Menu

Perbedaan Data dan Informasi

Perbedaan-Data-dan-Informasi

Sudah tahukah kamu apa perbedaan antara data dan informasi? Pastinya kedua istilah tersebut sering kamu dengar, tetapi definisi umum yang ada di masyarakat sering sekali menyamakan makna kedua istilah tersebut.

Jadi, memahami perbedaan data dan informasi adalah sangat penting. Tujuannya agar untuk memastikan tidak ada kesalahan baik itu berupa ucapan atau ketika kamu mengaplikasikannya secara langsung.

Pengertian Data

Pada umumnya kaitan antara informasi dengan data saling berhubungan. Informasi didapatkan dengan cara mengolah data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Sebaliknya, sekumpulan data menjadi sumber pembentuk sebuah informasi. Walaupun saling berkaitan dan melengkapi ternyata keduanya memiliki definisi yang sangat berbeda.

Yang pertama akan kita bahas adalah definisi data. Pengertian data adalah sebuah fakta atau rincian peristiwa yang masih mentah. Definisi lain dari data adalah suatu rentetan peristiwa atau fakta yang ditemukan.

Data bersifat mentah, jadi di dalam membuat sebuah informasi diperlukan beberapa data. Pengaplikasian data banyak kita jumpai pada saat mempelajari ilmu eksakta, ilmu komputer, dan ilmu statistik. Semua bidang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan statistik maka akan menggunakan data dalam jumlah yang tidak sedikit.

Baca Juga: Perbedaan Gaji dan Upah

Data juga merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang bermakna “sesuatu yang diberikan” (id.wikipedia). Secara spesifik datum adalah bagian terkecil dari suatu peristiwa tetapi 100% fakta.

Untuk mempermudah memahami definisi data, berikut ini contoh data umum yang digunakan:

  • Data dapat dari pengambilan kuisioner, yang nantinya kuisioner akan diolah agar menghasilkan keakuratan.
  • Aktivitas pembuatan laporan keuangan seorang akuntan, akan melihat semua transaksi yang terjadi di perusahaan. Transaksi tersebut adalah sejumlah data yang akan diolah
  • Data kehadiran karyawan di kantor, jika karyawan tersebut absen selama 5 hari, maka 5 hari tersebut adalah sekumpulan data.

Pengertian Informasi

Dikutip dari KBBI informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Secara umum pengertian informasi adalah kumpulan sejumlah data. Pengolah sejumlah data akan menghasilkan informasi yang informatif. Yang dimaksud informatif adalah informasi yang mudah dipahami.

Baca Juga: Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Untuk mempermudah memahami definisi informasi, berikut ini contoh dari sebuah informasi:

  • Data penjualan sebuah perusahaan diolah dalam aplikasi komputer akan menghasilkan laporan penjualan, yang akan mencantumkan besar kecilnya penjualan yang didapat per periodenya.
  • Data yang diperoleh dari kuisioner diolah dengan beberapa metode untuk menyetujui atau menolak sebuah hipotesa.
  • Pihak kepolisian jakarta menyelidiki kasus dengan mengumpulkan berbagai data di TKP, hasilnya akan diperoleh informasi mengenai siapa tersangka sebenarnya.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Perbedaan Data dan Informasi

Demikian penjelasan perbedaan data dan informasi yang bisa menambah wawasan kamu. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Perbedaan Data dan Informasi