Perbedaan Yang Perlu Kita Ketahui Antara Eksekutif dan Manajer Dalam Perusahaan

Perbedaan Yang Perlu Kita Ketahui Antara Eksekutif dan Manajer Dalam Perusahaan
Photo by Anna Shvets from Pexels

Manajer dan eksekutif adalah kata-kata yang sangat umum dan kebanyakan dari kita merasa kita tahu apa artinya. Ini adalah fakta bahwa banyak peran dan tanggung jawab seorang manajer tumpang tindih dengan seorang eksekutif.

Setelah melihat peran dan tugas yang dilakukan oleh seorang manajer di sebuah bank dan seorang eksekutif dalam sebuah organisasi, seringkali sedikit membingungkan jika dua ubin yang identik digunakan secara bergantian. Namun, ada perbedaan diatara keduanya yang akan kita bahas secara rinci.

Peran Eksekutif

Semua organisasi, baik untuk yang berorientas pada laba atau nirlaba, memiliki seperangkat eksekutif yang ada di sana untuk menerapkan kebijakan dan program, yang telah disetujui oleh manajemen puncak. Eksekutif ini adalah bagian dari administrasi, dan tanggung jawab mereka adalah untuk mengawasi pelaksanaan keputusan manajemen.

Jika kita melihat fungsi pemerintahan di suatu negara, menjadi jelas bahwa badan eksekutif lah yang memungkinkan untuk menjalankan administrasi atau menjalankan fungsi departemen pemerintah sehari-hari. Eksekutif Lah yang mewujudkan semua rencana dan program yang dibuat oleh manajemen.

Baca Juga: Apa Pengertian Merger Perusahaan Itu? Penjelasan Lengkap Sebagai Berikut

Peran Manajer

Jika Anda seorang fanatik sepak bola, Anda pasti pernah melihat pentingnya peran seorang manajer dalam sebuah tim sepak bola baik itu dari sebuah negara atau sebuah klub profesional. Bahkan, gaji dan pengaruh seorang manajer sepakbola bahkan lebih dari gaji para pemain yang mencerminkan pentingnya peran dan tanggung jawab dari gelar ini. Kata manajer berasal dari manajemen yang berarti mengelola orang, dan inilah keahlian seorang manajer.

Apabila organisasinya kecil, seseorang mungkin melihat seorang manajer tunggal mengkoordinasikan aktivitas semua karyawan dan departemen, meskipun dalam organisasi besar, mungkin ada lapisan posisi manajerial yang berbeda. Seorang manajer memiliki tanggung jawab lebih dari seorang karyawan terlepas dari ukuran perusahaan dan, oleh karena itu, juga dibayar lebih tinggi daripada karyawan biasa.

Seorang manajer departemen pada umumnya bertanggung jawab atas kinerja karyawan di bawahnya dan bertanggung jawab kepada manajemen puncak untuk output dari departemennya.

Baca Juga: Marketing Merupakan Kunci Penjualan dan Kesuksesan Perusahaan

Apa perbedaan antara Eksekutif dan Manajer?

Manajer adalah orang yang bertanggung jawab atas kegiatan sekelompok karyawan dalam suatu organisasi. Dia harus memainkan peran sebagai motivator dan mentor sambil membimbing karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Mungkin ada penyelia di bawah seorang manajer untuk membantunya dalam tugasnya, tetapi tanggung jawab keseluruhan atas kinerja para pekerja di bawahnya terletak di pundak seorang manajer.

Departemen yang berbeda dalam sebuah perusahaan memiliki sebutan manajer yang berbeda seperti manajer produksi, manajer akun, manajer penjualan, dan sebagainya. Seorang manajer berada di anak tangga terbawah dari tangga manajerial yang harus didaki untuk posisi penting dalam manajemen. Hari-hari ini, manajer disewa oleh selebriti juga untuk menjaga karir mereka.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Skala Ekonomi (Economies of Scale)?

Di sisi lain, seorang eksekutif adalah orang yang bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan kebijakan manajemen puncak perusahaan. Dia adalah orang yang harus memastikan bahwa fungsi perusahaan sehari-hari berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Singkatnya, seorang eksekutif harus mengawasi fungsi administrasi organisasi. Seorang eksekutif memiliki kedudukan yang lebih tinggi dalam suatu organisasi daripada seorang manajer.

1 Shares:
Leave a Reply