fbpx
Perbedaan Job Deskripsi dan Job Spesifikasi

Perbedaan Job Deskripsi dan Job Spesifikasi

Para pencari kerja pasti pernah kebingungan dengan informasi mengenai lowongan kerja yang perusahaan berikan, entah itu informasi dari media atau media online. Banyak perusahaan yang memasang iklan lowongan kerja mencantum job deskripsi dan job spesifikasi yang sering membingungkan pelamar kerja.

Sebagai pelamar anda harus memahami perbedaan antara job deskripsi dan job spesifikasi dengan baik. Tujuannya adalah agar anda mengetahui gambaran tugas yang akan anda kerjakan dan seperti apa kesulitannya ketika anda diterima menjadi karyawan nantinya. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan job deskripsi (job description) dan Job spesifikasi (Job Specification).

Pengertian Job Deskripsi (Job Description)

Pengertian job deskripsi (Job Desc) adalah suatu bagian atau catatan yang menjelaskan dan menggambarkan secara umum mengenai pekerjaan yang akan dilakukan oleh karyawan. Fungsi job description adalah untuk menjelaskan bagaimana tanggung jawab, tugas, dan wewenang yang akan karyawan pegang pada sebuah jabatan atau posisi secara garis besar.

Job description juga menjelaskan gambaran sederhana alur pekerjaan yang akan dilakukan di dalam suatu divisi atau departemen, sehingga job desc tidak menjelaskan seperti apa tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan karyawan secara terperinci.

Tujuan job description adalah untuk memberikan pemahaman dasar mengenai cara bagaimana suatu departemen atau divisi bekerja. Jadi, hal ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman mengenai pekerjaan dan tugas yang akan karyawan terima.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Pengertian Job Spesifikasi (Job Specification)

Pengertian job spesifikasi (job specification) adalah suatu persyaratan yang pencari kerja harus penuhi agar dapat diterima masuk dan menduduki sebuah jabatan di perusahaan. Adapun persyaratan-persyaratan yang diberikan tersebut bertujuan agar karyawan dapat bekerja dengan baik dan bertanggung jawab atas segala tugas dan pekerjaan yang diberikan.

Job spesifikasi secara umum berisi dengan persyaratan seperti pengalaman kerja, usia, jenis kelamin, minimal jenjang pendidikan, dan keahlian yang perusahaan butuhkan secara rinci. Jadi, job spesifikasi menjadi standar yang harus dipenuhi oleh pelamar

Perbedaan Job Description dan Job Specification

Baca Juga: Contoh CV Yang Menarik dan Keren

Contoh Job Description (Job Desc)

Jabatan: Manajer Pemasaran

Deskripsi Pekerjaan:

  1. Bertanggung jawab dalam mengatur serta mengakomodir distribusi produk perusahaan.
  2. Melakukan penjualan produk
  3. Merancang perencanaan pemasaran dan penjualan produk.
  4. Menetapkan strategi promosi produk

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik dan Benar

Contoh Job Specification

Kualifikasi:

  1. Pendidikan minimal S1 manajemen.
  2. Maksimal usia 27 tahun.
  3. Pengalaman di bidang pemasaran minimal 3 tahun.
  4. Mampu berbahasa Inggris.
  5. Mampu menangani distribusi penjualan.
  6. Bersedia ditempatkan di kota tertentu.

Demikian penjelasan perbedaan job deskripsi dan job spesifikasi yang harus kamu pahami. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *