Pengertian Tindakan Ekonomi, Jenis, Tujuan dan contoh

Pengertian Tindakan ekonomi, Jenis, Tujuan dan contoh
Photo by Caio from Pexels

Pengertian tindakan ekonomi adalah tindakan semua manusia pasti lakukan. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia untuk mencapai kesejahteraan dalam kehidupan. Dengan cara ini manusia akan bertahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tindakan ekonomi ini umum bagi semua manusia.

Seseorang cenderung memilih toko yang lebih murah dibandingkan yang lainnya, Karena selain murah, kualitasnya juga bagus. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan dan membandingkan harga dan kualitas jika memutuskan akan membeli suatu barang atau sesuatu.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Berikut ini adalah jenis-jenis tindakan ekonomi yang sering kita lakukan, diantaranya:

  • Tindakan ekonomi rasional

Tindakan ini merupakan tindakan yang didasarkan pada lebih menguntungkan. Maka, tindakan ekonomi rasional biasanya memperoleh kepuasan yang maksimal. Tindakan rasional juga sangat penting untuk bisnis Anda. Misalnya, seperti ketika Anda memiliki bisnis, Anda perlu mengetahui produk atau harga apa yang akan menguntungkan bisnis Anda sekarang atau di masa depan. Oleh karena itu, tindakan rasional ini penting untuk diterapkan pada saat menjalankan usaha.

Disamping itu, tindakan rasional tidak hanya untuk perusahaan. Tapi itu juga sangat bermanfaat bagi orang-orang. Anda bisa mengaplikasikannya saat ingin membeli sesuatu seperti baju. Anda perlu memastikan sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan teknologi saat ini anda bisa membeli di rumah, belanja online, anda lebih mudah membedakan mana harga yang lebih murah dan mana yang berkualitas baik.

Rekomendasi Editor

  • Apa itu Kebijakan Moneter? Pengertian, Jenis, Instrumen, Tujuan, dan Contoh
  • Apa itu PDCA? Pengertian, Konsep, Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya
  • Apa itu Administrasi Keuangan? dan, Apa Fungsinya Dalam Perusahaan?
  • Apa itu Neraca? Pengertian, Unsur, Contoh, dan Manfaat
  • Apa itu Standar ISO? Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenis ISO
  • Tindakan ekonomi irasional

Tindakan ekonomi irasional adalah tindakan yang dilakukan oleh semua manusia yang yakin akan menguntungkan, tetapi hasil akhirnya cenderung merugikan. Seseorang yang bertindak tidak rasional tidak memperhitungkan faktor, biaya, waktu dan tenaga yang akan dikorbankan.

Bagi sebagian manusia, ada yang melakukan tindakan irasional tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Hal-hal seperti itu biasanya merugikan mereka. Jadi, pertama-tama Anda perlu mengkonfirmasi sesuatu yang ingin Anda beli. Karena dengan adanya kelalaian setiap orang bisa melukai dirinya sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan sesuatu apa yang kita inginkan dengan apa yang kita butuhkan.

Tujuan Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Untuk dapat membedakan antara apa yang menguntungkan dan apa yang merugikan
  • Agar dapat membedakan kualitas dan harga dari suatu barang dan jasa
  • Untuk membedakan barang atau jasa yang diperlukan dan tidak dibutuhkan
  • Mampu memprioritaskan kebutuhan hidup secara baik

Tujuan tersebut membuat masyarakat lebih berhati-hati dan harus mempertimbangkannya sebelum melakukan. Karena jika bertindak tanpa dipikir, akan merugikan diri sendiri bahkan orang lain.

Contoh-Contoh Tindakan Ekonomi

Berikut contoh tindakan ekonomi:

Ketika kita membeli bahan makanan pokok seperti beras di toko pasti kita bandingkan harganya dengan warung lain yang harganya lebih murah dan kualitasnya lebih bagus. Dan setelah mengetahui bahwa toko sebelah lebih murah dan berkualitas baik, maka pasti lebih suka berbelanja di toko sebelah.

Contoh tindakan ekonomi yang rasional

Saat ini banyak yang menjual pakaian dengan persaingan yang ketat dan harga yang lebih murah. Dengan ini, Anda dapat memilih dari yang lebih bagus dan lebih murah daripada yang lain. Bahkan sekarang Anda bisa membeli secara online, yang lebih praktis dan mudah dibandingkan.

Contoh tindakan ekonomi yang irasional

Seorang ibu yang ingin membeli mainan anaknya di toko mainan dan setelah melihat harga mainannya, ibu ini mengira mainan ini murah dan langsung membelinya, padahal ibu ini belum mencobanya untuk memeriksa ke toko sebelah, yang sebenarnya lebih murah.

Berbagai Macam Jenis Motif Ekonomi dan Contohnya

Ada beberapa jenis motif ekonomi, diantaranya:

  • Alasan memenuhi kebutuhan

Alasan memenuhi kebutuhan merupakan tindakan manusia yang didorong oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup, setiap orang mempunyai kebutuhan, baik berupa barang maupun jasa yang harus dipenuhi. Biasanya, kebutuhan ini tidak terbatas, sedangkan sarana untuk memenuhinya terbatas.

Oleh karena itu, setiap orang harus berhati-hati dan dewasa agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Kecenderungan perilaku manusia adalah selalu mencapai kesejahteraan untuk hidupnya. Kemakmuran dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana manusia dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya.

Contohnya seperti, seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari.

  • Alasan untuk mendapatkan keuntungan

Alasan mendapatkan keuntungan adalah semua faktor yang mendorong orang untuk mengambil tindakan ekonomi untuk mendapatkan keuntungan. Seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya dimotivasi oleh motif atau harapan akan keuntungan.

Motif atau alasan ini merupakan dorongan yang muncul dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan tambahan, baik berupa uang maupun barang. Dengan menghasilkan keuntungan, diharapkan kekayaan seseorang dapat meningkat dan dapat mempertahankan hidupnya dengan lebih baik.

Misalnya seperti, seorang pedagang buah menjual buah berkualitas baik dengan harga yang lebih murah dan melayani pembeli dengan sangat baik. Banyak orang membeli karena banyak keuntungan.

  • Alasan pencapaian kekuatan ekonomi

Alasan untuk mencapai kekuatan ekonomi adalah keinginan masyarakat yang sudah sejahtera, namun tetap mengambil langkah-langkah ekonomi karena keinginan untuk memperoleh kekuasaan dalam berbagai kegiatan usaha perekonomian.

Contohnya seperti, di suatu kecamatan ada pemilihan kepala desa baru. Pak Sandi adalah salah satu calon kepala desa yang telah berinvestasi untuk memperbaiki jalan rusak di desanya, memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat di desanya dengan harapan dalam pemilihan kepala desa ia akan menerima dukungan dari lingkungan sekitar.

  • Alasan untuk mendapatkan pengakuan

Alasan untuk mendapatkan pengakuan merupakan tindakan manusia yang mengarah pada mendapatkan pengakuan. Pengakuan dari orang lain akan memberikan kepuasan kepada para pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan tersebut bukan hanya sebagai pemenuhan atau sertifikat, tetapi juga keinginan untuk status sosial yang lebih tinggi dalam masyarakat.

Misalnya seperti, ada seorang manajer atau pengusaha yang tetap menjalankan kegiatan ekonomi dengan banyak pekerjaan meskipun sudah mencapai keuntungan dan kesejahteraan. Ini dilakukan agar dianggap sebagai manajer yang handal dan dihormati. Keberhasilan ini sering kali menghasilkan penghargaan pemerintah dan bisnis. Misalnya, manajer diberi peringkat dalam versi Manajer Utama majalah ekonomi dan perusahaan yang dikelolanya mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

  • Alasan pengaruh sosial

Alasan pengaruh sosial merupakan segala sesuatu yang mendorong orang untuk melakukan tindakan ekonomi karena alasan ingin membantu orang lain. Manusia adalah makhluk ekonomi dan juga makhluk sosial. Selain untuk meraih kepentingan sendiri, manusia juga harus memperhatikan sesama. Motif sosial menjadi dorongan sehingga tindakan ekonomi yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi masyarakat.

Contohnya seperti, seseorang sudah sukses dalam usahanya dan kemudian membangun yayasan panti asuhan yatim piatu atau panti jompo.

Kesimpulan

Demikianlah pemaparan lengkap mengenai pengertian tindakan ekonomi. Dengan memahaminya kita dapat mengetahui lebih dalam mengapa manusia bertindak untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

1 Shares:
Leave a Reply