Pengertian VPN dan Aplikasi VPN Terbaik

Apa Pengertian VPN Bagaimana Cara Kerjanya dan Aplikasi VPN Gratis
Photo by Gem Fortune from Pexels

VPN atau virtual private network adalah layanan teknologi jaringan komunikasi yang memungkinkan pengguna mengakses web secara rahasia, aman, dengan menyembunyikan aktivitasnya di dunia maya. Virtual private network (VPN) umumnya digunakan oleh user untuk mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah. Ada banyak fasilitas vpn yang bisa kamu gunakan, baik secara gratis maupun yang berbayar. Tentunya keduanya memiliki perbedaan.

Lalu, apa pengertian VPN sebenarnya? Apa saja fungsi VPN? Apa saja manfaat VPN bagi para penggunanya? Bagaimana cara kerja VPN? Dan, apa saja kelebihan dan kelemahan menggunakan VPN bagi pengguna pribadi dan korporat? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Apa yang dimaksud dengan VPN?

Pengertian VPN adalah teknologi komunikasi jaringan yang menciptakan koneksi jaringan yang aman melalui jaringan publik seperti Internet atau jaringan pribadi (private) yang dimiliki oleh penyedia layanan. Artinya, VPN adalah koneksi antara satu jaringan dengan lainnya secara private (pribadi) melalui jaringan publik (internet).

Jika ditelaah dari setiap kata yang terdapat dari VPN, maka pengertian VPN adalah sebagai berikut:

  1. Virtual, artinya hal-hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya / internet.
  2. Private, artinya apapun yang bersifat pribadi tidak dapat diakses oleh semua orang. Untuk menjaga kerahasiaannya dari jaringan publik, semua data akan dienkripsi.
  3. Network, yaitu jaringan koneksi yang terhubung.

Dengan demikian, dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa VPN adalah suatu hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada suatu jaringan tertentu tanpa koneksi nyata yang telah terenkripsi.

Saat ini ada banyak sekali perusahaan penyedia layanan VPN yang bisa digunakan dengan harga terjangkau. Jika kamu menggunakan VPN, data pribadi dan aktivitas online kamu akan dienkripsi dengan aman sehingga tidak dapat dilacak, dicuri, dan disalahgunakan oleh pihak lain.

Apa Saja Fungsi VPN?

Menggunakan VPN adalah cara aman untuk mengakses jaringan area lokal (LAN) yang berada dalam jangkauan tertentu, menggunakan koneksi Internet atau jaringan lain untuk mengirimkan data secara pribadi.

Dengan VPN, kamu dapat mencegah penyusup saat kami mengirimkan data yang dapat memasuki lalu lintas di jaringan kapan saja. Mengacu pada pengertian VPN di atas, beberapa fungsi VPN adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kerahasiaan data (confidentiality)

    VPN dapat menjaga kebocoran data dan informasi milik penggunanya dengan cara mengenkripsi jaring internet pengguna atau tidak dapat digunakan oleh sembarangan orang.

    Saat ini penggunaan jaringan publik cukup berbahaya terutama bagi perusahaan besar misalnya perusahaan konsultan atau asuransi yang rentan terhadap informasi penting kliennya. Jadi dengan menggunakan VPN kamu dapat mengamankan masuk dan keluar data menggunakan metode enkripsi.
  2. Menjaga keutuhan data (data integrity)

    Selain menjaga kerahasian data, VPN juga berguna untuk menjaga keutuhan data dari orang yang tidak bertanggung jawab. Software atau aplikasi VPN akan memastikan bahwa proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima sesuai dengan permintaan pengguna tanpa sedikitpun perubahan atau manipulasi data yang dikirim.
  3. Otentikasi sumber (origin authentication)

    Sistem VPN mampu mengidentifikasi sumber data yang akan diterima. VPN mengamankan dan memeriksa data yang masuk dari sumbernya. Jika proses otentikasi berhasil, informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini, VPN berguna untuk memindai sumber data yang tidak dapat dipercaya untuk mencegah pengiriman file virus atau malware.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Prinsip cara kerja VPN adalah dengan membuat jaringan di dalam jaringan (sering disebut tunnel). Tunneling bertujuan untuk membuat rute koneksi privat menggunakan infrastruktur jaringan lain. Biasanya, saat kita mengakses suatu website di Internet, kita terkoneksi dengan sebuah ISP (Internet Service Provider). Semua permintaan trafik data dari website yang kamu akses akan melalui server ISP dan dapat dilihat oleh ISP.

Berbeda halnya dengan perangkat yang menggunakan VPN saat mengakses Internet. VPN mengenkripsi data sehingga hanya pengguna server VPN yang dapat mengetahui lalu lintas data pengguna dan situs-situs yang dibuka oleh pengguna. Jadi, cara kerja VPN yaitu dengan mengenkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik di tempat umum membacanya. Artinya, terhubung ke Internet melalui VPN seperti mengakses Internet melalui terowongan khusus, bukan menggunakan jaringan utama.

Server VPN bekerja dengan meneruskan koneksi ke situs tertentu yang ingin kamu akses. Oleh karena itu, koneksi yang kamu buat akan dikenali sebagai koneksi jaringan server VPN, bukan sebagai jaringan yang digunakan saat itu.

Melihat dari cara kerja VPN tersebut, dapat dipahami bahwa:

  • ISP tidak dapat mengetahui aktivitas pengguna VPN di Internet.
  • Alamat IP yang ditampilkan adalah IP server VPN.
  • Menggunakan hotspot WiFi publik lebih aman karena datanya dienkripsi.
  • Penyedia VPN dapat melihat aktivitas pengguna VPN di Internet.

Apa Saja Aplikasi VPN Terbaik?

Ada banyak penyedia layanan VPN yang bisa kamu gunakan dari laptop atau smartphone kamu, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut ini adalah beberapa aplikasi VPN terbaik:

  1. ExpressVPN.com
  2. CyberGhost.com
  3. Sufrshark.com
  4. Privateinternetaccess.com
  5. NordVPN.com
  6. PrivateVPN.com
  7. Hidemyass.com
  8. Ivacy.com
  9. PureVPN.com
  10. TunnelBear.com
  11. VyprVPN.com
  12. TorGuard.net

Apa Manfaat VPN Bagi Pengguna?

Setelah memahami pengertian VPN dan cara kerjanya, tentunya kamu juga tahu apa saja manfaatnya. Dengan VPN, semua transmisi data yang terjadi antara komputer atau perangkat pribadi akan dienkripsi sehingga aman dari pencurian data yang tidak diinginkan. Maka, secara umum benefit menggunakan VPN adalah sebagai berikut:

  1. Privasi (Privacy)

    Dengan fitur yang dapat menyembunyikan aktivitas ISP saat browsing internet sehingga privasi pengguna terjamin. Selain itu, pengguna VPN dapat menyembunyikan alamat IP-nya sehingga saat browsing di dunia maya pihak lain tidak mengetahui lokasi geografis pengguna tersebut.
  2. ByPass

    Dengan VPN, kamu dapat menghindari pembatasan geografis pada situs tertentu yang diblokir oleh pemerintah. Misalnya situs yang dianggap berbahaya atau ilegal, seperti situs streaming dan video.
  3. Remote Access (Akses Jarak Jauh)

    Dengan VPN, kita dapat mengakses jaringan komputer di kantor atau di mana saja melalui internet.
  4. Keamanan Data Terjamin

    VPN juga menjaga keamanan jaringan internet sebuah perangkat seperti komputer, laptop, dan smartphone dari serangan peretas. Apalagi jika menggunakan WiFi umum, misalnya di cafe, bar, restoran, dan tempat umum lain yang menyediakan layanan internet gratis.
  5. Penghematan Biaya

    VPN dapat membantu kita menghemat biaya pengaturan jaringan. Menggunakan VPN di jaringan lokal yang besar bisa dilakukan dengan biaya rendah karena menggunakan jaringan internet yang sudah ada tanpa harus membuat jaringan sendiri.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan VPN?

Seperti menggunakan program lainnya, tentunya VPN juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menggunakannya.

1. Kelebihan dan Kekurangan VPN Bagi Pengguna

Secara umum berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan VPN, diantaranya:

2. Kelebihan dan Kekurangan VPN Untuk Keperluan Bisnis

Selain itu penggunaan VPN di lingkungan perusahaan juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya seperti:

Kelebihan VPN bagi pengguna perusahaan:

  • Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus dan aman, VPN merupakan solusi hemat yang berbiaya murah.
  • Dengan VPN, mobilitas perusahaan akan lebih baik ketika pekerja dapat terhubung ke jaringan kantor menggunakan perangkat pribadi di rumah.
  • Fitur keamanan VPN dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kekurangan VPN bagi pengguna perusahaan:

  • Ketika akses diberikan kepada karyawan secara global, faktor keamanan menjadi risiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses.
  • Perhatian tambahan perlu diberikan untuk membangun sistem keamanan VPN, terutama pada infrastruktur dan teknologi yang akan diterapkan.

Kesimpulan

Di zaman yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, tentunya keamanan dan kerahasiaan data pengguna sudah menjadi prioritas. Dengan menggunakan VPN bisa menjadi solusi yang tepat untuk menjaga kerahasiaan pengguna terutama pada sektor bisnis.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *