Permainan Bulu Tangkis atau Olahraga Badminton

Lapangan Bulu Tangkis, Raket, dan Shuttlecock
photo by pexels.com

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia. Ada banyak atlet yang berprestasi di kancah Internasional yang mengharumkan nama bangsa dari cabang olahraga bulu tangkis ini. Lalu, apa sih pengertian bulu tangkis? Bagaimana cara memainkannya? Teknik-teknik apa saja yang harus dikuasai? Berapa ukuran lapangan bulu tangkis? Mari kita bahas secara tuntas disini.

Sejarah Olahraga Bulu Tangkis (Badminton)

Ada beberapa pendapat perihal sejarah awal mula permainan bulu tangkis. Pendapat pertama mengatakan bahwa bulu tangkis berasal dari peradaban Mesir kuno pada 2000 tahun yang lalu. Pendapat lainnya ada yang mengatakan bahwa bulu tangkis berasal dari India dan daratan China.

Perkembangan olahraga bulu tangkis dikenal luas oleh masyarakat dimulai pada abad pertengahan di Inggris, yaitu dikenal sebagai permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama Battledore dan Shuttlecocks. Permainan tradisional ini cukup populer di masyarakat sehingga akhirnya sebuah majalah “Punch” mempublikasikan bulu tangkis hingga mendunia.

Baca Juga: Olahraga Bola Voli, Aturan Main, Ukuran Lapangan

Pengertian Bulu Tangkis

Secara harfiah, bulu tangkis terdiri dari dua kata, yaitu “bulu” dan “tangkis”. Kata “bulu” diambil dari bentuk kok (shuttlecock) yang terbuat dari bulu angsa, dan kata “tangkis” dari kata dasar menangkis. Inti permainan bulu tangkis adalah menangkis pergerakan dari shuttlecock (bulu) yang diarahkan oleh lawan.

Pengertian bulu tangkis adalah suatu cabang olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (single) atau dua pasangan (double) yang saling berlawanan. Olahraga mirip seperti tenis, yang membedakan hanya pada luas lapangan, jenis cock, dan scoring.

Tujuan olahraga bulu tangkis ini adalah mengumpulkan angka (poin) hingga 21. Pemain (atlet) yang terlebih dulu mengumpulkan poin (angka) 21 adalah pemenangnya. Permainan bulu tangkis dibedakan menjadi 2 yaitu partai tunggal (single match) dan partai ganda (double match). Partai tersebut dapat dimainkan oleh putra atau putri, dan ada partai ganda campuran (mix double) yang dimainkan oleh putra dan putri dalam satu tim.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebagai modal awal untuk menjadi seorang atlet bulu tangkis profesional. Berikut ini adalah teknik-teknik dasar permainan bulu tangkis.

Cara Memegang Raket (Grip)

Ada 2 macam cara memegang raket atau grip, yaitu:

1. Pegangan Forehand

Cara memegang raket secara forehand, yaitu:

  • Pegang raket seperti sedang berjabat tangan. Tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk sedikit terpisah.
  • Letakkan ibu jari diantara jari telunjuk.

2. Pegangan Backhand

Cara memegang raket secara backhand adalah tangan memegang ke arah dalam. Letaknya di samping dalam, lalu bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

Baca Juga: Pengertian Olahraga Sepak Bola

Footwork

Fungsi footwork adalah sebagai penyangga tubuh guna menempatkan badan dalam posisi untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif. Agar mampu memukul dengan posisi yang baik, atlet harus mempunyai kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak dapat dilakukan jika gerakan kaki tidak teratur.

Servis

Servis adalah pukulan pertama untuk mengawali permainan bulutangkis. Ada 3 (tiga) Jenis servis dalam permainan bulu tangkis yaitu servis pendek, servis tinggi, dan flick atau servis setengah tinggi. Biasanya servis dikombinasikan ke dalam bentuk servis forehand dan backhand.

  • Servis Forehand Pendek, yaitu cara memukul shuttlecock (Kok) dengan ayunan raket yang relatif rendah atau pendek. Tujuan servis pendek adalah untuk memaksa lawan agar tidak dapat melakukan serangan, sehingga lawan berada dalam posisi bertahan.
  • Servis Forehand Tinggi, yaitu cara memukul shuttlecock (kok) dengan tenaga penuh. Umumnya digunakan dalam permainan tunggal putri. Servis jenis ini berfungsi agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
  • Servis Backhand, yaitu cara memukul shuttlecock (kok) menggunakan backhand. Umumnya dilakukan dalam permainan ganda. Dan servis backhand ini mirip dengan pukulan servis forehand rendah.

Jenis-Jenis Pukulan Permainan Bulu Tangkis

Ada beberapa jenis pukulan dalam permainan olahraga badminton:

Overhead clear (Lob)

Pukulan lob adalah jenis pukulan jauh dengan hasil pukulan melambung ke belakang area lawan. Jenis pukulan lob dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Deep lob, yaitu pukulan kok melambung tinggi ke belakang.
  • Attacking lob, yaitu pukulan kok yang tidak terlalu tinggi.

Cara melakukan pukulan lob, yaitu sebagai berikut:

  • Gunakan forehand, pegang raket di samping bahu.
  • Badan menyamping ke arah net.
  • Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  • Posisi badan berada di belakang bola (kok) saat memukul.
  • Bola (kok) dipukul seperti gerakan melempar.
  • Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus.
  • Posisi akhir raket mengikuti arah bola.
  • Melecutkan pergelangan (raket) saat mengenai shuttlecock.

Smash

Pukulan smash adalah jenis pukulan serangan yang keras dan tajam menukik. Pukulan smash bertujuan untuk menjatuhkan kok ke arah area lawan secepat-cepatnya. Pukulan smash dapat dilakukan pada sikap diam atau berdiri dan sambil melompat atau king smash.

Berikut ini teknik pukulan smash:

  • Perhatikan pegangan raket.
  • Sikap badan harus tetap lentur.
  • Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan menjangkau kok setinggi mungkin.
  • Lakukan gerak lanjutan dengan mengayun raket ke depan badan.

Dropshot

Pukulan dropshot adalah salah satu jenis pukulan yang meluncurkan shuttlecock ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net (jaring). Karakteristik pukulan ini adalah shuttlecock jatuh di dekat jaring di area lapangan lawan. Dropshot harus dilakukan dengan pukulan pelan forehand, jatuhnya kok sedekat dan setipis mungkin dengan area depan lapangan lawan.

Berikut ini adalah cara-cara yang dilakukan dalam pukulan dropshot:

  • Gunakan forehand.
  • Posisi dan pegang raket di samping bahu.
  • Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net
  • Posisi badan harus selalu berada di belakang bola.
  • Pada saat raket mengenai shuttlecock, tangan harus lurus menjangkau bola dan dorong dengan pukulan pelan.

Netting

Pukulan netting adalah pukulan pendek yang dilakukan di depan net dan diarahkan ke depan net di area depan lapangan lawan. Karakteristik pukulan netting adalah shuttlecock jatuh dan bergulir sedekat mungkin net diarea lapangan lawan.

Berikut ini teknik melakukan pukulan netting:

  • Pegangan raket forehand dan backhand.
  • Posisi siku lebih bengkok dan pergelangan ditekuk ke belakang.
  • Pada saat memukul shuttlecock, kaki kanan berada di depan.

Drive

Pukulan drive adalah pukulan yang cepat dan mendatar. Tujuan pukulan ini untuk menghindari lawan menyerang, dan memaksa lawan mengangkat bola serta berada pada posisi bertahan. Pukulan ini membutuhkan kekuatan otot bahu dan juga lecutan pergelangan tangan pada saat shuttlecock dipukul.

Baca Juga: Pengertian Kebugaran Jasmani, Fungsi, Unsur, dan Manfaatnya Bagi Manusia

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Bentuk lapangan badminton berbentuk persegi panjang yang disebut dengan Court. Kemudian, bagian tengah lapangan ada Net yang memisahkan area kedua pemain. Pada permainan badminton, ada beberapa garis pada masing-masing bidang lapangan. Garis-garis tersebut meliputi garis servis depan, servis tengah, servis samping, dan servis belakang. Garis tersebut memiliki ketebalan sekitar 40 mm. Warna garis harus berwarna kontras dengan warna lapangan, seperti warna putih atau kuning.

Berikut ini ukuran standar internasional lapangan bulu tangkis (badminton).

  1. Panjang lapangan badminton adalah 13.40 meter
  2. Lebar lapangan badminton adalah 6.10 meter
  3. Jarak garis servis depan dari garis net 1.98 meter
  4. Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3.05 meter
  5. Jarak garis servis belakang dari garis belakang lapangan 0.76 meter
  6. Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0.46 meter
  7. Tinggi tiang net 1.55 meter
  8. Tinggi net 1.52 meter

Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Tunggal (Single Match)

Berikut ini adalah ukuran lapangan badminton untuk partai tunggal (single):

  1. Panjang bidang permainan 13.40 meter
  2. Lebar bidang permainan 5.18 meter
  3. Panjang bidang penerima servis 4.72 meter
  4. Lebar bidang penerima servis adalah 2.59 meter

Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Ganda (Double Match)

Berikut ini adalah ukuran lapangan badminton permainan partai ganda (double):

  1. Panjang bidang permainan 13.40 meter
  2. Lebar bidang permainan 6.10 meter
  3. Panjang bidang penerima servis 3.96 meter
  4. Lebar bidang penerima servis 3.05 meter

Baca Juga: Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar Internasional

Perlengkapan Permainan Bulu Tangkis

Berikut ini adalah perlengkapan yang digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis:

1. Raket

Raket pemain bulu tangkis profesional terbuat dari bahan komposit serat karbon. Serat karbon mempunyai kekuatan, ringan, kaku, serta memberi perpindahan energi kinetik yang cukup bagus. Akan tetapi, ada juga beberapa model yang masih memakai baja atau aluminium.

2. Senar

Senar adalah salah satu bahan pelengkap raket. Ada beberapa jenis senar memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Ciri-ciri senar yang bagus adalah memiliki kekuatan, kokoh, serta keawetan senar yang baik. Umumnya, ketegangan senar yang diuntai memiliki kekurangan 18 – 30+ lb.

3. Shuttlecock

Shuttlecock adalah bola yang digunakan dalam permainan olahraga badminton. Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang berbentuk kerucut terbuka, dengan pada pangkalnya berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.

4. Sepatu

Yang terakhir adalah sepatu. Sepatu digunakan umumnya berbahan sol karet yang berfungsi untuk mencengkram. Selain itu, ada sisi dinding sepatu yang berfungsi agar tahan lama.

Kesimpulan

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang dipertandingkan dalam ajang olahraga Olimpiade. Badminton dapat dimainkan sendiri atau beregu. Ada beberapa kejuaraan internasional, seperti Thomas dan Uber Cup, All England, China Open, Indonesia Open, Malaysia Open, dan Series lainnya. Organisasi badminton adalah IBF, dan ornganisasi badminton nasional adalah PBSI.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *