Apa sih Perbedaan Antara CV dan Resume, dan Bagaimana Menyusunnya?

Apa sih Perbedaan Antara CV dan Resume, dan Bagaimana Menyusunnya
Photo by mentatdgt from Pexels

Memang masih banyak dari fresh graduate yang belum bisa membedakan apa itu resume dan apa itu CV. Sebenarnya kedua jenis dokumen tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Namun, keduanya bisa digunakan saling melengkapi agar kesan profesional dapat ditunjukan oleh pelamar.

Bagi perusahaan kedua dokumen ini bisa menjadi tolak ukur untuk menilai profesionalitas pelamar. Hal ini karena didalam CV dan resume tertera informasi ,pengalaman, capaian, tingkat pendidikan kamu, dan lainnya. Jadi dengan adanya kedua dokumen ini memudahkan perusahaan dan HRD menentukan kandidat mana yang paling tepat untuk dipekerjakan

Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan sebaiknya memahami keduanya dengan benar. Nah, dibawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai perbedaan antara CV dan Resume.

Perbedaan Secara Arti

Berikut ini adalah penjelasan mengenai definisi antara CV dan Resume:

1. Pengertian Curriculum Vitae (CV)

CV atau yang biasa dikenal dengan Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang menjelaskan secara detail diri sebagai pencari kerja. Curriculum Vitae (CV) bisa menjadi sarana untuk mendeskripsikan diri pelamar, sehingga isinya sangat detail.

Secara umum, CV memuat informasi, seperti pengalaman, kualifikasi, dan prestasi kamu, baik secara akademis maupun pencapaian yang terkait dengan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu resume juga memuat informasi pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, kewarganegaraan dan status perkawinan disertai dengan foto diri pelamar.

Kamu sebagai pelamar juga dapat memasukkan informasi tentang riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan deskripsi pekerjaan. Umumnya CV ditulis secara kronologis, jadi inilah yang membedakannya dari resume.

CV atau daftar riwayat hidup berisi informasi yang lebih mendalam tentang kehidupan dan karir yang telah kamu lalui. Adapun informasi yang tercantum di dalam CV harus diatur dengan baik sehingga perekrut dapat memahaminya secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk mempekerjakannya kamu.

Intinya adalah ketika membuat CV kamu hanya perlu menambahkan beberapa data terbaru tentang riwayat pekerjaan. Dan selain itu, CV juga tidak memiliki batasan maksimal, hal inilah yang membedakannya dengan resume.

2. Pengertian Resume

Jika CV mencantumkan daftar riwayat hidup pelamar, maka pengertian resume adalah rangkuman, ringkasan atau deskripsi singkat tentang diri kamu sebagai pelamar kerja, beserta alasan mengapa perusahaan harus mempekerjakan kamu sebagai karyawan. Resume lebih fleksibel daripada CV.

Berbeda dengan CV yang hanya berisi riwayat hidup, resume dapat disesuaikan dengan tawaran pekerjaan yang kamu inginkan. Selain itu, pelamar dapat mengubah apa yang tertulis di resume sesuai dengan kebutuhannya, karena tujuannya adalah untuk mengiklankan atau mempromosikan diri dan kemampuan pelamar.

Disamping itu, jika di dalam CV kamu dapat menulis riwayat hidup kamu lebih dari 2 halaman, maka dalam membuat Resume kamu cukup menulisnya di satu halaman saja. Ini tentang melihat apakah kamu dapat meringkas keterampilan yang Anda miliki dalam satu halaman.

Tujuan pembuatan resume adalah informasi yang ringkas, padat, dan jelas tentang kualifikasi seseorang. Resume harus dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, dalam hal ini perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan tersebut.

Perbedaan Berdasarkan Fungsi dan Struktur

Berikut ini adalah perbedaan CV dan Resume berdasarkan fungsi dan strukturnya:

Resume

  1. Resume berisi ringkasan singkat dari keahlian kamu dalam satu halaman.
  2. Resume dapat diedit dan ditulis sesuai dengan kebutuhan posisi yang kamu lamar.
  3. Resume memiliki urutan penjelasan yang tidak beraturan.
  4. Resume memiliki isi yang lebih pendek, tidak mempunyai bentuk tetap dan dapat diubah sesuai kebutuhan pelamar.

CV (Curriculum Vitae)

  1. Curriculum Vitae (CV) harus disusun dengan benar karena memuat informasi rinci tentang kehidupan dan jumlah halaman yang tidak dibatasi (bisa lebih dari satu halaman).
  2. Curriculum vitae (CV) harus ditulis sesuai dengan ketentuan yang berlaku bersifat baku (tidak dapat diubah).
  3. Curriculum vitae (CV) memiliki urutan informasi yang diterapkan atau ditentukan (tidak dapat diubah).
  4. Curriculum vitae (CV) umumnya panjang, statis, baku dan berisi informasi profesional yang lengkap dan panjang.

Penggunaan Resume dan CV di berbagai Negara

Tahukah kamu ternyata bahwa negara-negara di belahan dunia lain memiliki preferensi sendiri dalam hal resume dan CV. Berikut ini penjelasannya:

1. Eropa

Negara-negara Eropa seperti Irlandia, Inggris dan Jerman sering menggunakan CV untuk alasan melamar pekerjaan.

2. Amerika Serikat dan Kanada

Tidak seperti negara-negara Eropa, Amerika Serikat dan Kanada biasanya menggunakan lebih banyak resume daripada CV untuk melamar kerja.

3. Definisi Resume di berbagai Negara

Seperti di Asia, Afrika Selatan dan Australia, resume dan CV sering digunakan untuk melamar pekerjaan. Resume biasanya digunakan lebih sering untuk perusahaan swasta, dan sedangkan CV untuk posisi layanan umum (public service).

Cara Membuat Resume Dengan Mudah dan Benar

Setelah kamu mengetahui arti dan perbedaan dari antara resume dan CV. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat resume yang baik dan benar.

  • Gunakan aplikasi Microsoft Word atau Google Docs yang dapat memudahkan kamu dan HRD. Buat resume kamu dengan singkat, jelas dan padat. Ingat, membuat resume hanya perlu satu halaman.
  • Pada bagian pertama, kamu dapat memulai dengan mengisi data pribadi kamu dengan benar, termasuk setidaknya nama lengkap, nomor telepon atau WA, alamat rumah, dan email aktif.
  • Lanjutkan menulis riwayat singkat dan jenjang pendidikan kamu.
  • Tuliskan pengalaman kerja lengkap beserta posisi yang pernah kamu duduki. Sertakan juga apa yang kamu lakukan dan tanggung jawab apa yang kamu emban.
  • Pastikan untuk selalu memeriksa semua yang telah kamu tulis di resume, baik dalam hal ejaan huruf dan tanda baca, untuk memastikan informasinya sempurna dan tidak ada kesalahan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang perbedaan resume dan CV. Di Indonesia CV atau resume masih sering digunakan berdampingan oleh pelamar. Karena itu, penting untuk mengetahui perbedaannya agar dokumen yang kamu berikan kepada perekrut sesuai. Selain itu, sebagai calon karyawan, tentunya pelamar juga perlu tahu bagaimana menyusunnya dengan benar.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *