fbpx
Pengertian Zaman Praaksara

Pengertian Zaman Praaksara

Definisi Zaman Praaksara

Pengertian zaman praaksara (pra-aksara) adalah waktu, masa, atau zaman dimana kehidupan manusia sebelum mengetahui, mengenal, dan memanfaatkan tulisan. Dikutip dari wikipedia “Praaksara” terdiri dari 2 (dua) kata, yaitu “pra” yang artinya belum dan “aksara” artinya tulisan.

Zaman praaksara juga dikenal dengan istilah “Nirleka” yang artinya “Nir” adalah tanpa dan “lenka” adalah tulisan. Jadi, praaksara sendiri adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menggambarkan masa dimana manusia belum mengenal tulisan, atau saat ini lebih populer dengan istilah “Zaman Prasejarah”

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Yang Berjiwa Kewirausahaan

Perbedaan Zaman Praaksara dengan Zaman Sejarah

Yang menjadi perbedaan antara zaman praaksara dan zaman sejarah adalah pada zaman praaksara manusia belum mengenal tulisan dan pada zaman sejarah manusia adalah masa manusia mengenal dan memanfaatkan tulisan. Berakhirnya zaman praaksara merupakan awal mulanya zaman sejarah.

Setiap bangsa didunia memiliki zaman praaksara dan zaman sejarah yang berbeda-beda. Hal ini terjadi karena adanya jarak dan waktu pada masing-masing bangsa.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Patut Anda Coba

Disiplin Ilmu Yang Mempelajari Zaman Praaksara

Sebelum kamu mempelajari lebih dalam mengenai zaman praaksara ini, maka kamu wajib mengetahui disiplin ilmu apa saja yang mempelajari secara spesifik zaman praaksara. Ada beberapa ilmu yang mempelajari zaman praaksara, diantaranya:

1. Antropologi

Antropologi adalah salah satu disiplin ilmu yang khusus mempelajari tentang peradaban manusia dari yang paling primitif hingga yang paling modern.

2. Geografi

Geografi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari keberadaan bumi sebagai rumah manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupannya.

3. Geologi

Geologi adalah ilmu yang khusus mempelajari ciri-ciri lapisan dan perubahan bumi.

4. Paleontologi

Paleontologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai sejarah kehidupan di bumi dan isinya berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan di bebatuan.

5. Paleoantropologi

Paleoantropologi adalah disiplin ilmu yang khusus mempelajari asal-usul dan perkembangan manusia menggunakan fosil manusia purba sebagai objek penelitiannya.

6. Arkeologi

Arkeologi adalah cabang ilmu sejarah yang mempelajari kebudayaan manusia masa lalu melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan.

Baca Juga: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, dan Kaidah Penulisan

Sumber dan Objek-Objek Yang Digunakan Untuk Meneliti Zaman Praaksara

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada zaman praaksara manusia tidak meninggalkan bukti-bukti tulisan. Jadi para peneliti menggunakan fosil dan artefak untuk mengetahui kehidupan zaman praaksara.

Lalu untuk mengetahui umur dari fosil dan artefak para peneliti menggunakan beberapa cara, seperti:

  • Tipologi
    Tipologi adalah cara penentuan umur dari melihat tipe dari suatu objek, yang menjadi indikator adalah semakin sederhana suatu objek maka semakin tua umurnya.
  • Stratigrafi
    Stratigrafi adalah suatu cara untuk menentukan umur suatu fosil atau artefak berdasarkan lapisan tanah tempat fosil atau artefak tersebut ditemukan, yang menjadi indikator adalah semakin ke bawah lapisan tanah maka semakin tua usia fosil atau artefak.
  • Kimiawi
    Kimiawi adalah metode yang digunakan untuk menentukan umur suatu objek berdasarkan unsur kimia yang terkandung didalamnya.

Demikian penjelasan pengertian zaman praaksara dan beberapa disiplin ilmu yang khusus mempelajarinya. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *