Penjelasan Lengkap Topologi Jaringan Komputer dan Macam-Macamnya

Penjelasan Lengkap Topologi Jaringan Komputer dan Macam-Macamnya
photo by pexels/field-engineer-147254

Saat akan membangun sebuah jaringan komputer (computer network), menentukan topologi jaringan yang akan diterapkan adalah aspek terpenting yang harus kamu perhatikan. Dengan ditentukan topologi jaringan, maka hubungan geometris setiap unsur dasar jaringan seperti link, stations, dan node sesuai dengan kebutuhan penggunaan jaringan setiap komputer terkoneksi dengan optimal.

Definisi topologi jaringan secara umum adalah sebuah metode dan cara yang diterapkan untuk menghubungkan beberapa komputer. Adapun struktur yang digunakan untuk menghubungkan setiap komputer dapat menggunakan kabel (wired) atau tanpa kabel (nirkabel atau wireless).

Pada implementasinya, ada beberapa jenis topologi jaringan yang dapat digunakan sesuai dengan skala jaringan, biaya, dan tujuan penggunaanya. Diantaranya seperti topologi ring, topologi star, topologi bus, topologi tree, dan topologi mesh. Setiap jenis topologi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan sehingga diterapkan sesuai dengan kebutuhan.

Definisi Topologi Jaringan Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian topologi jaringan, diantaranya sebagai berikut:

Umi Proboyekti

Definisi topologi jaringan yaitu suatu kumpulan komputer yang saling terpisah namun saling terhubung dalam melakukan tugasnya. Bentuk koneksi tersebut dapat melalui, fiber optik, kawat tembaga, satelit komunikasi, gelombang mikro.

Abdul Kadil

Pengertian topologi jaringan adalah sebuah hubungan 2 (dua) buah simpul (pada umumnya berupa komputer) atau lebih yang bertujuan untuk melakukan pertukaran data.

Jafar Noor Yudianto

Makna istilah topologi jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang didesain untuk dapat saling berbagi sumber daya (cpu, printer), berkomunikasi (email, pesan instan), dan mengakses informasi (internet atau web).

Zymon Machajewski

Definisi network topology adalah seperangkat komputer yang saling terhubung secara sama-sama satu dengan lainnya yang bertujuan untuk saling berbagi sumber daya.

Kristanto

Arti topologi jaringan yaitu sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lainnya, dengan menerapkan satu protokol komunikasi sehingga membuat setiap komputer yang saling terhubung tersebut dapat berbagi informasi, sumber daya, program, dan bisa menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, misalnya harddisk, printer, dan lainnya.

Izaas El Said

Pengertian topologi jaringan yaitu suatu sistem dimana terdapat 2 (dua) komputer atau lebih yang saling terhubung, agar dapat saling berbagi informasi dan juga sumber daya yang dimilikinya.

Budi Irawan

Definisi topologi jaringan yaitu sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

Jenis-Jenis atau Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer

Berikut ini jenis-jenis dan macam-macam topologi jaringan komputer beserta penjelasannya dilengkapi dengan gambar.

Topologi Ring

Topologi ring atau yang lebih dikenal dengan topologi cincin adalah salah satu topologi jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu rangkaian yang berbentuk cincin atau melingkar. Jenis topologi ring ini biasanya hanya menggunakan LAN Card untuk saling menghubungkan setiap komputer.

Secara umum jaringan topologi ring/cincin memiliki karakteristik tersendiri yaitu menggunakan kabel tipe UTP dan Patch Cable yang membentuk jaringan menjadi melingkar dan terdiri dari sejumlah node yang tersusun secara seri.

Cara kerja topologi jaringan jenis ring ini sebagai berikut:

  1. Setiap node pada pusat jaringan terdapat penguat sinyal di kedua sisinya, maka setiap perangkat akan saling menguatkan sinyalnya.
  2. Proses pengiriman, penerimaan, dan penerusan sinyal dibantu oleh sebuah sistem token. Sistem token ini yang berfungsi sebagai pengantar data saat dibutuhkan oleh node.

Topologi Star

Topologi star atau bintang merupakan topologi jaringan komputer yang berbentuk bintang yang pada prakteknya menggunakan alat seperti hub atau switch untuk koneksi antar komputer. Jenis topologi star ini yang paling sering digunakan saat ini karena kelebihan-kelebihannya.

Karakteristik khusus topologi star adalah karena adanya satu jaringan yang berfungsi sebagai pusat segala aktivitas yang disebut sebagai server, dimana masing-masing komputer host memiliki kabel sendiri yang terkoneksi langsung ke pusat hub dengan sistem point-to-point.

Cara kerja topologi jaringan jenis star ini sebagai berikut:

  1. Perangkat hub atau switch akan menyimpan daftar content addressable memory (cam) pada sistem memorinya.
  2. Setiap jaringan komputer saling terhubung dengan hub atau switch dimana jaringan pusat tersebut memiliki fungsi sebagai server pusat.

Baca Juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Topologi Bus

Topologi bus merupakan topologi jaringan komputer yang paling sederhana. Topologi jaringa ini biasanya menggunakan kabel coaxial pada sepanjang konektor dan node client. Adapun jenis konektor yang digunakan adalah Terminator, BNC, dan TBNC.

Biasanya jenis topologi bus ini digunakan pada jaringan komputer yang berskala kecil. Keunikan topologi jenis bus ini adalah penggunaan kabel tunggal yang terbentang sepanjang jaringan yang berfungsi sebagai backbone (kabel utama).

Cara kerja jenis topologi bus ini sebagai berikut:

  1. Setiap komputer terhubung dengan kabel utama (backbone), dimana setiap komputer bisa saling mengirim dan menerima paket data.
  2. Proses pengiriman data hanya bisa dilakukan saat kabel utama dalam keadaan bebas, diman komputer lain sedang tidak melakukan aktivitas pertukaran data.
  3. Pengiriman data dilakukan dengan menggunakan sinyal yang tersebar di kabel jaringan.

Topologi Tree

Topologi tree atau sering disebut topologi pohon adalah penggabungan dari topologi star dan topologi bus. Topologi ini umumnya digunakan untuk interkoneksi antara hirarki dengan server (pusat) yang berbeda-beda.

Karakteristik jenis topologi tree yaitu adanya kabel utama yang berfungsi sebagai penghubung beberapa hub atau switch pada jaringan star, memiliki hub atau switch sebagai server pusat, dan memiliki hierarki.

Topologi Mesh

Topologi mesh atau jala merupakan salah satu jenis topologi yang dimana setiap komputer saling terhubung secara langsung. Umumnya topologi ini diterapkan pada jaringan kecil. Dan biasanya proses transfer data jauh lebih cepat karena tidak menggunakan perantara seperti hub.

Cara kerja topologi mesh, sebagai berikut:

  1. Setiap node terhubung secara langsung ke node yang dituju dengan menggunakan kabel.
  2. Proses transfer data jauh lebih cepat.

Topologi Linier

Topologi linier atau topologi bus terurut yang pada penerapannya menggunakan satu kabel utama sebagai konektor di masing-masing titik sambungan pada setiap komputer. Jenis topologi ini memiliki karakteristik khusus yaitu menggunakan konektor BNC dan kabel RJ 58 dimana skemanya mirip dengan topologi bus.

Topologi Hybrid

Topologi hybrid merupakan gabungan dari beberapa jenis topologi jaringan yang berbeda serta membentuk jaringan baru. Jadi, jika ada 2 (dua) atau lebih jenis topologi jaringan yang berbeda dan saling terhubung dalam 1 (satu) jaringan maka jaringan tersebut akan membentuk sebuah topologi hybrid.

Topologi Peer-To-Peer

Topologi peer-to-peer merupakan bentuk jaringan komputer yang cukup sederhana karena hanya menghubungkan antara 2 (dua) komputer dengan kabel. Karakteristik khusus topologi peer-to-peer ini adalah setiap client dapat berfungsi sebagai server secara bergantian.

Kesimpulan

Topologi jaringan komputer yg saat ini sangat dinamis, membantu seorang network engineer membuat desain jaringan komputer menjadi lebih efisien sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *