Pengertian Wiraswasta dan Peran Wiraswasta Dalam Kegiatan Ekonomi

Pengertian Wiraswasta dan Peran Wiraswasta Dalam Kegiatan Ekonomi
photo by unsplash/ayahya09

Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan ketika masuk ke dunia kerja, mulai dari menjadi karyawan, profesional, freelancer, wiraswasta, dan bukan pengusaha. Menjadi wiraswasta merupakan pilihan yang tepat jika kamu menginginkan kebebasan yang dibandingkan dari aktivitas pekerjaan pada umumnya. Lalu, apa yang dimaksud dengan wiraswasta? Apa pengertian wiraswasta? Apa ciri dan karakteristik wiraswasta? Apa unsur-unsur wiraswasta? Apa contoh usaha wiraswasta? Dan, apa manfaat menjadi wiraswasta? Naah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Pengertian Wiraswasta Adalah

Secara bahasa, istilah kata “wiraswasta” terdiri dari dua kata, yaitu kata “wira” yang berarti pribadi yang berani, dan kata “swasta” yang berarti sendirian. Jadi pengertian pengusaha adalah orang-orang yang berani mendirikan usaha sendiri.

Pendapat lain mengatakan, definisi wiraswasta adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk melihat dan mengevaluasi peluang bisnis dan kemampuan untuk mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan laba dari peluang bisnis.

Selain itu, arti wirausaha adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang kuat, kreatif, dan produktif, serta dapat bekerja secara optimal secara mandiri. Wiraswastawan umumnya memiliki banyak ide dan dapat mewujudkan dan mengembangkan ide-ide ini melalui perencanaan yang baik menggunakan kemampuan orang lain. Banyak juga yang menyebut wiraswastawan sebagai pengusaha.

Baca Juga: Mengenal Pelaku Ekonomi dan Perannya Dalam Kegiatan Ekonomi

Pengertian Wiraswasta Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli telah menyatakan pendapatnya mengenai definisi wiraswasta, diantaranya adalah:

1. Suma Wijaya

Wirausaha adalah orang yang memiliki sifat berani, teladan dan antusiasme yang berasal dari kekuatan diri sendiri.

2. Suryo

Definisi wiraswasta adalah orang yang mandiri, memiliki visi ke depan, kreatif, inovatif, ulet dan berani untuk mengambil risiko yang mungkin timbul dalam upaya manajemen bisnis dan berbagai jenis kegiatan yang dapat membawa kesuksesan.

3. Suhadi

Pengertian wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik, seperti kepercayaan diri yang tinggi, memiliki visi yang luas ke depan, tangguh secara mental, dan lincah dalam bertindak.

Unsur-Unsur Wiraswasta

Setelah mengetahui pengertian wiraswasta, berikut ini adalah beberapa unsur penting yang ditemukan dalam setiap kegiatan wirausaha, yaitu sebagai berikut:

1. Unsur pengetahuan

Pengetahuan seseorang selalu mempengaruhi tingkat penalaran (literasi) dan juga pengambilan keputusan. Meskipun pengetahuan bisa didapat dari mana saja, tetapi secara umum elemen ini ditentukan oleh tingkat pendidikan.

2. Unsur Keterampilan

Keterampilan dapat diperoleh melalui berbagai pelatihan dan juga pengalaman kerja. Secara umum, keterampilan seseorang sangat berpengaruh dalam upaya mencapai keberhasilan dalam memutuskan menjadi wirausaha.

3. Unsur Kewaspadaan

Kewaspadaan adalah kombinasi sikap mental dan pengetahuan seseorang ketika berhadapan dengan sesuatu yang bisa terjadi. Perhatian penuh sangat dibutuhkan saat dihadapkan pada situasi atau memenej risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Baca Juga: Mengenal Istilah Supplier, Fungsi dan Cara Kerja Supplier

Ciri dan Karakteristik Seorang WIraswasta

Dalam setiap individu yang memiliki jiwa wiraswasta akan ada karakteristik tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Merujuk pada pengertian wiraswasta yang telah dibahas di atas, berikut ini adalah beberapa karakteristik wiraswasta, yaitu:

1. Memiliki dan Memahami Passion

Setiap orang memiliki passion dalam dirinya. Seorang wiraswasta pasti memahami passion dan dapat menggunakannya untuk menjadi bidang bisnis yang menguntungkan bagi mereka. Bisnis yang didasarkan pada passion umumnya lebih mudah untuk dikembangkan dan dapat bertahan lama.

2. Memiliki Sikap Positif dan Kepercayaan Diri Yang Tinggi

Seorang wiraswastawan tidak mudah mempercayai orang lain, sehingga mereka sering melakukan banyak pekerjaannya sendirian. Ini membuat mereka menjadi lebih mandiri dan memiliki sikap positif.

3. Memiliki Dedikasi dan Disiplin

Wiraswasta identik dengan dedikasi dan disiplin pada profesinya. Bahkan, semua orang yang sukses selalu memiliki dedikasi dan disiplin kerja yang baik.

4. Memiliki rencana

Wiraswastawan selalu dituntut untuk bertindak cepat dan tepat. Tetapi, tentu saja, tindakan ini harus disertai dengan rencana yang matang dan efektif. Itulah sebabnya mereka selalu memiliki rencana untuk menjalankan bisnis, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

5. Bertanggungjawab dan Berani Mengambil Resiko

Terjun menjadi wiraswasta yang berhasil harus memiliki rasa tanggung jawab dan berani mengambil resiko. Tanpa dua hal ini, tidak mungkin bagi seorang wiraswastawan untuk mengembangkan bisnis yang dikelola.

6. Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

Berkecimpung di dunia wiraswasta sering menghadapi risiko dan selalu punya ide untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Ini membuat mereka sangat fleksibel serta lebih mudah beradaptasi dengan semua situasi.

Baca Juga: Pengertian Distributor, Fungsi dan Tugasnya Dalam Aktivitas Perdagangan

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Wiraswasta

Menjadi wiraswasta adalah pilihan yang tepat jika kamu adalah seorang yang selalu mencari tantangan yang lebih besar. Berikut ini manfaat yang akan kamu dapatkan jika nyemplung pada profesi wiraswasta.

  • Melakukan hal yang digemari
  • Menentukan sendiri target keuntungan yang ingin diraih
  • Memaksimalkan potensi diri
  • Melatih mental dan jiwa seorang pemimpin
  • Menciptakan perubahan positif
  • Membantu membuka lapangan kerja
  • Wawasan bertambah banyak
  • Relasi semakin luas
  • Waktu Lebih Fleksibel
  • Tidak memerlukan pendidikan tinggi
  • Wiraswasta bisa multitasking
  • Memiliki waktu bersama dengan keluarga
  • Dapat diwariskan
  • Mempunyai kesempatan berjiwa sosial

Peran Wiraswasta

Selain banyak manfaat yang akan dirasakan menjadi wiraswastawan, sebagai seorang wiraswasta juga memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berikut ini peran yang dimaksud:

1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh wiraswasta akan dapat menyerap tenaga kerja. Sehingga, SDM yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendapatkan keuntungan yang bisa dirasakan manfaatnya bersama.

2. Meningkatan Pendapatan Nasional

Dari aktivitas bisnis yang dibuat oleh wiraswastawan akan berdampak pada meningkatnya jumlah permintaan barang dan jasa, dimana hal tersebut akan berbanding lurus dengan meningkatnya aktivitas produksi suatu produk. Hal ini akan meningkatkan pendapatan negara secara keseluruhan.

3. Memperbaiki Taraf Hidup Masyarakat

Wiraswasta merupakan salah satu orang yang akan menciptakan lapangan pekerjaan. Jadi, secara langsung hal tersebut dapat memberantas kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran khususnya di sekitar tempat bisnis tersebut beroperasi.

4. Mengurangi Kesenjangan Sosial dan Ekonomi

Dengan terserapnya angkatan tenaga kerja, maka secara eksponensial hal tersebut akan mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi yang terjadi di masyarakat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peran wiraswasta sangat vital dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: 11+ Bisnis yang selalu laku setiap hari di pasar

Contoh Aktivitas Wiraswasta

Sebenarnya, ada banyak contoh usaha kewirausahaan yang sebagian besar dijalankan oleh masyarakat. Berikut ini beberapa contoh bisnis wiraswasta, yaitu sebagai berikut:

1. Bisnis Jasa (Menjual Layanan)

Ada banyak jenis layanan yang dicari konsumen, baik online maupun offline. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis layanan yang ditawarkan oleh banyak wiraswasta:

  • Bisnis jasa laundry
  • Bisnis jasa servis mobil dan motor
  • Bisnis jasa photografi dan videografi pernikahan
  • Bisnis jasa konsultan
  • Makelar tanah
  • Agen penjualan rumah atau properti
  • dll.

2. Bisnis Penjualan Produk

Pelaku wiraswasta umumnya bergerak di bidang perdagangan atau penjualan barang-barang tertentu langsung kepada konsumen. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis perniagaan yang dijalankan oleh wiraswasta, yaitu:

  • Menjual makanan
  • Menjual produk kesehatan
  • Menjual produk-produk furniture
  • Menjual produk peralatan rumah tangga
  • dan produk lainnya

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian wiraswasta, maka kita dapat mengetahui peran penting wiraswasta bagi pembangunan ekonomi suatu daerah.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *