Pengertian SOP Atau Standar Operasional Prosedur

Pengertian SOP
image by freepik.com

Definisi SOP Secara Umum

Pengertian SOP atau Standard Operating Procedure adalah sebagai suatu dokumen yang memuat prosedur kerja yang seorang pekerja/karyawan harus dilakukan secara sistematis dan kronologis dalam menyelesaikan suatu tugas, proyek, atau pekerjaan tertentu agar memperoleh hasil secara efektif.

Penggunaan standar operasional prosedur sering ditemukan pada bisnis yang bergerak pada sektor industri. SOP digunakan sebagai acuan atau pedoman dalam bekerja dan berfungsi sebagai alat penilaian kinerja karyawan.

Tujuan dari SOP adalah agar setiap pekerjaan di dalam perusahaan dapat dilakukan dengan sistematis, tertib, serta rapih dari awal hingga akhir pekerjaaan. Dengan SOP yang baik diharapkan akan menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas dan bernilai jual yang tinggi.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Yang Baik dan Benar

Pengertian SOP Menurut Para Ahli

Setelah kamu mengetahui definisi SOP secara umum, untuk memahaminya lebih dalam dan menyeluruh ada baiknya kamu juga mengetahui pendapat para ahli mengenai pengertian SOP.

Moekijat

Moekijat menjelaskan definisikan SOP adalah urutan langkah-langkah atau tata cara pekerjaan, dimana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana cara melakukannya, bilamana melakukannya, dimana melakukannya, serta siapa yang melakukannya.

Sailendra

Sailendra mengatakan bahwa pengertian standar operasional prosedur (SOP) adalah suatu panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional perusahaan atau organisasi berjalan lancar.

Istiadi Insani

Istiadi Insani menjelaskan definisi SOP adalah dokumen yang memuat serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan tentang proses-proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang memuat cara melakukan pekerjaan, tempat penyelenggaraan, waktu pelaksanaan, serta aktor yang berperan dalam kegiatan.

Tjipto Atmoko

Tjipto Atmoko menjelaskan definisi SOP atau standar operasional prosedur adalah suatu acuan atau pedoman untuk melakukan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah dan nonpemerintah, usaha dan non usaha, administratif, indikator teknis, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Fungsi – Fungsi SOP

Berikut ini beberapa fungsi SOP perusahaan.

  • Memudahkan karyawan/pegawai mengetahui pekerjaannya.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyalahgunaan dan penyimpangan.
  • Berfungsi memberikan arahan mengenai hambatan yang akan dialami karyawan.
  • Memberikan pengetahuan mengenai kedisiplinan dalam bekerja.
  • Sebagai pedoman dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Baca Juga: Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Tujuan Standar Operasional Prosedur (SOP)

Tujuan utama SOP adalah untuk menjabarkan secara detail dan lengkap mengenai kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Selain tujuan tersebut, ada beberapa tujuan lain yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan, seperti:

  • Menjadi pedoman dan acuan kerja.
  • Sebagai alat yang menjaga konsistensi kinerja.
  • Meminimalisir konflik, keraguan, duplikasi, pemborosan, dan kesalahan dalam pelaksanaan.
  • Sebagai alat ukur penilaian mutu kerja.
  • Menjadi alat jaminan penggunaan sumber daya secara efisien dan efektif.
  • Menjelaskan wewenang, tanggungjawab, alur kerja dan urutan tugas.

Demikian penjelasan pengertian sop, fungsi, dan tujuannya. semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *