merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer dalam bentuk program yang dapat menjalankan perintah.

Disebutkan juga bahwa pengertian software adalah terdiri dari data yang diprogram, diformat, dan disimpan secara digital, bukan berbentuk fisik, tetapi pengguna dapat mengoperasikannya melalui perangkat komputasi.

Software adalah jembatan koneksi yang menghubungkan pengguna ke perangkat keras sehingga mereka dapat menjalankan perintah tertentu. Jadi tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah mesin yang tidak dapat menjalankan perintah apapun dari pengguna.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Topologi Jaringan Komputer dan Macam-Macamnya

Pengertian Software Menurut Pendapat Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti perangkat lunak, kita dapat merujuk pada pendapat para pakar berikut:

1. Melwin Syafrizal Daulay (2007)

Pengertian software (piranti lunak) adalah perangkat yang berfungsi sebagai pengatur kegiatan kerja komputer dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer dan interaksi antara pengguna dan komputer.

2. Wiwit Siswoutomo

Software adalah nyawa perangkat keras (hardware) atau komputer karena tanpa perangkat lunak komputer hanya perangkat keras yang mati dan tidak dapat digunakan.

3. Roger S. Pressman (2002)

Pengertian software (perangkat lunak) adalah perintah program pada komputer yang, ketika dieksekusi oleh pengguna, akan menyediakan fungsi dan kinerja yang diharapkan pengguna. Dengan kata lain, perangkat lunak (software) berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer agar berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah pengguna.

4. Wilman & Ryan

Definisi software (perangkat lunak) adalah perangkat operasi yang berfungsi untuk menjalankan berbagai komponen pada perangkat keras yang memiliki properti virtual (maya / tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi penggunanya.

5. Imam Prayogo Pujiono

Pengertian software (perangkat lunak) adalah program pada komputer yang dirancang sedemikian rupa sehingga, jika dijalankan, ia akan memberikan perintah kepada komputer / perangkat keras / perangkat lunak lain untuk menyelesaikan tugas, pekerjaan dan juga permintaan tertentu seperti yang diharapkan pengguna

Baca Juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Fungsi Software

Pada prinsip kerjanya, fungsi utama perangkat lunak adalah membuat komputer menjalankan perintah pengguna. Mengacu pada definisi perangkat lunak yang dijelaskan di atas, berikut ini beberapa fungsi perangkat lunak, diantaranya sebagai berikut:

  • Menyediakan fungsi-fungsi dasar komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya, ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung di komputer.
  • Mengelola perangkat keras (hardware) apapun di komputer agar dapat bekerja secara bersamaan (simultan).
  • Menjadi tautan atau penghubung antara beberapa perangkat lunak dengan perangkat keras lainnya di komputer.
  • Software juga berfungsi sebagai penerjemah dari perintah perangkat lunak lain ke dalam bahasa mesin, sehingga perangkat keras dapat memahaminya.
  • Perangkat lunak juga dapat mengidentifikasi program yang ada di komputer.

Dari penjelasan beberapa fungsi perangkat lunak, tidak salah jika perangkat lunak atau software disematkan sebagai nyawa dari komputer. Namun, komputer hanya dapat berfungsi jika memiliki hardware dan software di dalamnya.

Klasifikasi Perangkat Lunak (Software)

Meskipun fungsi utama software adalah untuk menjadi penghubung antara perangkat keras dan pengguna, penggunaan software dibagi menjadi beberapa jenis. berikut ini klasifikasi perangkat lunak (software) yaitu sebagai berikut:

1. Software (Perangkat Lunak) Berdasarkan Jenis

  • Sistem operasi (operating system), perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Beberapa contoh sistem operasi adalah Windows, mac OS, Android OS, Linux, Chrome OS, UNIX, FreeBSD, DOS.
  • Bahasa pemrograman (programming language), yang merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai instruksi standar yang melibatkan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman adalah Ruby, Python, Swift, PHP, Java, Go, C, Microsoft Visual Basic, dan lain-lain.
  • Program aplikasi (application program), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya perangkat lunak (software) presentasi, software (perangkat lunak) akuntansi, dll. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, Open Office, dan lainnya.

2. Software (Perangkat lunak) Berdasarkan Distribusi

  • Perangkat lunak bebas (freeware), yaitu perangkat lunak yang dapat dimiliki dan digunakan secara gratis tanpa batas waktu tertentu. Jenis perangkat lunak ini umumnya memiliki fitur yang tidak lengkap dan suboptimal.
  • Adware, yaitu perangkat lunak yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tetapi dengan kompensasi untuk iklan yang muncul di komputer pengguna.
  • Spyware, yaitu software yang dibuat khusus untuk memata-matai semua aktivitas pengguna komputer. Jenis perangkat lunak ini umumnya disalahgunakan oleh user, misalnya untuk mencuri data dari komputer lain.
  • Open source, yaitu perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah, diperbaiki, dan disebarluaskan. Jenis perangkat lunak ini umumnya tersedia secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain di bawah lisensi GPL (General Public License).
  • Shareware, yang merupakan perangkat lunak untuk keperluan tertentu yang didistribusikan secara gratis, umumnya sebagai demo dengan fungsi terbatas dan digunakan untuk waktu yang terbatas (misalnya, 30 hari).

Baca Juga: Komponen Komputer dan Pengertian Komputer

Contoh Perangkat Lunak (Software)

Ada banyak contoh perangkat lunak yang digunakan oleh pemilik komputer untuk kegiatan sehari-hari mereka, baik piranti lunak gratis (free software) maupun berbayar (paid). Berikut ini beberapa contoh perangkat lunak (software) yaitu sebagai berikut:

  • Microsoft Windows, yaitu merupakan sistem operasi komputer baris perintah atau CLI (Command Line).
  • Microsoft Office Word, yakni merupakan piranti lunak (software) yang berfungsi untuk membuat dan mengedit dokumen.
  • Microsoft Office PowerPoint, yang merupakan perangkat lunak (software) untuk membuat presentasi, video, dan lainnya.
  • Google Chrome, yang merupakan perangkat lunak yang berfungsi seperti browser internet.
  • Adobe Photoshop, yang merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
  • VLC Media Player, yang merupakan perangkat lunak pemutar video.
  • FastStone Image Viewer, yang merupakan perangkat lunak untuk membuka dan mengedit file gambar di komputer.
  • Adobe Premiere, yaitu software yang digunakan untuk mengolah, mengedit, dan mempublish video.
  • Spotify, yakni piranti lunak untuk memutar audio secara online dan offline.
  • Teamlink, yaitu software untuk melakukan teleconference secara daring (online).
  • Slack, yaitu software colaborative untuk memudahkan pekerjaan dalam satu tim.
  • WordPress, yaitu jenis software atau CMS (content management system) untuk mengelola website secara profesional.
  • Numi, software calculator berbasis mac OS.
  • Zoom, software teleconference dan meeting secara online.
  • Skype, software chat dan video call.
  • Dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa Arti Spam, Tujuan, Contoh dan Dampaknya Bagi Penerima?

Kesimpulan

Pada pemaparan pengertian software, jenis, dan fungsinya diatas maka setiap perangkat komputer dan smartphone hanya dapat berfungsi jika ada software di dalamnya. Software ini memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi penggunanya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *