Apa Saja Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Yang Perlu Anda Ketahui?

Apa Saja Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Yang Perlu Anda Ketahui
Photo by Shohei Ohara from Pexels

Bagi kebanyakan orang akan sulit untuk menentukan kebutuhan dan keinginan. Terkadang perbedaan kebutuhan dan keinginan sulit ditemukan dan didefinisikan. Apalagi bagi Anda yang memiliki usaha, untuk menghindari kemandekan dalam berbisnis, maka penting untuk memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yang perlu dipenuhi.

Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan nyatanya dapat ditemukan jika seseorang tahu bagaimana mendefinisikannya. Untuk itulah, berikut ini akan dibahas perbedaan needs dan wants, serta cara menentukan perbedaan diantara keduanya untuk kehidupan sehari-hari. Perbedaan kebutuhan dan keinginan adalah yang paling mendasar untuk menjalani kehidupan pribadi dan bisnis Anda.

Perbedaan Definisi Antara Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan motivasi untuk berbisnis adalah hal yang terpenting, jika Anda memiliki bisnis, itu menjadi yang utama jika mampu menyeimbangkan need dan want Anda. Kesulitan melihat perbedaan kedua terjadi karena kurangnya pemahaman tentang definisi kebutuhan dan keinginan tersebut.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kebutuhan? Jika ditinjau dari definisinya, kebutuhan adalah segala barang atau jasa yang dibutuhkan manusia untuk menunjang segala aktivitas kehidupannya sehari-hari.

Sedangkan definisi keinginan adalah segala kebutuhan akan sesuatu, baik barang maupun jasa, yang ingin dipenuhi oleh setiap manusia dalam sesuatu yang dianggap kurang. Keinginan tidak mengikat dan tidak memiliki kewajiban untuk segera diselesaikan. Maka, keinginan semakin bertambah ketika kebutuhan dasar telah terpenuhi.

Jenis Kebutuhan

Bagi seorang pebisnis, etika bisnis menjadi penting ketika memilih kebutuhan dan keinginan bisnis Anda. Setelah mengetahui arti kebutuhan dan keinginan, hal selanjutnya yang perlu dipahami yaitu beberapa jenis kebutuhan yang ada.

Kebutuhan tidak selalu sama di tempat, waktu dan kondisi yang berbeda. Adapun kebutuhan orang lain yang memiliki posisi yang sama dengan Anda belum tentu sama. Berikut ini jenis-jenis kebutuhan tersebut:

1. Kebutuhan berdasarkan sifatnya

Jika seorang pebisnis memiliki bisnis model kanvas, terkadang kebutuhan bisnis ini dapat ditentukan dari sifatnya. Ada dua kebutuhan yaitu jasmani dan rohani.

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan fisik. Tujuannya untuk menjaga kebugaran atau kesehatan. Contoh kebutuhan fisik adalah olahraga dan istirahat.

Sedangkan kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan jiwa. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan jiwa kita, seperti ibadah, rekreasi, dan istirahat otak.

2. Kebutuhan berdasarkan waktu

Waktu juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Ada pula kebutuhan berbasis waktu yang terbagi menjadi tiga, yaitu kebutuhan masa kini, masa depan, dan waktu tak terduga.

Kebutuhan saat ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditunda. Contohnya adalah kesehatan untuk menjalani operasi.

Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang membutuhkan persiapan untuk masa depan, seperti persiapan kelahiran bayi.

Sedangkan kebutuhan yang tidak terduga adalah kebutuhan yang muncul secara tiba-tiba, seperti pertolongan pertama setelah terjadi kecelakaan.

3. Kebutuhan berdasarkan subjek

Kebutuhan ini dimotivasi oleh subjek atau pelaku dan memiliki 2 poin penting yaitu individu dan kelompok.

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang disediakan untuk orang-orang. Misalnya, seorang direktur membutuhkan sekretaris dalam membantu pekerjaannya.

Sementara itu, kebutuhan kelompok seringkali mengarah pada kepentingan bersama atau komunitas. Contohnya adalah pasar, rumah sakit, angkutan umum dan semacamnya.

Contoh Konkrit Kebutuhan dan Keinginan

Dari berbagai jenis kebutuhan dan keinginan, perbedaan antara kedua hal ini akan lebih diperjelas lagi. Di bawah ini beberapa contoh needs dan wants, yakni sebagai berikut:

Kebutuhan

Dalam aktivitas Anda membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Untuk memenuhi kebutuhan pangan kita hanya perlu mengkonsumsi nasi, sayur mayur, susu, dan lauk pauk yang dapat memberikan nutrisi dan protein yang dibutuhkan tubuh kita.

Keinginan

Dari segi pangan, tidak hanya pangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh, tetapi juga harus enak, dan banyak dapat meningkatkan kepuasan kita.

Kesimpulan

Kebutuhan dan keinginan selalu bersandingan dalam kehidupan kita. Kedua hal ini akan meningkat seiring dengan membaiknya taraf hidup seseorang, dan juga terjadi sebaliknya.

sumber: harmony.co.id/blog

1 Shares:
Leave a Reply