Pengertian Westernisasi, Karakteristik, Pola, Dampak, dan Contoh

Pengertian Westernisasi, Karakteristik, Pola, Dampak, dan Contoh
image by pexels/pixabay

Ada beberapa pakar sosial (sosiologi) yang menyatakan bahwa globalisasi merupakan bentuk dari westernisasi. Keduanya sering disandingkan untuk menggambarkan sebuah kampanye masyarakat modern yang digaungkan oleh orang-orang barat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya produk dan budaya yang diserap oleh masyarakat timur.

Secara umum, pengertian westernisasi adalah proses di mana masyarakat di negara-negara Timur mengadopsi budaya masyarakat Barat dalam berbagai bidang seperti industri, teknologi, ekonomi, hukum, politik, gaya hidup, gaya bahasa, alfabet, mode pakaian, agama, filosofi dan nilai-nilai. Pandangan lain mengatakan bahwa definisi westernisasi adalah sikap dan tindakan masyarakat di negara Timur yang cenderung meniru tingkah laku dan kebiasaan masyarakat negara Barat. Misalnya gaya berpakaian, tingkah laku dan kebiasaan sehari-hari orang Barat.

Westernisasi yang terjadi di Indonesia dapat menyebabkan kita kehilangan rasa nasionalisme serta jati diri bangsa. Disamping itu, westernisasi juga dapat menyebabkan budaya asli Indonesia tergerus dan dilupakan oleh generasi muda karena mereka percaya bahwa budaya Barat lebih baik.

Pengertian Westernisasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang di maksud dengan Westernisasi, kita dapat merujuk pada pandangan dari para ahli berikut ini:

1. Samuel P. Huntington

Pengertian Westernisasi adalah proses masyarakat yang itu mengikuti semua bentuk gaya hidup Barat.

2. Koentjaraningrat

Definisi Westernisasi adalah proses meniru gaya hidup masyarakat Barat secara berlebihan dalam bentuk gaya hidup, gaya sosial, kebiasaan, dan sebagainya. Westernisasi tidak tepat diterapkan di Indonesia karena masyarakat masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Timur.

3. Soerjono Soekanto

Pengertian Westernisasi adalah proses vital yang mengedepankan industrialisasi dan juga sistem ekonomi kapitalis sehingga kehidupannya meniru atau berusaha persis sama dengan masyarakat di negara-negara Barat.

4. Eka Gunawan

Yang dimaksud dengan Westernisasi adalah proses peniruan oleh suatu masyarakat / negara tentang budaya negara-negara Barat yang dianggap lebih baik dari budaya negaranya sendiri.

5. Arif Untung

Pengertian Westernisasi adalah arus besar dalam dimensi politik, sosial, budaya, ekonomi, pengetahuan dan seni untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa di dunia di negara-negara umum dan Islam, pada khususnya, terhadap pemahaman ideologi Barat.

Ciri dan Karakteristik Westernisasi

Pola Westernisasi dapat dilihat dari segi ciri-cirinya di masyarakat. Ciri-ciri Westernisasi adalah sebagai berikut:

  • Perubahan gaya hidup atau gaya hidup masyarakat dan meniru perkembangan yang terjadi di negara-negara Barat. Sebagai contoh, gaya hidup mewah, hedonisme, dan sebagainya.
  • Mengikuti kebiasaan dan perilaku sebagian masyarakat Barat dalam konsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang.
  • Pergaulan bebas semakin merajalela dan perilaku seksual menyimpang di masyarakat.
  • Perubahan cara kita berpakaian, cara kita berkomunikasi dan hubungan sosial yang mengikuti adat istiadat negara-negara Barat.
  • Masyarakat semakin individualistis karena gotong royong yang menjadi ciri masyarakat Indonesia selama ini terkikis.
  • Telah terjadi perubahan di berbagai bidang kehidupan masyarakat, mulai dari politik, ekonomi, seni, budaya, dan lain-lain yang diadopsi dari negara-negara Barat.

Contoh Westernisasi

Jika kita cermati, sebenarnya banyak sekali contoh Westernisasi yang terjadi di Indonesia. Beberapa contoh Westernisasi adalah sebagai berikut:

  • Sikap individualistis merupakan contoh kebiasaan masyarakat Barat yang banyak ditiru oleh masyarakat Indonesia. Ini membuat orang lebih kompetitif dan kehilangan rasa kekeluargaan.
  • Banyak orang Indonesia yang menganggap bahwa budaya asing lebih baik daripada budaya asli Indonesia. Hal ini membuat mereka lebih suka mempelajari budaya negara barat.
  • Banyak orang Indonesia yang rela menghabiskan banyak uang untuk menonton konser musik asing daripada melihat pertunjukan kesenian tradisional. Inilah contoh Westernisasi yang tidak disadari banyak pihak.
  • Pergaulan bebas yang semakin merajalela, bahkan tanpa batas, juga menjadi contoh Westernisasi yang terjadi di Indonesia.
  • Perubahan konsumsi makanan dan minuman di masyarakat Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh Barat. Sebagai contoh makanan cepat saji dan minuman ringan.
  • Gaya berpakaian dan gaya rambut masyarakat Indonesia juga banyak mengalami perubahan akibat pengaruh budaya Barat. Sebagai contoh rok mini, gaun pesta, jeans robek, rambut mohawk, highlight rambut, dan banyak lagi.

Pola Westernisasi

Proses Westernisasi tidak terjadi begitu saja. Ada banyak pola media dan distribusi, misalnya melalui media pemangku kekuasaan suatu negara, majalah, televisi, internet, travel, teknologi, dan sebagainya.

Salah satu hal yang paling mempengaruhi penyebaran Westernisasi adalah penggunaan teknologi informasi, misalnya Internet, televisi, radio, gadget dan lain-lain. Proses perpindahan budaya Barat ke Indonesia berlangsung melalui berbagai sarana teknologi sehingga tanpa disadari sebagian besar masyarakat akan terpengaruh oleh kampanye Westernisasi.

Selain dari platform teknologi, proses Westernisasi juga dapat terjadi secara besar-besaran ketika pemerintah suatu negara mengeluarkan kebijakan yang mengandung doktrin mendukung Westernisasi. Ini terjadi di Jepang, khususnya pada masa kerajaan Meiji, di mana Pangeran Yorihito Higashi Fushimi, yang merupakan salah satu pemimpin Jepang pada saat itu, melakukan kebarat-baratan melalui gaya berpakaiannya.

Dampak Dari Westernisasi

Dampak Westernisasi yang terjadi dalam masyarakat akan mempengaruhi evaluasi dan tindakan masyarakat tersebut. Beberapa dampak Westernisasi adalah:

1. Perubahan perilaku

Orang yang terpapar westernisasi melalui berbagai media cenderung akan mengalami perubahan perilaku. Misalnya, menggunakan istilah atau kata bahasa asing saat berinteraksi dengan orang lain.

2. Hilangnya identitas nasional dan budaya lokal

Generasi muda yang sudah banyak menggunakan teknologi akan merasakan dampak langsung dari westernisasi. Saat ini banyak remaja yang menganggap budaya Barat lebih baik dari budaya lokal, sehingga identitas nasional dan budaya lokal perlahan akan luntur.

3. Perubahan gaya hidup

Salah satu cara hidup masyarakat di negara barat yang banyak dilakukan di Indonesia adalah kebiasaan meminum minuman beralkohol. Sebenarnya minuman keras tidak cocok untuk orang-orang di negara iklim tropis, tapi ini karena proses Westernisasi telah merubah cara hidup sebagian masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Tidak dapat kita pungkiri dan halangi proses westernisasi dan globalisasi yang terjadi di Indonesia. Yang diperlukan adalah program pendidikan yang komprehensif serta berdasarkan kepada bakat dan minat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *